Fungsi Pasar IPS Kelas 8 SMP

Tuesday, September 15th, 2015 - IPS, Kelas 8 SMP

Fungsi pasar bagi kegiatan ekonomi terdiri dari beberapa fungsi seperti dijelaskan dibawah. Selain mempunyai peranan yang sangat penting bagi beberapa pihak, secara ekonomi pasar mempunyai beberapa fungsi.

Fungsi Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi

Berikut adalah fungsi pasar dalam kegiatan ekonomi dimasyarakat.

1. Fungsi distribusi

Tatkala terjadi kerusuhan massa dan banyak pasar yang dibakar, maka penyaluran barang-barang dari produsen kepada konsumen terganggu dan akibatnya harga barang-barang menjadi tinggi/mahal. Mengapa hal ini dapat terjadi? Karena tidak ada tempat yang dapat digunakan untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Dalam hal ini menunjukkan bahwa pasar berfungsi memperlancar penyaluran barang-barang dari produsen pada konsumen atau pasar mempunyai fungsi distribusi.Fungsi Pasar IPS Kelas 8 SMP

2. Fungsi pembentukan harga

Setiap barang mempunyai dua macam harga yaitu harga subjektif dan harga objektif. Harga subjektif adalah harga yang dikehendaki oleh penjual atau pembeli. Sedang harga objektif adalah harga yang disepakati oleh pembeli dan penjual setelah terjadi proses tawar-menawar. Harga objektif disebut juga harga pasar. Mengapa harga objektif disebut harga pasar? Karena proses tawar-menawar yang terjadi antara pembeli dengan penjual terjadi di pasar, sehingga pasar mempunyai fungsi sebagai tempat pembentukan harga.

3. Fungsi promosi

Promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti keinginannya. Agar barang yang telah diproduksi dapat terjual, maka produsen seringkali mengadakan promosi kepada masyarakat/calon konsumen agar calon konsumen mau membeli barang yang dipromosikan. Salah satu tempat yang sering digunakan dan efektif untuk melakukan kegiatan promosi adalah pasar. Karena di pasar banyak terdapat orang-orang yang ingin berbelanja barang-barang kebutuhan. Dengan demikian pasar mempunyai fungsi sebagai tempat untuk mempromosikan barang-barang yang telah dihasilkan oleh produsen.

4. Fungsi stabilitas ekonomi

Perekonomian yang stabil akan mengakibatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Sebaliknya, jika perekonomian tidak stabil, kesejahteraan, dan kemakmuran masyarakat akan terganggu. Stabilitas ekonomi tergantung pada tersedianya barang dan jasa kebutuhan masyarakat. Jika barang dan jasa kebutuhan masyarakat tersedia dengan harga yang terjangkau, maka perekonomian akan stabil, sebaliknya, jika barang dan jasa kebutuhan masyarakat tidak tersedia dengan harga yang terjangkau, maka perekonomian menjadi tidak stabil. Sebagai tempat yang digunakan untuk menyediakan barang dan jasa kebutuhan masyarakat, maka pasar mempunyai fungsi untuk mengatur stabilitas perekonomian masyarakat. Jika barang dan jasa yang tersedia di pasar terbatas, maka pemerintah dapat menstabilkan dengan cara mengadakan operasi pasar yaitu menjual barang yang langka/kurang di pasar secara langsung, agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi, sebaliknya, jika barang dan jasa yang tersedia di pasar berlebihan, maka pemerintah dapat mengurangi barang-barang tersebut melalui lembaga pemerintah seperti bulog untuk menampung kelebihan barang-barang tersebut, sehingga harga barang-barang tetap terjaga dan tidak merugikan penjual.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa fungsi pasar adalah sebagai tempat distribusi, menetukan harga, sarana promosi dan menentukan stabilitas ekonomi. Fungsi pasar akan sangat bermanfaat bagi pelaku-pelaku pasar yang secara langsung berhubungan dengan kegiatan pasar.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi