Cara Membuat Dan Menggunakan E-mail

Wednesday, November 25th, 2015 - Kelas 9 SMP, TIK

Cara Membuat Dan Menggunakan E-mail

Berikut ini cara membuat e-mail di Yahoo! (www.yahoo.com). Fasilitas e-mail Yahoo! tergolong aplikasi e-mail online. Artinya untuk mengirim atau membaca e-mail, diharuskan melakukan koneksi dengan internet secara terus menerus. Fasilitas ini disediakan secara gratis dengan kapasitas e-mail cukup besar (1 GB). Selain itu, Yahoo! merupakan situs yang stabil dan terpercaya, sehingga banyak pengguna yang memakainya. Selain di Yahoo!, kamu juga dapat membuat e-mail dari situs yang lain, misalnya Gmail (www.gmail.com), Indomail (www.indo.net.id), atau yang lainnya.

Cara Membuat atau Mendaftar Layanan E-Mail

Cara Membuat atau Mendaftar Layanan E-Mail,Cara Membuat Dan Menggunakan E-mailUntuk membuat e-mail di Yahoo!, buka browser Internet Explorer 6.0, pada baris alamat ketikkan www.yahoo.com sehingga tampil halaman situs web Yahoo!. Setelah halaman Yahoo! terbuka, klik pada link Mail.

Pada halaman yang muncul, klik tombol Sign Up for Yahoo! untuk mendaftar. Maka di layar akan terlihat formulir registrasi seperti gambar disamping. Isi formulir seluruhnya dengan data yang benar, jangan sampai ada yang terlewati.Jendela berisi formulir pendaftaran layanan e-mail

Yang perlu diperhatikan dalam form registrasi adalah sebagai berikut.

  1. User ID (Yahoo! ID), berisi identitas yang unik, singkat dan mudah diingat (dapat dikatakan sebagai alamat e-mail kita).
  2. Password, berupa kata sandi yang bersifat rahasia dan menjadi bagian yang penting untuk membuka atau login pada e-mail. Kata sandi ini harus selalu diingat karena akan selalu ditanyakan bila kamu ingin membuka e-mail. Bila kamu lupa, tentu tidak akan bisa masuk untuk mengakses e-mail.

Contoh pengisian formulir untuk mendaftar layanan e-mail di YahooSetelah mengisi semua pertanyaan, kemudian klik tombol I Agree. Bila identitas diterima maka identitas e-mail yang kamu buat telah jadi dan berakhiran @yahoo.com. Namun bila kamu mendaftar di Yahoo! Indonesia, e-mailmu berakhiran @yahoo.co.id. Bila identitas e-mail (Yahoo! ID) yang kamu daftarkan telah dipakai orang lain, akan muncul pemberitahuan untuk menggunakan identitas yang lain. Dan bila masih ada kekeliruan atau ada isian yang terlewatkan, pendaftaran akan ditolak. Isian yang keliru atau terlewatkan akan ditunjukkan. Jika demikian, benahi pendaftaran dan klik kembali tombol I Agree.

pendaftaran e-mailSetelah pendaftaran diterima, di layar akan terlihat informasi seperti gambar disamping. Artinya, kamu telah berhasil membuat sebuah e-mail. Mulai sekarang, kamu dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dengan teman atau untuk keperluan yang lain. Selamat!

Cara Menggunakan E-Mail

1. Membuka E-Mail

Membuka E-MailUntuk mengecek isi e-mail, kamu harus sign in atau login terlebih dahulu sehingga dapat melihat e-mail yang masuk ke dalam inbox atau kotak surat. Langkah untuk login atau membuka e-mail adalah sebagai berikut.

Masuklah di halaman situs penyedia e-mail (dalam hal ini www.yahoo.com atau langsung ke www.yahoo.com/mail). Akan terbuka halaman login ke e-mail. Isilah Yahoo! ID dan kata sandi, kemudian tekan Enter atau klik Sign In sehingga masuk ke halaman Yahoo! mail. Jika kamu lupa kata sandi, klik link Forgot your ID password? dan ikuti langkahlangkah selanjutnya.

Tampilan kotak e-mailSetelah login, akan muncul jendela seperti gambar disamping. Klik pada Inbox untuk memeriksa e-mail yang masuk. Angka dalam tanda kurung di sebelah kanan Inbox menunjukkan jumlah e-mail yang ada di dalamnya. Setelah klik pada Inbox, akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini.

Jendela Inbox YahooPerhatikan nama pengirim e-mail pada bagian Sender, judul atau perihal e-mail pada bagian Subject, beserta tanggal pengiriman dan ukuran file. Klik salah satu judul email untuk membukanya. Pada jendela yang muncul, kamu dapat membaca isinya.

Setelah membaca sebuah e-mail, kamu dapat membaca e-mail selanjutnya dengan cara klik tombol Next, Previous, atau kembali ke Inbox (Back to Messages). Dapat juga menggunakan tombol navigasi pada toolbar Standard. Dari halaman ini, kamu juga dapat menghapus sebuah e-mail (Delete), membalasnya (Reply), atau meneruskan ke alamat e-mail yang lain (Forward).Jendela untuk membaca dan mengelola e-mail

2. Mengirim dan Membalas E-Mail

Selain melihat e-mail yang masuk, kamu juga dapat mengirim e-mail ke orang lain atau membalas e-mail yang masuk. Untuk dapat mengirim e-mail, kamu harus tahu alamat e-mail teman atau orang lain yang dituju. Bagaimana cara mengirim atau membalas email? Untuk mengirim e-mail, klik tombol Compose/Tulis Surat. Sedangkan untuk membalas e-mail, klik tombol Reply/Balas dari e-mail yang sedang dibaca.

Isilah bagian-bagian berikut:

  1. Kepada (To), diisi dengan alamat e-mail tujuan, misal thelightmagz@yahoo-groups.com dan dapat juga mengirim lebih dari satu alamat e-mail yang dipisah dengan tanda koma (,) misal dewie_cantiq@gmail.com,royyan27@hotmail.co, indri_81@plasa.com
  2. Perihal (Subject), diisi dengan judul, maksud, atau tema surat yang dikirim.
  3. CC (Copy Carbon), diisi dengan alamat e-mail dari orang yang perlu menerima tembusan e-mail yang dikirim. Daftar alamat e-mail ini akan muncul, sehingga penerima tahu siapa saja yang menerima e-mail tersebut. Kolom ini dapat dikosongkan.
  4. BCC (Blind Copy Carbon), diisi dengan alamat e-mail dari orang yang perlu menerima tembusan e-mail yang dikirim, namun alamat e-mail tidak akan ditampilkan sehingga penerima tidak tahu siapa saja yang menerima e-mail tersebut. Kolom ini dapat dikosongkan.
  5. Use my signature, tandai dengan checklist (centang) bila menginginkan tanda tanganmu ditampilkan di dalam e-mail yang dikirim.

Jendela untuk menulis dan mengirim e-mailKolom kosong di tengah adalah tempat untuk menulis isi surat. Setelah selesai menulis isinya, klik tombol Send untuk memulai proses pengiriman. Bila berhasil, akan muncul informasi bahwa e-mail telah terkirim pada alamat tujuan. Bila alamat e-mail yang dituju tidak sesuai (tidak ada), maka informasi kesalahan akan terlihat di layar sehingga dapat kamu betulkan dan siap untuk mengulangi proses pengiriman e-mail.

Kotak dialog untuk memasukkan file lampiranSelain dapat mengirim surat dalam bentuk teks, kamu juga dapat menyertakan file foto, gambar, video, atau file dokumen yang lain. File ini disebut attachment atau lampiran. Cara mengirim e-mail dengan menyertakan file attachment mirip dengan mengirim email secara umum. Setelah alamat tujuan dan isi surat diisi, klik tombol Attach Files sehingga di layar terlihat kotak dialog seperti gambar disamping.

Klik Browse dan tentukan nama file dokumen atau gambar yang akan dikirim, kemudian klik tombol Open. Kemudian klik tombol Attach Files, tunggu hingga proses menyisipkan file selesai. Setelah berhasil, klik Continue to Messages untuk kembali ke halaman penulisan surat dan klik tombol Send untuk mengirimkan e-mail beserta file atau gambar tersebut sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

Untuk membuka e-mail yang memiliki attachment berupa file dokumen atau gambar adalah sebagai berikut.

  1. Tampilan e-mail yang memiliki attachment misalnya berisi file gambar dapat kamu lihat pada gambar berikut ini.E-mail yang mempunyai attachment
  2. Untuk melihat atau membaca file dokumen atau gambar, klik ikon kecil berbentuk klip (View attachment details), sehingga di layar akan terlihat kotak dialog File Download seperti gambar dibawah.
  3. Pada kotak dialog File Download, pilih salah satu pilihan, misalnya Open untuk membuka file. Untuk menyimpan file ke dalam komputer, pilih Save.Mengunduh file yang dilampirkan dalam e-mail
  4. Jika memilih untuk menyimpan, akan muncul kotak dialog Save as. Pada kotak dialog tersebut, tentukan nama file beserta tempat penyimpanan. lalu Klik tombol Save untuk menyimpannya. Tunggu beberapa saat hingga proses penyimpanan selesai.
  5. Untuk menampilkan isi file, klik ganda file tersebut melalui jendela Windows Explorer.

3. Menghapus E-Mail

E-mail yang telah dibaca dan ditindaklanjuti kadang-kadang tidak diperlukan lagi. Oleh karena itu, e-mail ini perlu dihapus agar kapasitas e-mail tidak cepat habis. Hal ini perlu dilakukan mengingat kapasitas yang disediakan oleh situs penyedia layanan e-mail terbatas, terutama pada layanan e-mail gratis. Langkah yang digunakan untuk menghapus e-mail adalah sebagai berikut:Menandai e-mail yang akan dihapus

  1. Masuklah ke jendela Inbox sehingga daftar e-mail yang masuk akan terlihat.
  2. Tandai nama-nama e-mail yang akan dihapus, dengan cara klik pada kotak kecil di sebelah kiri pengirim e-mail, sehingga ditandai ceklist/centang. Bila ingin memilih semua e-mail di halaman itu, centangilah Sender.
  3. Dapat menggunakan tombol Check All untuk memilih/menandai semua e-mail di halaman tersebut, demikian juga sebaliknya klik tombol Clear All untuk membatalkan semua pilihan.
  4. Setelah nama-nama e-mail ditandai, klik tombol Hapus/Delete untuk menghapusnya. Tunggu sebentar hingga e-mail tersebut dihapus dari kotak surat (Inbox).

4. Keluar dari Layanan E-Mail

Keluar dari Layanan E-MailSetelah selesai membaca, mengirim, atau membalas e-mail, akhiri kegiatan ini dengan keluar dari layanan e-mail. Caranya, klik tombol Sign Out yang ada di sudut kanan atas jendela e-mail Yahoo!, sehingga keluar dari Yahoo! Mail. Akan muncul pesan bahwa kamu telah berhasil keluar dari e-mail. Untuk kembali dalam layanan e-mail, lakukan login dengan memasukkan nama dan kata sandi. Ingat, jangan keluar dari halaman e-mail dengan menutup jendela browser tanpa sign out atau log out. Mengapa? Tanpa sign out atau log out, e-mail kita dapat diakses oleh orang lain meskipun jendela browser telah ditutup.

Etika Menggunakan E-Mail

Etika dalam menggunakan/mengirim e-mail sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada email yang isinya formal, dan ada pula yang informal. Beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan adalah sebagai berikut.

  1. Jangan mengirim e-mail dengan file lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB). Tidak semua orang mempunyai akses internet yang cepat dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas e-mail penerima, sehingga ditolak mail server penerima. Beberapa penyedia e-mail juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran email yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya.
  2. Jangan mengirim lanjut (forward) e-mail tanpa berpikir kegunaannya bagi orang yang dituju.
  3. Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
  4. Gunakan kata-kata dengan santun, karena adakalanya sesuatu yang kamu tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kamu maksudkan.
  5. Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan kamu berteriak.

Selamat mencoba, semoga informasi cara membuat dan menggunakan e-mail diatas mudah dipahami dan dipraktikan.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi