Berbagai Fasilitas di Internet

Saturday, July 30th, 2016 - Kelas 9 SMP, TIK

Berbagai Fasilitas di Internet

Internet identik dengan situs-situs web. Menjelajahi internet berarti membuka halaman demi halaman, dari situs web yang satu ke situs web yang lainnya.

Web merupakan bagian dari layanan internet. Internet sebenarnya mengacu kepada istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidak banyak memberi manfaat tanpa adanya aplikasi yang sesuai (Oetomo dkk, 2007). Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan di atas sebuah protokol tertentu. Istilah protokol di internet mengacu pada satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan. Perangkat lunak aplikasi yang berjalan di atas sebuah protokol disebut aplikasi klien (client application).

Aplikasi Di Internet

Beberapa aplikasi atau layanan yang tersedia di internet adalah sebagai berikut.

1. World Wide Web

World Wide Web atau disingkat web merupakan bagian yang paling menarik dan populer dari internet. Layanan web di internet,Berbagai Fasilitas di InternetMelalui web kamu bisa mengakses informasi-informasi tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar-gambar, suara, film, dan lain-lain. Untuk mengakses web dibutuhkan software yang disebut browser.

Seiring dengan semakin berkembangnya jaringan internet, maka jumlah situs web juga semakin meningkat. Hingga saat ini, jumlah halaman web yang bisa diakses melalui internet telah mencapai angka milyaran. Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama untuk menemukan halaman yang memuat topik-topik yang spesifik, dapat menggunakan search engine (mesin pencari).

2. Surat Elektronik (e-mail)

Layanan e-mail di internetElectronic mail atau disingkat e-mail adalah surat elektronik yang dikirimkan melalui internet. Dengan fasilitas ini kamu bisa mengirim dan menerima surat elektronik dari pengguna internet lain di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan pos, fasilitas e-mail jauh lebih baik dan efisien. Kamu bisa mengirim e-mail ke teman atau saudara yang berada di kota lain atau bahkan di luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit, tanpa perlu khawatir surat tersebut akan rusak karena hujan atau hal-hal lainnya.

Untuk mengirim dan menerima surat elektronik dibutuhkan program e-mail. Biasanya program ini telah terintegrasi dengan browser, misalnya Outlook Express (dalam Internet Explorer) dan Thunderbird (dalam Mozilla Firefox). Di internet juga banyak tersedia komunitas pengguna email (Mailing List). Mereka menggunakan e-mail untuk saling berbagi informasi mengenai topik-topik tertentu dengan orang lain. Jika kamu bergabung dengan salah satu mailing list, kamu bisa menerima dan mengirim e-mail ke semua anggota mailing list tersebut.

3. Remote Login

melakukan remote loginDengan menggunakan protokol Telnet (Telecommunications Network) kamu bisa melakukan remote login. Remote login adalah memasuki dan menjalankan komputer orang lain dari komputer yang ada di hadapanmu, dengan catatan komputer tersebut tersambung dalam jaringan/internet. Dengan cara ini kamu bisa melakukan instal program baru, menghapus program, mereparasi kerusakan perangkat lunak, mencari dan mengambil informasi-informasi yang dibutuhkan tanpa harus berhadapan langsung dengan komputer target. Semua bisa dilakukan dari komputer kita. Protokol Telnet mampu menjembatani perbedaan antar-terminal (istilah untuk menyebut komputer yang terhubung ke jaringan), seperti tipe komputer maupun sistem operasi yang digunakan.

Aplikasi Telnet banyak digunakan oleh keperluan teknis di internet. Dengan memanfaatkan Telnet, seorang administrator sistem jaringan dapat memperbaiki komputer yang tersambung ke jaringan tanpa harus mendatangi komputer itu. Ia juga dapat memegang kendali atas sistem yang sedang beroperasi tanpa harus mengakses sistem secara fisik. Dengan demikian batasan geografis tidak menghalangi aktivitas mereka.

4. Transfer File

Mengunduh file dari internet menggunakan protokol FTPMelalui perangkat lunak dan protokol FTP (File Transfer Protocol), kamu bisa mengirim file data dari satu komputer ke komputer lain. Melalui perangkat lunak ini, kamu bisa mengambil atau mengirim file di internet. Proses mengirim file dari internet ke dalam komputer disebut dengan proses unduh (download). Sedangkan proses mengirim file dari komputer ke internet disebut unggah (upload).

5. Gopher

 Layanan gopherGopher merupakan layanan internet untuk mengakses informasi di komputer lain, mirip dengan web (www). Beda gopher dengan web adalah layanan gopher berbasis teks (CLI), sedangkan web berbasis grafis (GUI). Gopher mulai diperkenalkan sejak awal internet dikembangkan. Dalam perkembangannya, gopher mulai banyak ditinggalkan para pemakai internet. Mereka beralih ke web yang lebih fleksibel menangani file grafis dan multimedia.

6. Internet Relay Chat (IRC)

Layanan chatting di internetLayanan IRC (Internet Relay Chat), atau biasa disebut sebagai chatting atau chat saja adalah sebuah bentuk komunikasi di internet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat berbentuk teks. Kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private (pribadi) untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan perangkat lunak khusus yang disebut IRC Client. Contoh yang cukup populer adalah mIRC dan Yahoo Messenger.

Seiring dengan semakin tingginya kecepatan akses internet, maka aplikasi chatting terus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan. Chatting dapat dilakukan dengan suara (teleconference), bahkan melalui gambar dan suara sekaligus (video-conference).

7. Newsgroup

layanan newsgroup di internetNewsgroup bisa disebut ruang percakapan bagi para anggota yang mempunyai kepentingan sama. Di internet tersedia bermacam-macam newsgroup dengan tema-tema yang berbeda-beda Untuk dapat menikmati fasilitas ini, kita harus terkoneksi ke ISP yang menyediakan fasilitas Newsgroup, karena tidak semua ISP menyediakannya.

8. Bulletin Board System

Bulletin Board System lebih populer dengan sebutan BBS. BBS adalah tempat menyimpan pesan atau file yang sesuai dengan topik yang sudah ditentukan. Terdapat ribuan BBS di seluruh dunia. Bulletin Board SystemSetiap BBS memiliki administrator. Untuk memanfaatkan BBS, seorang pengguna internet bisa menghubungi melalui Telnet dan memilih dari sistem menu.

Apapun fasilitas yang kamu gunakan, semuanya merupakan bagian dari internet. Melalui fasilitas-fasilitas internet itu, kamu bisa melakukan banyak hal yang akan menambah pengetahuan dan wawasan.

Selamat belajar, semoga materi tentang berbagai fasilitas di internet diatas mudah dipahami.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi