Dampak Positif Teknologi Internet

Thursday, August 11th, 2016 - Kelas 9 SMP, TIK

Dampak Positif Teknologi Internet

Seperti yang telah kamu pelajari, internet adalah jaringan komputer global yang saling terhubung. Berkembangnya aplikasi atau layanan internet mendorong munculnya banyak hal yang dapat dilakukan melalui internet. Sejak diperkenalkan, internet memberikan berbagai kemudahan dalam mengelola dan mengakses informasi serta berkomunikasi. Begitu besar peran internet, sehingga sedikit banyak internet telah mengubah cara orang berkomunikasi dan mencari informasi.

1. Keunggulan Teknologi Internet

Mengapa peran internet bisa sedemikian besar dalam kehidupan manusia modern? Tentu saja. Internet memiliki beberapa keunggulan sebagai sarana komunikasi dan bertukar informasi. Keunggulan ini sangat mendukung kehidupan manusia modern yang selalu dituntut efisiensi dan produktivitas. Apa keunggulan internet? Bukankah banyak peralatan lain yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan bertukar informasi? Memang benar. Tapi, coba tengok beberapa keunggulan internet berikut ini. Bandingkan dengan peralatan teknologi informasi dan komunikasi lainnya.Dampak Positif Teknologi Internet

a. Konektivitas dan Jangkauan Global

Internet merupakan jaringan yang terjalin bersifat global tanpa mengenal ruang, waktu, dan birokrasi, di mana akses data dan informasi dapat melampaui batasbatas negara dan protokoler. Misalnya kamu membutuhkan referensi dan sumber informasi untuk membuat tulisan ilmiah. Kamu bisa memperoleh berbagai referensi dan informasi dari internet secara global, dari mana saja, tanpa harus mendatangi sumber informasi tersebut. Di samping itu, bagi pelaku bisnis yang akan menginformasikan produknya, internet bisa menjadi salah satu sarana promosi kepada pengguna di seluruh dunia. Pendek kata hampir seluruh kebutuhan informasi tersedia di internet dengan jangkauan global tanpa batas-batas negara.

b. Akses 24 Jam Sehari

Akses di internet tidak dibatasi dengan waktu. Kapan pun kamu mau, akses ke internet bisa dilakukan. Perbedaan zona waktu dan ruang tidak dikenal dalam menjelajah internet. Misalnya kamu mengakses internet malam hari dari Indonesia, maka di belahan dunia lain (misalnya negara-negara di Benua Amerika) sedang giat-giatnya bekerja, demikian juga sebaliknya.

c. Kecepatan

Kecepatan untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi di internet menjadi salah satu pertimbangan pengguna dalam menggunakan internet. Pencarian informasi dengan internet jauh lebih cepat dibandingkan dengan pencarian secara manual. Kamu tinggal klik pada salah satu ikon dan tunggu beberapa saat, maka informasi tersebut sudah bisa kamu dapatkan. Selain web, komunikasi melalui e-mail, telepon internet, chatting, dan berbagai forum diskusi juga memungkinkan pertukaran informasi dengan cepat.

d. Interaktivitas dan Fleksibilitas

Dalam dunia internet, komunikasi dengan pengguna di belahan dunia lain dapat dilakukan tanpa batas ruang dan waktu. Komunikasi dapat dilakukan secara interaktif, misalnya dengan fasilitas chatting, video conference, e-mail, telepon internet, dan lain-lain. Di samping itu, kamu dapat mengikuti perkembangan informasi terbaru secara terus-menerus. Dengan adanya fasilitas internet, data-data bisa disimpan, diambil, dan dikirimkan secara mudah ke seluruh penjuru dunia dengan berbagai cara. Data dan informasi yang ada dapat dihubungkan dengan informasi yang lain dengan mudah dan cepat dengan menggunakan ‘hyperlink’ (penghubung virtual).

e . Mengurangi Biaya Kertas dan Biaya Distribusi

Internet dapat menjadi sarana penyebarluasan informasi yang praktis. Contohnya adalah situs berita online, majalah digital, brosur on line, e-book (buku elektronik), dan sebagainya. Penyebaran informasi melalui internet tidak lagi memerlukan kertas dan usaha pendistribusian. Jangkauan pembaca pun dapat lebih luas karena internet dapat diakses dari berbagai belahan dunia.

2. Manfaat Teknologi Internet

Beberapa manfaat internet telah kamu ketahui dari pembahasan di depan. Kamu akan tahu lebih banyak manfaat internet bila mengetahui apa saja yang ada dalam internet. Isi internet bisa dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu isi untuk kehidupan pribadi dan isi untuk layanan profesional. Sebagian dari isi internet untuk kehidupan pribadi antara lain informasi kesehatan, rekreasi, hobi, pengembangan pribadi, penyejuk rohani, dan informasi sosial. Sedangkan isi internet untuk kehidupan profesional (menyangkut pekerjaan dan karir) antara lain informasi sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, dan berbagai forum komunikasi. Bila semua informasi ada di genggaman tanganmu, kamu bisa menguasai dunia dan menentukan apa yang harus diperbuat. Dan bila internet bisa dinikmati semua orang, kamu bisa membayangkan sendiri manfaat yang bisa didapat.manfaat internet

Beberapa di antaranya merupakan peran dan manfaat teknologi internet seperti e-government, e-learning, e-commerce, e-business, dan internet banking. Beberapa manfaat lain dari teknologi internet, yaitu sebagai berikut.

a. Gudang Informasi

Dengan adanya internet, dunia ilmu pengetahuan semakin terbuka bagi siapa saja. Penyebaran informasi berlangsung cepat, segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap. Informasi yang tadinya sulit diperoleh, saat ini sudah bukan sesuatu yang sulit lagi. Dengan memanfaatkan fasilitas search engine atau mesin pencari, pencarian informasi dapat dilakukan dengan mudah, baik berupa data, berita, file, gambar, musik, maupun film. Beberapa ensiklopedi online juga bisa dijadikan acuan untuk menambah pengetahuan. Contoh yang cukup populer adalah Wikipedia. Melalui internet, kamu juga bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan pengguna lain. Contohnya adalah membuat situs pribadi (blog atau weblog) untuk berbagi cerita atau pengetahuan dan berpartisipasi dalam komunitas tertentu lewat internet.

b. Berita Online

Sekarang tidak perlu menunggu hingga pagi untuk membaca berita terbaru. Banyak halaman web (halaman di situs internet) yang menyediakan berita-berita dunia secara up-to-date (selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada). Berita apa saja ada, mulai dari olahraga, politik, keuangan, sains dan teknologi, cuaca, ekonomi, budaya, dan sebagainya. Sebagian surat kabar/majalah yang ada di Indonesia juga menyediakan layanan berita online.

c. Perpustakaan Online

Bentuk khusus dari internet sebagai gudang informasi adalah tersedianya fasilitas perpustakaan online, yang kumpulan-kumpulan situs-situs web dari perpustakaan kelas dunia. Di situs ini, kamu dapat membaca buku secara online maupun offline (isi situs diunduh atau disimpan di komputer terlebih dulu, sehingga dapat dibaca tanpa memerlukan koneksi internet). Buku apa saja ada, mulai dari ensiklopedi, novel, buku pelajaran, teknologi, komputer, komik, dan sebagainya. Ingat, tidak semua buku ini tersedia secara gratis. Ada beberapa situs yang mengharuskan kita membeli secara online atau membayar iuran sejumlah tertentu.

d. Pendidikan Jarak Jauh

Internet sebagai gudang informasi dan perpustakaan online serta kemampuannya untuk membangun komunikasi interaktif memungkinkan untuk dilakukan pendidikan jarak jauh. Pendidikan jarak jauh artinya guru dan siswa atau dosen dan mahasiswa tidak harus selalu berada di satu tempat untuk menyelenggarakan pendidikan. Lho, kok bisa? Ya. Siswa dapat mengakses situs web sekolah mereka dan mengikuti proses pendidikan melalui komputer yang ada di depannya. Kapan saja, selama 24 jam sehari. Tak peduli sedang berada di mana, di rumah atau ketika sedang bepergian. Materi pelajaran yang harus dikuasai siswa telah disediakan oleh guru di situs web itu. Jika membutuhkan konsultasi, siswa dapat berinteraksi dengan guru melalui email (surat elektronik), chatting, atau bercakap-cakap langsung lewat telepon internet. Konsep ini sering disebut e-learning.

Di internet terdapat banyak situs yang menyajikan materi pelajaran untuk jenjang pendidikan tertentu. Ada pula situs-situs yang membahas pengetahuan umum dalam bidang tertentu. Informasi seputar dunia pendidikan juga mudah dijumpai di internet.

e . Bisnis Online

dampak positif internetInternet telah menjadi sarana bisnis yang besar. Salah satu contohnya berupa toko online. Di toko online, kamu bisa berjualan apa saja. Bisa jadi pembelimu datang dari luar negeri. Inilah sarana promosi usaha yang sangat menjanjikan. Kamu juga bisa membeli sesuatu dari toko online di seluruh dunia. Caranya cukup mudah. Kunjungi situs web yang menyediakan layanan belanja online. Selanjutnya, pilih barang yang ingin kamu beli. Jika cocok harganya, lakukan transaksi dan pilih cara pembayarannya, apakah melalui kartu kredit, pemindahbukuan rekening bank, transfer lewat bank, atau melalui wesel pos. Maka barang yang kamu beli akan segera dikirim ke alamatmu melalui jasa agen pengiriman atau kurir khusus.

f. Membentuk Komunitas Maya

Di internet berkembang berbagai komunitas maya seperti forum diskusi dan mailing list dengan lingkup nasional maupun internasional. Biasanya mereka membahas suatu hal yang terkait dengan hobi, pekerjaan, pengetahuan, perkembangan politik, atau yang lainnya. Contohnya bila kamu penggemar sepak bola, balap motoGP, komputer, fotografi, motor, atau yang lain, kamu dapat bertukar informasi, berdiskusi, mengikuti perkembangan terbaru, atau sekedar menyapa penggemar lain yang tergabung dalam komunitas maya di internet. Komunitas maya juga sering terbentuk di antara alumni suatu sekolah, yang tidak memungkinkan bertemu secara langsung.

Sebenarnya dampak positif teknologi internet yang ada masih banyak lagi dan dapat dimanfaatkan disegala bidang kehidupan.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi