Cara Menemukan Informasi di Internet

Tuesday, November 24th, 2015 - Kelas 9 SMP, TIK

Cara Menemukan Informasi di Internet

Setiap layanan internet menyimpan informasi tersendiri di dalamnya. Selain itu, internet adalah media yang terus tumbuh. Orang yang tidak begitu mahir komputer, bisa dengan mudah mengirimkan filenya ke internet. Akibatnya, situs-situs internet bisa berubah dengan cepat setiap saat. Tidak ada yang tahu pasti, berapa jumlah file yang ada di internet. Itulah sebabnya, mencari informasi di internet tidak bisa mengandalkan satu cara.

Cara Mencari Informasi di Internet

Menurut Laura Cohen dalam artikelnya Conducting Research on the Internet, ada beberapa cara untuk mencari informasi di internet, yaitu sebagai berikut.

  1. Membuka situs web secara langsung, yaitu jika telah mengetahui alamat situsnya.
  2. Menjelajahi situs web.
  3. Menjelajahi isi direktori internet.
  4. Memanfaatkan mesin pencari.
  5. Memanfaatkan informasi yang disediakan universitas atau lembaga lain.
  6. Menjelajahi informasi yang disimpan dalam database situs web.
  7. Bergabung dengan forum diskusi atau mailing list.
  8. Membaca blog dan sejenisnya.

Baiklah, mari dibahas satu persatu secara singkat, agar kamu paham maksudnya.

1 . Membuka situs web secara langsung, jika mengetahui alamat situsnya

Jika kamu mencari informasi dan mengetahui alamat situs web atau URL yang harus dikunjungi, tuliskan URL di baris alamat program browser. Tekan tombol Enter dan tunggu beberapa saat. Informasi yang kamu cari akan segera ditampilkan. Kamu bisa langsung membaca, mencetak, atau menyimpan di komputer.

2. Menjelajahi situs web

Hampir setiap halaman situs web memiliki link yang membawa ke halaman lain atau situs lain. Nah, manfaatkan link ini untuk menjelajahi situs web dan mencari informasi yang dibutuhkan. Kadang-kadang situs web memiliki fasilitas untuk mencari artikel atau informasi yang ada di dalam situs. Contohnya situs koran atau tabloid online, forum diskusi, dan blog.

3. Menjelajahi isi direktori internet

Contoh situs yang menyediakan fasilitas direktori,Cara Menemukan Informasi di InternetDirektori internet berisi daftar situs yang membahas topik tertentu. Biasanya direktori internet diberi nama sesuai dengan topiknya. Misalnya direktori kesehatan, berisi situs-situs yang membicarakan rumah sakit, apotek, dokter, penyakit, dan sejenisnya. Kalangan universitas, pustakawan, perusahaan, organisasi, dan relawan telah melakukannya untuk kita. Karena yang mengumpulkan berbagai kalangan, dikenal ada dua kelompok direktori. Yang pertama adalah direktori akademik dan profesional, dibuat dan ditujukan untuk keperluan riset dan penelitian. Yang kedua adalah direktori komersial, berisi informasi tentang hal-hal yang umum dan banyak dibutuhkan masyarakat.

4 . Memanfaatkan mesin pencari

Inilah cara yang paling populer dan cepat. Mesin pencari merupakan situs web yang menyediakan program untuk membantu menemukan situs web yang memuat informasi tertentu berdasarkan kata kunci yang dimasukkan.

5 . Memanfaatkan informasi yang disediakan universitas atau lembaga lain

Kamu bisa menemukan informasi dengan mengunjungi universitas, lembaga pendidikan, organisasi, perusahaan, atau lembaga pemerintahan yang berkaitan dengan informasi itu. Misalnya mencari buku sekolah elektronik bisa dengan mengunjungi situs Departemen Pendidikan Nasional (http://www.depdiknas.go.id/), menemukan berbagai produk hukum (UU, Perpu, Kepres, dan sejenisnya) dengan mengunjungi situs resmi pemerintah Indonesia (www.indonesia.go.id), mencari daftar nama gubernur se-Indonesia melalui situs Departemen Dalam Negeri (www.depdagri. go.id), dan seterusnya.

6 . Menjelajahi informasi yang disimpan dalam database situs web

Beberapa situs web mempunyai informasi yang tidak bisa ditemukan dengan menggunakan mesin pencari. Situs seperti ini diberi istilah deep web. Cara satusatunya untuk mengakses adalah dengan mengunjungi situs tersebut dan menjelajah link-link yang tersedia. File multimedia, gambar, dan file non-HTML (misal file PDF, file Microsoft Word, dan lainnya) yang ada di dalam suatu situs juga sering tidak bisa ditemukan dengan mesin pencari.

7 . Bergabung dengan forum diskusi atau mailing list

forum diskusi atau mailing listMengikuti forum diskusi atau mailing list yang membahas topik tertentu merupakan cara cepat untuk menemukan informasi. Isi forum diskusi tidak selalu bisa ditemukan dengan mesin pencari. Sebagian informasi yang ada di situs ini tidak bisa ditemukan dengan mesin pencari. Dengan kata lain, kamu harus berkunjung ke sana. Bahkan bila bergabung, kamu bisa bertanya kepada anggota lain mengenai informasi yang kamu butuhkan.

8. Membaca blog dan sejenisnya.

Hampir sama seperti forum diskusi dan mailing list, isi blog tidak selalu bisa ditemukan melalui mesin pencari. Bahkan untuk informasi yang populer sekalipun. Padahal banyak blog yang mengulas informasi teknologi atau berita terkini. Isi blog juga sering dikomentari oleh orang lain, sesuai dengan pengalaman atau pengetahuan orang itu. Kadang-kadang dengan membaca komentar-komentar blog, kamu bisa memperoleh banyak informasi yang tak terduga. Ada banyak blog yang membahas pendidikan, sekolah, komputer, budaya, politik, hingga hobi semacam motor, mobil, memancing, dan sebagainya.

Selamat mencoba, semoga informasi tentang cara cara menemukan informasi di internet diatas mudah dipahami.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi