Denah dan Peta Untuk Rumah, Sekolah dan Lingkungan

Wednesday, December 2nd, 2015 - IPS, Kelas 3 SD

A. Pengertian Denah dan Peta

Tahukah kamu apa itu denah dan peta?

Sebelum kita membahas denah dan peta rumah dan sekolahmu, terlebih dahulu kamu harus paham apa yang dimaksud dengan denah dan peta.

pengertian denah

Apakah denah itu? Denah adalah gambar yang menunjukkan bagian-bagian suatu tempat atau bangunan. Sementara peta adalah gambar yang menampakkan permukaan bumi dengan wilayah disekitarnya.

pengertian peta

B. Denah dan Peta Rumah

Bagaimanakah denah dan peta rumahmu?

Pada bahasan sebelumnya, kamu telah mendapat penjelasan tentang apa itu denah dan peta. Sekarang, kamu harus mencoba membuat denah dan peta rumahmu sendiri. Sebagai contoh perhatikan cerita di bawah ini.

Rumah Anton

Rumah Anton berada di Jalan Raya Baru No.  12. Setiap rumah memiliki bagian-bagian. Begitu juga dengan rumah Anton. Rumah Anton terdiri atas kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur.

Di depan ada ruang tamu dan kamar tidur untuk tamu. Di bagian tengah ada ruang keluarga, kamar tidur ayah dan ibu. Kamar tidur Anton berada di dekat kamar tidur ayah dan ibu. Di sampingnya ada kamar mandi. Di depan kamar mandi ada kamar tidur kakak, kemudian ruang makan, dapur, dan kamar mandi belakang yang berfungsi untuk mencuci pakaian. (Lihat Denah Rumah Aton)

Setelah kamu belajar membuat denah rumahmu, sekarang kamu akan belajar membuat peta rumah. Dapatkah kamu membayangkan dimana letak rumah mu? Ada apa saja dekat rumahmu? Kamu dapat membayangkannya bukan? Lalu kamu tuliskan rumahmu tersebut dalam bentuk peta. Mudah bukan?

Untuk membantumu membuat peta, perhatikan cerita di bawah ini.

Letak Rumah Anton

Rumah Anton terletak di Jalan Raya Baru No. 12. Di sebelah rumahnya ada masjid dan rumah Agus teman sekelasnya. Setiap sore, Anton dan Agus selalu mengaji di masjid dekat rumah mereka. Selain dekat dengan masjid, rumah Anton juga dekat dengan terminal dan pertokoan.

Tidak jauh dari rumah Anton terdapat sebuah sungai. Sungai itu airnya jernih dan sering dipakai oleh anak-anak bermain. Masyarakat di sana selalu menjaga kebersihan sungai dan tidak suka membuang sampah ke sungai. Oleh karena itu, air sungai dekat rumah Anton bersih. (Lihat Peta Rumah Anton)

C. Denah dan Peta Sekolah

Bagaimanakah denah dan peta sekolahmu?

Untuk mengetahui bagian-bagian yang terdapat di gedung sekolah, kamu harus membuat denah terlebih dahulu. Kamu dapat membuatnya bukan?

perbedaan denah dan peta

Dengan denah yang sudah di buat, kamu dapat mengetahui jumlah ruangan yang ada di sekolah dan dimana letak ruangan-ruangan tersebut. Biasanya, di sekolah terdapat beberapa ruangan, diantaranya ada ruang guru, ruang kelas, perpustakaan, masjid, kamar mandi, kantin, gudang dan ruang UKS.

Selain itu, biasanya di sekolah terdapat juga sebuah lapangan upacara, aula, dan tempat parkir.

Setelah kamu membuat denah sekolahmu, sekarang kita belajar membuat peta sekolah. Sama halnya dengan peta rumah, dengan membuat peta sekolah kamu dapat mengetahui dimana letak sekolahmu dan ada apa saja di sekitar lingkungan sekolahmu itu.

perbedaan peta dan denah

Berdasarkan peta di atas, kita dapat mengetahui alamat sekolah Anton, yaitu berada di Jalan Utama. Di sekelilingnya terdapat perumahan dan di seberang sekolah terdapat area pesawahan. Hal ini membuat udara di sekitar sekolah Anton terasa segar dan sejuk.  (Lihat pada Peta Rumah Anton)

Selamat belajar, semoga materi singkat tentang denah dan peta untuk rumah, sekolah dan lingkungan diatas mudah dipahami.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi