Cara Mudah Belajar Semaphore

Sunday, August 16th, 2015 - Umum

Semaphore adalah bahasa isyarat dengan menggunakan dua buah bendera, bendera semaphore dibuat dengan dua warna berukuran 40 X 40 cm. Warna terdiri dua warna gelap dan terang disesuaikan agar kontras dengan latar belakang saat digunakan, biasanya merah dan kuning Isyarat semaphore banyak dipakai di kalangan maritim (AL).

Cara Mudah Belajar Semaphore

Untuk memudahkan belajar semaphore, kita harus belajar berseri, sedikit demi sedikit di tambah hapalan dan dipraktekkan. Untuk itu semaphore dikelompokkan dalam 7 (tujuh) lingkaran semaphore. Kita mulai belajar dengan mengenal huruf semaphore pada lingkaran I. Kemudian kita belajar mengirim/ menerima isyarat huruf secara urut, huruf acak, kemudian menerima dan mengirim kata yang menggunakan huruf pada lingkaran I. Setelah hapal baru dilanjutkan ke Lingkaran II, demikian seterusnya.

Contoh latihan semaphore :

  • Lingkaran I = A, B, C, D, E, F, G.
  • Kata = ADA – ABA – ADE – GAGAB – BABE – BECA – FACE
  • Lingkaran II = H, I, K, L, M
  • Kata = MINI – KAKI – IKLIM – MILIK – KIKIL – MILK
  • Gabungan Lingkaran I & II = AMIN – KADAL – ALIM – DALAM – DENGAN

Memilih Tempat Saat Mengirim Berita Dengan Semaphore :

  1. Pilihlah  tempat dengan latar belakang yang  kontras dengan warna bendera yang digunakan.
  2. Hindarkan   arah   sinar   matahari   yang   menyilaukan   penerima/pengirim.
  3. Sikap  badan  adalah  : berdiri  tegak,  kaki dibuka  (kangkang),  pada saat tidak mengirim isyarat bendera disilangkan didepan kaki.
  4. Cara  memegang   tongkat  bendera  adalah   :   tongkat   dipegang dengan    tangan,    jari    telunjuk    lurus    tongkat    (tidak    ikut menggenggam  tongkat).    Ini  untuk  menjaga  agar  posisi  tongkat segaris lurus dengan tangan kita.
  5. Selama  mengirim  isyarat  tangan  dan  lengan  dijaga  tetap  lurus dengan  tongkat  bendera.  Gerakan  bertumpu  pada  sendi  peluru  di bahu.
  6. Kirimkan isyarat dengan mantap dan jangan ragu-ragu, hindarkan gerakan yang tidak perlu dan membingungkan. Apabla isyarat yang hendak dikirim lupa, teteplah berhenti  pada huruf terakhir pikirkan hingga teringat kembali dan baru lakukanlah gerakan.
  7. Usahakan bendera tidak terlipat pada tongkatnya.
  8. Pengiriman  pesan  dilakukan  huruf  demi  huruf  dan  tidak  perlu kembali ke sikap sempurna,  setelah satu kata terkirim baru ditutup dengan sikap sempurna (interval).

Prosedure Mengirim / Menerima Isyarat Semaphore

No Pengirim Penerima
1 Memanggil, minta perhatian penerima dengan isyarat “VE – VE –VE – …” dst atau yang mudah dan sering dipakai  “UR – UR – UR … dst.” Tanda hubung (-) dengan isyarat interval. Menjawab siap = “K” Apabila belum siap kirim Tunggu = “Q “
2 Jika sudah dijawab K (siap) segera kirim berita kata demi kata ditutup dengan isyarat spasi/ interval, apabila selesai pengiriman kata tidak dijawab dengan C / A, maka diulangi kata terakhir. Mengirim isyarat C atau A apabila mengerti untuk setiap kata
3 Karena diminta berpindah tempat , maka berpindahlah tempat yang sekiranya lebih mudah dipandang oleh penerima. Bila karena suatu hal menghendaki pengirim untuk bergeser tempat , silangkan bendera di atas kepala
4 Untuk memulai mengirim karakter angka/numerik, didahului isyarat angka  (numerik) =45, kemudian kirim angka/nomer dan setelah selesai tutup dengan isyarat huruf (alphabet) = 47/V untuk kembali ke pengiriman karakter huruf Mengulangi setiap angka yang dikirim sebagai tanda mengerti.
5 Apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman isyarat, kirim tanda salah/ pembatalan (Anulir) = 37 kemudian ulangi kata terakhir.
6 Apabila pesan/ berita telah selesai maka kirimkan isyarat “AR – AR – AR … dst.” Penerima menjawab dengan R = berita telah diterima dan dimengerti.

Lingkaran Semaphore

Cara Mudah Belajar Semaphore

Lingkaran Semaphore

Angka pada lingkaran semaphore tersebut pada gambar diatas dijelaskan pada tabel dibawahnya, dimana angka dari tabel diatas menunjukan bendera pada lingkaran semaphore tersebut.

Bagan Lingkaran Semaphore

Bagan Lingkaran Semaphore

Gambar diatas merupakan bagan lingkaran semaphore sebagai pengganti media belajar semaphore melalui video semaphore untuk mengirim isyarat alphabet dan numeric menggunakan isyarat semaphore. Selamat berlatih mengirimkan dan menerima isyarat semaphore.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi