Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Alam

Monday, January 4th, 2016 - IPS, Kelas 4 SD

Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Alam

Di setiap daerah pasti mempunyai keadaan alam yang berbeda dengan daerah lainnya. Keadaan alam tersebut akan memengaruhi kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan oleh manusia. Kegiatan ekonomi tersebut dapat meliputi berbagai bidang, misalnya bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, perindustrian, transportasi, dan pariwisata.

A. Sumber Daya Alam dan Potensi Alam

Sumber daya alam dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan manusia, sumber daya alam tersebut harus diolah terlebih dahulu. Pengolahan tersebut dinamakan proses produksi dan pada akhirnya menghasilkan barang jadi, lalu disalurkan ke konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

1. Potensi Alam di Indonesia

a. Daerah Pegunungan

Wilayah pegunungan memiliki ketinggian di atas 1500 m dari permukaan laut. Di wilayah ini keadaan tanahnya yang subur dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam. Di Indonesia, daerah pegunungan terdapat di beberapa pulau seperti berikut.

  1. Di Sumatra terdapat Bukit Barisan.
  2. Di Jawa terdapat Pegunungan Serayu, Pegunungan Dieng, dan Pegunungan Tengger.
  3. Di Kalimantan terdapat Pegunungan Iban, Pegunungan Schwaner, dan Pegunungan Muller.
  4. Di Sulawesi terdapat Pegunungan Beludewa, Pegunungan Atilemba, Pegunungan Verbeek, Pegunungan Mekongga, dan Pegunungan Quartes.

b. Dataran Tinggi

Dataran tinggi mempunyai ketinggian lebih dari 600meter di atas permukaan laut. Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi antara lain udaranya yang sejuk dan jenis tanahnya yang dapat ditanami berbagai tanaman.

Contoh dataran tinggi di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah.
  2. Dataran Tinggi Priangan di Jawa Barat.
  3. Dataran Tinggi Brastagi di Sumatra Utara.
  4. Dataran Tinggi Kerinci di Sumatra Barat.

c. Dataran Rendah

Dataran rendah sebagai pemukiman pendudukDataran rendah mempunyai ketinggian sampai 500 meter di atas permukaan laut. Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi adalah tanah dan segala sesuatu yang ada di dalamnya, seperti bahan mineral dan bahan tambang. Dataran rendah tersebar di seluruh wilayah Nusantara seperti di Sumatra, Kalimantan, Papua, dan Pulau Jawa.

d. Perairan Darat

Di Indonesia wilayah perairan darat dapat berupa sungai, rawa, dan danau. Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan di wilayah perairan darat adalah jenis-jenis flora dan fauna yang ada di dalamnya, bahanbahan tambang dan mineral. Beberapa contoh danau adalah sebagai berikut.sumber daya alam dan potensi alam

  1. Danau Toba, Kerinci, dan Ranau di Sumatra.
  2. Danau Poso dan Towati di Sulawesi.
  3. Danau Batur di Bali.

Sungai-sungai yang dapat dimanfaatkan misalnya Sungai Musi di Sumatra atau Sungai Kapuas dan Mahakam di Kalimantan.

e. Pantai

Pantai adalah daratan yang ada di sekitar lautan. Bentuk pantai di Indonesia tidak sama, ada yang landai dan ada yang curam. Pantai landai banyak terdapat di Pulau Jawa bagian utara. Sedangkan pantai curam banyak terdapat di Pulau Jawa bagian selatan. Pantai banyak dimanfaatkan manusia sebagai objek wisata.

f. Lautan

Luas wilayah lautan Indonesia adalah dua per tiga dari seluruh luas wilayah Indonesia. Sumber daya alam yang didapat dalam lautan sangat banyak, di antaranya berbagai macam ikan dan tumbuhan laut. Selain itu berbagai bahan tambang dan mineral juga didapatkan dari dalam lautan.

Lautan dan selat atau lautan sempit yang termasuk wilayah Indonesia adalah Laut Jawa, Laut Cina Selatan, Samudra Hindia, Laut Flores, Laut Banda, Laut Arafuru, Selat Malaka, Selat Karimata, dan lain-lain.

2. Kegiatan Memanfaatkan Potensi Alam

kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan potensi alamSumber daya alam dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Potensi alam tersebut selain dimanfaatkan untuk dipakai sendiri juga dapat diolah dan dijual untuk masyarakat daerah lain. Pemanfaatan potensi alam yang merupakan kenampakan alam serta sumber daya alam yang ada di dalamnya di antaranya:

  1. Wilayah pegunungan yang memiliki ketinggian antara 1500-2500 meter di atas permukaan laut memiliki suhu udara yang cukup dingin. Tanaman yang bisa tumbuh di atasnya adalah cemara dan mahoni. Tanaman itu dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai bahan bangunan dan perabotan. Selain itu bahan galian dari pegunungan berupa pasir dan bebatuan dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan.
  2. Wilayah dataran tinggi yang memiliki ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut memiliki potensi alam yang cukup banyak. Tanaman seperti teh, kopi, kina, sayur, serta buah-buahan bisa tumbuh dengan baik. Udaranya yang sejuk cocok untuk tempat peristirahatan. Dataran tinggi banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk objek wisata.
  3. Wilayah dataran rendah mempunyai ketinggian sampai 500 meter di atas permukaan laut. Biasanya tempat semacam ini banyak digunakan untuk permukiman penduduk. Tanaman yang dapat tumbuh antara lain padi, jagung, dan palawija. Hutan-hutan juga banyak terdapat di wilayah dataran rendah. Hutan, tanaman, dan hewanhewan banyak dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Ada lagi jenis hutan yang disebut sabana atau padang rumput. Daerah semacam ini sangat cocok untuk budidaya peternakan.
  4. potensi dan pemanfaatan sumber daya alamWilayah perairan darat dapat berupa sungai, danau, dan rawarawa. Sungai-sungai besar di Indonesia banyak dimanfaatkan untuk sarana pengangkutan dan sarana olah raga seperti arung jeram. Sumber daya alam yang didapat dari sungai adalah berbagai macam ikan dan bahan tambang seperti pasir dan batu sungai. Sungai dimanfaatkan oleh penduduk sekitarnya untuk pengairan sawah.
    Danau banyak dimanfaatkan untuk rekreasi, sarana olah raga, pencegah banjir, pengairan, dan sangat cocok untuk budidaya perikanan darat. Danau yang besar bisa dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik.
    Rawa-rawa juga banyak terdapat di wilayah Indonesia. Tumbuhan yang hidup di rawa-rawa misalnya pandan, beluntas, dan ketapang.
  5. Wilayah pantai yang terdapat di tepi lautan banyak dimanfaatkan masyarakat untuk sarana rekreasi, terutama pantai yang landai. Pantai landai dimanfaatkan pula untuk pembuatan garam dan ikan bandeng. Selain itu wilayah pantai sering dibangun pelabuhan atau dermaga untuk berlabuhnya kapal-kapal.
    Wilayah pantai sering ditumbuhi tumbuhan bakau. Hutan bakau di wilayah pantai ini merupakan tempat bersarangnya ikan dan udang yang merupakan bahan ekspor Indonesia ke luar negeri.
  6. Indonesia sebagian besar terdiri atas wilayah lautan. Wilayah lautan dapat dimanfaatkan untuk sarana transportasi, olahraga menyelam, rekreasi taman laut dan lain-lain. Sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan oleh manusia adalah berbagai jenis ikan dan hewan laut seperti kerang mutiara. Ada juga berbagai tanaman laut seperti rumput laut dan berbagai bahan mineral dan tambang. Penambangan minyak dan gas bumi juga sering dilakukan di lautan lepas.

B. Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Potensi Alam

Potensi alam dan sumber daya alam di wilayah Indonesia bermacam-macam jenisnya. Potensi alam tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan ekonomi masyarakat mulai dari produksi, distribusi, maupun konsumsi.

Kegiatan produksi adalah kegiatan mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi. Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyebarkan dan menyalurkan barangbarang ke pemakai atau konsumen. Sedangkan kegiatan konsumsi adalah kegiatan memakai barangbarang oleh konsumen.

1. Pertanian

Masyarakat yang hidup di dataran rendah mengelola potensi alam untuk budidaya pertanian. Tanah dataran rendah sangat cocok untuk pertanian seperti padi, jagung, palawija dan berbagai sayur mayur.

Hasil-hasil pertanian itu bisa langsung dikonsumsi, atau bisa juga diolah menjadi produk olahan. Contohnya tepung diolah menjadi kue. Untuk dapat sampai ke tangan konsumen, barang-barang tersebut disalurkan oleh pedagang.

2. Perkebunan

kegiatan ekonomi berdasarkan potensi alamUsaha perkebunan cocok di dataran tinggi, pegunungan, dan dataran rendah. Tanah di dataran tinggi sangat cocok untuk perkebunan teh, kopi, dan kina. Tanah di pegunungan sangat cocok untuk jenis perkebunan cemara, mahoni, dan pohon pinus. Tanah di dataran rendah cocok untuk tanaman karet, kelapa sawit, cengkeh, tembakau, dan coklat.

Hasil perkebunan tidak dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat setempat. Akan tetapi harus diolah terlebih dahulu. Contohnya adalah minyak goreng yang dipakai ibu kalian untuk memasak. Minyak itu berasal dari perkebunan kelapa sawit. Kelapa sawit diolah melalui proses produksi di pabrik menjadi minyak goreng. Untuk sampai ke konsumen, minyak harus disalurkan oleh pedagang dan pengecer.

3. Peternakan

macam macam kegiatan ekonomiPadang rumput atau sabana banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk sarana peternakan. Hewan ternak yang biasa dibudidayakan manusia adalah sapi, kuda, kambing, dan kerbau.

Selain itu peternakan ayam, bebek, serta burung petelur juga banyak dibudidayakan manusia. Usaha peternakan bisa langsung dikonsumsi oleh manusia. Akan tetapi juga bisa melalui suatu proses produksi, misalnya pengolahan daging kaleng, abon, pengolahan kulit binatang, dan lain-lain.

4. Perikanan

Usaha tambak udang dan tambak bandeng biasanya diusahakan masyarakat di wilayah perairan danau atau pantai. Ikan dapat langsung dikonsumsi, tetapi juga dapat diolah menjadi bentuk makanan yang lain melalui proses produksi. Contohnya, kerupuk udang, udang kaleng, terasi, bandeng presto, dan lain-lain.

5. Pertambangan

potensi sumber daya alamUsaha pertambangan biasanya dilakukan di wilayah pegunungan atau lepas pantai. Kegiatan penambangan biasanya dilakukan oleh pemerintah seperti pengeboran minyak bumi, gas, bahan mineral, batu bara, dan lain-lain.

Penambangan yang dilakukan swasta atau perorangan misalnya penambangan pasir dan batu bangunan oleh penduduk setempat. Biasanya di wilayah sungai atau lereng pegunungan.

6. Perindustrian

Usaha perindustrian memanfaatkan hampir semua potensi alam seperti, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan penambangan. Hasil alam diolah lagi di dalam sebuah industri, contohnya pabrik kertas yang menggunakan bahan baku kayu.

7. Transportasi

Usaha transportasi sangat penting sekali untuk menunjang usaha-usaha di bidang lain. Tanpa sarana transportasi, kegiatan ekonomi masyarakat akan mengalami hambatan. Jenis usaha transportasi adalah transportasi darat, laut, dan udara. Bahkan sungai-sungai besar di Sumatra dan Kalimantan juga dimanfaatkan untuk sarana transportasi.

8. Pariwisata

potensi wisata alam di indonesiaDunia pariwisata saat ini banyak dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat, terutama untuk menggali potensi alam yang menarik.

Potensi alam seperti wilayah pegunungan, dataran tinggi, danau, pantai, dan taman laut sangat cocok untuk objek wisata. Objek wisata ini selain untuk memberi pemasukan bagi pemerintah daerah setempat juga memberikan peluang usaha bagi penduduk sekitarnya. Jenis peluang usaha itu antara lain jasa perhotelan, restoran, transportasi, perdagangan, serta jasa pemandu wisata dan lain-lain.

Selamat belajar, semoga materi tentanga “Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Alam” diatas mudah dipahami.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi