Bulu Tangkis

Wednesday, November 4th, 2015 - Kelas 11 SMA, Penjaskes

Bulu tangkis merupakan permainan bola kecil yang paling populer. Berbeda dengan jenis permainan bola lainnya, bola yang digunakan dalam bulu tangkis berupa shuttlecock atau kok. Sebelum melakukan permainan ini, terlebih dahulu Anda harus memahami peraturan serta teknik dasar dalam permainan bulu tangkis.

Peraturan Dasar Bulu Tangkis

Peraturan permainan bulu tangkis yang akan dibahas berikut ini meliputi aturan servis dan pemain.

1. Servis

Servis merupakan pukulan yang dilakukan di awal permainan. Berikut ini beberapa aturan tentang cara melakukan servis yang benar.

  1. Servis harus dilakukan segera untuk menandakan dimulainya permainan.
  2. Servis dilakukan hanya jika semua pemain telah siap.
  3. Server atau penerima servis berada pada posisi menyilang.
  4. Server atau pun penerima tidak boleh berada di atas garis ketika servis dilakukan.
  5. Raket mengenai kok bagian bawah serta perkenaannya di bawah pinggang.
  6. Raket harus mengarah ke bawah saat servis dilakukan dan kepalanya berada lebih rendah dari tangan pemegang raket.
  7. Gerakan raket adalah kontinu ke depan setelah melakukan servis.
  8. Pemain boleh bergerak ketika kepala raket server sudah menyentuh kok.teknik dasar bulu tangkis

2. Pemain Bulu Tangkis

  1. Permainan tunggal (single) dilakukan oleh dua pasangan yang masing-masing terdiri atas satu orang.
  2. Permainan ganda (double) dilakukan oleh dua pasangan yang masing-masing terdiri atas dua orang.
  3. Pihak pelaku servis disebut inside dan penerima disebut outside

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Pada kelas sebelumnya, Anda telah mempelajari cara melakukan servis dan lob. Pada pelajaran ini, Anda akan lebih memperdalam teknik servis dan teknik pukulan lainnya. Dalam melakukan teknik ini, perlu diperhatikan posisi pemain dan datangnya kok dari pihak lawan. Pemain harus mengambil posisi yang tepat untuk mengembalikan pukulan dari lawan.

1. Teknik Variasi Servis

Pukulan servis adalah pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal sebagai pembuka permainan. Berikut ini macam-macam pukulan servis dalam permainan bulu tangkis.

a. Pukulan servis drive

Tujuan dari servis drive adalah memukul kok dengan cepat, mendatar, dan setipis mungkin melewati net. Sasarannya adalah sudut titik-titik perpotongan antara garis belakang dengan garis tengah lapangan. Cara melakukan pukulan servis ini adalah dengan melemparkan kok agak jauh dari badan. Lengan bergerak bebas dan leluasa dalam mengayunkan raket.teknik dasar bulutangkis

b. Pukulan servis pendek

Servis pendek adalah servi s di mana kok melintas tipis melewati net. Pukulannya mengarahkan kok ke sudut perpotongan garis servis depan dengan garis tengah atau garis servis dan garis tepi. Coba Anda lakukan servis pendek dengan cara berikut ini.

  1. Tangan kanan memegang raket dan tangan kiri memegang kok.
  2. Perpindahan berat badan dimulai dari kaki belakang ke kaki depan.
  3. Ayunkan raket dari belakang setinggi bahu ke depan.
  4. Lepaskan kok dan pukullah kok dengan penuh atau dipotong.

c. Pukulan servis panjang

Servis panjang bertujuan menerbangkan kok setinggi-tingginya sehingga jatuh ke garis belakang bidang lapangan lawan. Pada permainan tunggal, servis panjang dilakukan dengan memukul penuh kok. Untuk melakukan pukulan servis panjang Anda dapat melakukan cara berikut.raket bulutangkis

  1. Letakkan kaki kiri ke depan.
  2. Titik berat badan berada di antara kedua kaki.
  3. Ayunkan tangan yang memegang raket ke belakang sampai setinggi bahu.
  4. Pukul l ah kok set el ah ayunan sampai di depan badan dengan mencambukkan pergel angan tangan.

d. Pukulan servis cambukan

Servis cambukan menerbangkan kok ke belakang. Hasil pukulan ini bisa membingungkan lawan sehingga kok jatuh tanpa disadari pihak lawan. Sasaran servis ini adalah sudut perpotongan garis tepi dengan garis belakang dan sudut perpotongan garis belakang dengan garis tengah. Servis ini caranya sama dengan servis biasa. Tetapi, pukulan mendadak dicambukkan saat raket menyentuh kok.

2. Teknik Pukulan Net

teknik dasar permainan bulu tangkisPukulan net adalah pukulan pendek yang dilakukan di depan net dan diarahkan ke depan net di daerah lawan. Perkiraan jatuh kok harus sedekat mungkin dengan net. Pada saat akan melakukan pukulan ini, langkahkan kaki kanan Anda mendekati net, tekuk lutut, posisi kaki lurus di belakang, dan lengan diluruskan ke depan mengarah pada kok. Jenis pukulan ini dapat dilakukan dengan forehand maupun backhand, hanya saj a pada saat perkenaan pergelangan tangan agak diangkat sedikit.

3. Pukulan Chop atau Dropshot

teknik bulu tangkisPukulan dropshot adalah pukulan yang mengarahkan kok ke daerah lawan sedekat mungkin dengan net. Gerak pukulannya hampir sama dengan pukulan lob, tetapi pada saat perkenaan raket agak dimiringkan dan memerlukan perasaan agar kok meluncur tipis di atas net, sehingga sulit dijangkau lawan.

4. Pukulan Lob

Pukulan lob dilakukan untuk menerbangkan kok setinggi mungkin jauh ke belakang garis lapangan. Teknik pukulan lob ada dua macam yaitu: overhead lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala, dan underhand lob, yaitu pukulan lob dari bawah yang dilakukan dengan memukul kok yang berada di bawah badan pada saat pertandingan bulu tangkis.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi