Jenis-jenis Pekerjaan

Thursday, December 3rd, 2015 - IPS, Kelas 3 SD

jenis-jenis pekerjaanPekerjaan dibedakan menjadi dua bagian, yaitu ada pekerjaan yang dapat menghasilkan barang dan ada juga pekerjaan yang menghasilkan jasa. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut ini.

A. Jenis-jenis Pekerjaan

1. Pekerjaan yang menghasilkan barang

Perhatikan lingkungan yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Adakah pekerjaan yang dapat  menghasilkan barang?

Pekerjaan yang menghasilkan barang merupakan pekerjaan yang hasil pekerjaannya dalam bentuk barang. Contohnya petani, pengrajin dan penjahit.  Perhatikan gambar di bawah ini.

pekerjaan menghasilkan barangpekerjaan yang menghasilkan barangcontoh pekerjaan yang menghasilkan barangPekerajaan yang digambarkan dalam contoh di atas merupakan contoh pekerjaan yang menghasilkan barang. Pekerjaan yang menghasilkan barang dalam jumlah besar biasa dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan ini ada yang disebut dengan industri rumah tangga yang menghasilkan barang seperti kue, makanan ringan, gorengan, dan sebagainya.

jenis pekerjaan yang menghasilkan barangPerusahaan konfeksi adalah contoh perusahaan besar

Selain industri rumah tangga ada juga yang disebut dengan perusahaan menengah, perusahaan ini agak sedikit lebih maju dibanding industri rumah tangga, contohnya perusahaan yang membuat kompor. Perusahaan lainnya adalah perusahaan besar yang menghasilkan barang dalam jumlah yang sangat besar untuk dipasarkan ke berbagai pelosok.

2. Pekerjaan yang menghasilkan jasa

Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah pekerjaan yang hasilnya tidak dalam bentuk barang.
Namun demikian, hasil pekerjaannya dapat kita rasakan. Perhatikan gambar di bawah ini

pekerjaan menghasilkan jasaGuru adalah contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa. Karena ada guru, kamu menjadi anak yang pintar. Hal ini berkaitan karena tugas dari guru adalah mendidik siswa-siswinya menjadi anak yang pintar dan berbudi pekerti luhur.

pekerjaan yang menghasilkan jasaPolisi lalu lintas bertugas di jalan raya untuk mengatur lalu lintas kendaraan. Selain itu, polisi juga bertugas menjaga keamanan dan ketertiban.

pekerjaan yg menghasilkan jasaPernahkah kamu menggunakan jasa tukang becak? Tukang becak adalah pekerjaan menghasilkan jasa. Dia siap mengantarkan pengguna ke tempat tujuannya.

B. Pekerjaan Orang Tua yang Menghasilkan Barang dan Jasa

Tentu jenis pekerjaan orang tua kalian berbeda-beda. Ada yang menghasilkan barang dan ada pula yang menghasilkan jasa. Ada yang bekerja sebagai guru, petani, karyawan perusahaan, dan sebagainya.

C. Pentingnya Semangat Kerja

Setiap pekerjaan harus dilakukan dengan semangat. Termasuk dalam belajar, kamu harus semangat sebab pekerjaan yang dilakukan dengan malas-malasan, kamu tidak akan mendapat rangking di kelas. Lain halnya jika kamu belajar dengan semangat, tentu kamu akan mendapat nilai yang bagus. Jadi, semangat kerja harus kita miliki, agar setiap pekerjaan yang kita lakukan hasilnya baik.

Ciri-ciri semangat kerja

Orang-orang yang memiliki semangat kerja tinggi memiliki ciri-ciri khusus, diantaranya:

  1. Disiplin yaitu bekerja sesuai dengan peraturan dan tepat waktu
  2. Bertanggung jawab, yaitu berani menanggung segala akibat yang ditimbulkan dari pekerjaannya
  3. Tekun, yaitu  bersungguh-sungguh dalam menjalankan semua tugasnya
  4. Tabah yaitu tidak putus asa
  5. Ikhlas, yaitu tidak mengharapkan imbalan jasa dari orang dan mengharap keridhoan Tuhan

Selamat belajar, semoga uraian singkat materi tentang Jenis-Jenis Pekerjaan diatas mudah dipahami dan diamalkan.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi