Jenis Dan Manfaat E-Mail

Monday, February 6th, 2017 - Kelas 9 SMP, TIK

Pengertian E-Mail

Electronic mail (surat elektronik) yang disingkat e-mail berfungsi untuk mengirimkan pesan dalam bentuk teks melalui internet. Pesan yang dikirimkan berupa teks, termasuk e-card (kartu ucapan elektronik) dan bisa disisipkan file gambar atau file yang lain. Pada dasarnya layanan ini menyediakan fungsi yang sama dengan surat pos biasa. Keunggulannya, pengiriman e-mail jauh lebih cepat, biaya murah, dapat dibuat lebih menarik dan interaktif, dapat disisipkan berbagai macam file, untuk mengirim/menerima tidak terbatas pada ruang dan waktu (asal tersedia fasilitas internet, maka bisa mengirim/membaca email), dan keamanannya lebih terjamin.

pengertian email,Jenis Dan Manfaat E-MailMeskipun proses pengiriman e-mail dapat dilakukan hanya dalam hitungan menit, bukan berarti e-mail akan terkirim secara langsung ke komputer yang dituju. Layanan e-mail memerlukan protokol komunikasi POP (Post Office Protocol) atau SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Selain itu, diperlukan komputer yang berlaku seperti kantor pos dan melayani proses penerimaan dan pengiriman e-mail. Komputer ini disebut server e-mail.

Agar dapat memanfaatkan fasilitas e-mail, kita harus memiliki sebuah alamat email. Alamat e-mail ini dapat diperoleh dari sebuah situs yang menyediakan fasilitas email maupun dari ISP (Internet Service Provider, yaitu badan/lembaga yang menangani dan menyediakan akses internet).  Alamat e-mail terdiri dari dua bagian yang dipisahkan dengan tanda axon (@). Bentuk umum sebuah alamat e-mail adalah nama pengguna@nama domain.

  1. Nama pengguna, yaitu identitas pemilik alamat e-mail (disebut juga Account, Login Name, atau User ID). Nama pengguna dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, angka, atau yang lainnya. Bagian ini menjadi nama bagi e-mail box yang dimiliki seseorang di sebuah komputer server e-mail.
  2. Axon (@), dibaca at.
  3. Nama domain, menunjukkan identitas server e-mail di mana seorang pengguna memiliki e-mail box, atau dapat dikatakan alamat situs penyedia fasilitas e-mail. Nama domain biasanya menunjukkan nama perusahaan atau organisasi pemilik sebuah account. Kode akhiran situs (seperti .com atau .net) menyesuaikan kategori yang dimiliki situs penyedia fasilitas e-mail tersebut.

Sebagian penyedia fasilitas e-mail mengharuskan penggunanya untuk membayar iuran dengan nilai tertentu untuk jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun. Namun ada pula fasilitas e-mail yang disediakan secara gratis. Yang membedakan antara lain besarnya daya tampung/kapasitas e-mail dan ada tidaknya iklan. Karena sifatnya digital, setiap orang dapat mempunyai lebih dari satu alamat e-mail, baik pada satu situs penyedia email maupun pada situs yang lain.

Jenis-Jenis E-Mail

Secara singkat, e-mail dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu e-mail berbasis web (e-mail online) dan e-mail berbasis SMTP/POP (e-mail offline).manfaat email

a. Aplikasi E-Mail berbasis Web

E-mail jenis ini disediakan oleh situs-situs web seperti Yahoo! mail, Hotmail, Google mail (Gmail), Lycos, dan lain-lain. Biasanya bersifat gratis. Karena menjadi bagian dari situs web, untuk mengakses e-mail pengguna diharuskan online (tersambung dengan internet). Artinya, untuk mengirim atau membaca e-mail, kita harus selalu terhubung ke internet, sehingga sering disebut sebagai e-mail online. E-mail ini lebih sesuai untuk pengguna yang tidak terlalu banyak menerima/mengirim e-mail. Karena bila setiap hari kita menerima puluhan hingga ratusan e-mail, biayanya koneksi internet akan menjadi mahal.

b. Aplikasi E-Mail berbasis SMTP/POP

E-mail jenis ini menggunakan komputer server e-mail yang menjalankan SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol), yaitu komputer server yang dapat mengirimkan e-mail ke alamat yang dituju dan sebaliknya. Untuk dapat meng-gunakan fasilitas e-mail ini, pengguna harus mempunyai account (terdaftar) di server SMTP/POP. Pengelolaan e-mail menggunakan perangkat lunak pengelola e-mail (e-mail client) seperti Outlook Express. Biasanya e-mail ini disediakan oleh ISP tempat mendaftar layanan internet.

Untuk mengakses e-mail, pengguna tidak perlu terus-menerus online (terhubung dengan internet). Proses pengiriman dan penerimaan e-mail dapat dilakukan secara kumulatif pada saat-saat tertentu. Misalnya ketika ingin mengecek e-mail yang masuk, program aplikasi akan mengunduh semua e-mail baru dari komputer server ke komputer yang kita gunakan. Setelah selesai, kamu bisa memutus hubungan internet dan membaca e-mail secara offline (tidak terhubung ke internet), sehingga dikenal sebagai e-mail offline. Ketika akan membalas e-mail, kita perlu online lagi.

Aplikasi e-mail SMTP/POP umumnya memerlukan biaya tambahan untuk memperoleh layanan dari e-mail server. Komputer yang dipakai untuk menerima e-mail harus diatur sedemikian rupa agar bisa terhubung dengan server SMTP/POP. Akibatnya, kita tidak bisa mengecek e-mail di sembarang tempat seperti di warung internet. Jenis e-mail ini cocok bagi mereka yang sering berkirim/menerima e-mail dalam jumlah banyak.

Manfaat E-mail Sebagai Milis (Mailing List)

Mailing list merupakan satu salah fasilitas internet untuk berdiskusi melalui e-mail dalam komunitas tertentu. Kelompok diskusi mailing list ada banyak sekali, namun dapat dibagi menjadi 2 kategori.mailing list

  1. Berdasarkan topik tertentu, mulai dari hobby memelihara ikan sampai penelitian tentang NASA. Biasanya mailing list ini terbuka untuk umum.
  2. Berdasarkan kelompok tertentu, misalnya mailing list Medan-Linux, HMI, AlumniBinus, KAMMI, PK-Sejahtera, PAN, BEM, dan lain-lain. Biasanya mailing list ini tertutup atau hanya untuk anggota saja.

Mailing list diatur oleh server mailing list. Penyedia layanan Mailing list gratis yang cukup terkenal misalnya Yahoogroups. Untuk mengikuti mailing list, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Cara pendaftarannya ada dua cara, yaitu melalui web atau melalui email. Untuk membuka dan menjawab Mailing list tidak jauh berbeda dengan e-mail biasa. Ciri surat dari Mailing list adalah judulnya diawali dengan subject tertentu yang sama.

Setelah isi surat Mailing list muncul, kamu bisa membacanya. Untuk membalas e-mail pada mailing list, klik ikon Reply, selanjutnya akan muncul halaman seperti halaman compose. Bedanya, pada kotak isian To dan Subject e-mail sudah terisi sesuai subject mailing list.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi