Hubungan Posisi Geografis Dengan Iklim di Indonesia

Wednesday, September 2nd, 2015 - IPS, Kelas 8 SMP

Terdapat hubungan posisi geografis dengan iklim di Indonesia yang disebabpakan letak geografis indonesia yang strategis tersebut.  Hubungan posisi geografis dengan iklim di Indonesia terjadi karena Indonesia berada diantara 2 benua dan 2 samudera. Letak gografis tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara beriklim tropis. Iklim di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama faktor geografis fisik yang besar pengaruhnya.

Hubungan Posisi Geografis Dengan Iklim di Indonesia

Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Letak Indonesia di antara dua benua

Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan benua Australia, menyebabkan Indonesia beriklim muson (musim). Selain itu Indonesia terletak di antara dua samudra yang menjadikan Indonesia beriklim laut.

2. Letak Indonesia di daerah khatulistiwa

Iklim di Indonesia berupa iklim tropis. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Indonesia beriklim muson laut tropis. Iklim muson dipengaruhi oleh angin muson. Angin muson (musim) merupakan angin periodik yang setiap setengah tahun berganti arah. Pergantian arah tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. Angin muson barat

Pada bulan Oktober sampai April matahari berada di belahan bumi selatan, sehingga Benua Australia bertekanan rendah (minimum) dan di Benua Asia bertekanan udara tinggi (maksimum). Pada saat itu bertiup angin dari Benua Asia menuju benua Australia, yang disebut angin muson barat. Karena melewati lautan yang luas, angin muson banyak mengandung uap air. Oleh karena itu, antara bulan Oktober sampai April Indonesia terjadi musim penghujan. Perhatikan arah angin muson barat pada peta berikut.Hubungan Posisi Geografis Dengan Iklim di Indonesia

b. Angin muson timur

Pada bulan April sampai Oktober di Benua Australia terjadi tekanan udara tinggi (maksimum). Sebaliknya di benua Asia bertekanan udara rendah (minimum). Sehingga angin bertiup dari Benua Australia menuju Asia, yang disebut angin muson timur. Karena hanya melalui lautan sempit angin bersifat kering. Oleh karena itu antara bulan April sampai Oktober di Indonesia terjadi musim kemarau. Perhatikan arah angin muson timur pada peta berikut.Angin muson timur

Di antara musim penghujan dan musim kemarau terdapat musim peralihan. Peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau dan sebaliknya disebut musim pancaroba. Pancaroba antara musim penghujan ke kemarau terjadi sekitar bulan April-Mei dan disebut mangsa mareng (Jawa). Sedangkan pancaroba antara musim kemarau ke penghujan terjadi sekitar bulan September-Oktober yang disebut mangsa labuh (Jawa). Pancaroba ditandai dengan angin arahnya tidak menentu, hujan sedikit disertai halilintar, terjadi awan mendung tetapi jarang turun hujan, udara kurang enak di badan.

Letak geografis Indonesia diantara 2 benua dan 2 samudra memberikan hubungan posisi geografis dengan iklim di Indonesia yang menguntungkan bagi Indonesia.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi