Kegiatan Ekonomi di Indonesia

Friday, December 25th, 2015 - IPS, Kelas 5 SD

Kegiatan Ekonomi di Indonesia

Kamu sudah mengenal macam-macam usaha. Apa saja usaha atau kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia? Kita akan membahas macammacam kegiatan ekonomi di Indonesia dalam bagian ini. Namun, sebelum itu, kita pelajari terlebih dahulu pengelompokan kegiatan ekonomi.

A. Pengelompokan Kegiatan Ekonomi

Berbagai macam jenis kegiatan ekonomi yang telah kita bicarakan di atas, dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu kegiatan produksi, kegiatan konsumsi, dan kegiatan distribusi.

1. Kegiatan produksi

kegiatan produksiApa kegiatan produksi itu? Pak Manto seorang petani karet. Mula-mula ia menyiapkan lahan untuk ditanami batang karet. Ketika pohon karet mulai tumbuh, ia merawat tanaman karetnya dengan menyiangi, memupuk, dan membasmi hama. Setelah sekitar tiga tahun, pohon karet siap dipetik hasilnya. Setiap pagi Pak Manto pergi ke kebunannya untuk menyadap getah karet. Getah karet itu dikumpulkan. Akhirnya diperoleh getah karet mentah. Semua kegiatan yang dilakukan Pak Manto itu disebut kegiatan menghasilkan barang-barang hasil perkebunan. Hasilnya, yaitu getah karet disebut produk perkebunan.

Setiap hari Bu Warsi menjahit baju dan celana. Baju dan celana itu ia jual ke pedagang. Kegiatan Ibu Warsi menghasilkan baju atau celana itu disebut kegiatan menghasilkan barang-barang konfeksi. Sementara baju atau  celana hasil jahitannya tujuan kegiatan produksidisebut hasil produksi konfeksi.

Pak Rojak dan teman-temannya adalah nelayan. Mereka melaut, menjala ikan, menjemur ikan, dan mengasinkan ikan. Kegiatan mereka disebut kegiatan menghasilkan barang-barang hasil perikanan. Hasilnya, disebut hasil produksi nelayan.

Kita dapat mengatakan kegiatan Pak Manto, Ibu Warsi, dan Pak Rojak merupakan kegiatan produksi. Mereka menghasilkan suatu barang. Jadi, produksi adalah semua kegiatan yang dapat menghasilkan barang atau pun jasa. Sedangkan orang atau sekelompok orang yang menghasilkan barang/jasa disebut produsen.

2. Kegiatan konsumsi

Kegiatanmu membeli makanan dan minuman di kantin sekolah merupakan kegiatan konsumsi. Demikian juga, ketika kamu memakai baju, sepatu, tas, jam tangan, kaus kaki, dan peralatan sekolah lainnya. Jadi, kegiatan konsumsi adalah kegiatan manusia memakai barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Orang yang memakai atau menikmati barang dan jasa disebut konsumen. Konsumen usaha transportasi, adalah penumpang. Usaha pariwisata konsumennya adalah para wisatawan. Coba kamu sebutkan siapa saja konsumen usahausaha ekonomi yang ada di sekelilingmu!

3. Kegiatan distribusi

pengertian kegiatan distribusiSetiap hari kamu makan nasi, sayur dan lauk-pauk. Kita tahu bahan-bahan makanan itu tidak dihasilkan di kota besar, seperti Jakarta. Bahan-bahan itu dihasilkan di daerah lain. Beras yang kita makan sehari-hari mungkin berasal dari petani di Sukabumi, Karawang, dan Jawa Tengah. Daging sapi mungkin berasal dari para peternak di Sumba. Barang-barang itu harus disampaikan kepada konsumen di kota agar lebi berguna.

Karena lokasi produsen dan konsumen berbeda, maka perlu adanya kegiatan membawa, menyebarluaskan, atau menyalurkan barang hasil produksi. Kegiatan itu disebut distribusi. Jadi, distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Orang atau badan yang menjalankan kegiatan distribusi disebut distributor.

B. Contoh Kegiatan Ekonomi di Indonesia

kegiatan ekonomi di indonesiaKamu sudah tahu bahwa kegiatan ekonomi dapat digolongkan menjadi tiga kelompok, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Berikut ini kamu akan melihat bagaimana ketiga hal itu dilakukan di Indonesia. Produksi pertanian dihasilkan di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Hasil-hasil bumi digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau dikonsumsi di dalam negeri. Sebagian lagi diekspor. Ekspor hasil pertanian menghasilkan devisa negara. Demikian pula dengan hasil perkebunan.

Hasil perkebunan yang diekspor antara lain sebagai berikut.

  1. Teh : Pematang Siantar, Ciamis, Sukabumi, Bandung Selatan, Dieng, dan Garut.
  2. Karet : Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.
  3. Tembakau : Deli (Sumut), Temangung (Jateng), dan Besuki (Jatim).
  4. Kopi : Sumatera, Jawa, Bali, Lampung, dan Sulawesi.
  5. Lada : Lampung, Riau, Bangka, dan Kalimantan Barat.
  6. Cengkeh : Sulawesi, Sumatera, Ambon, Seram, dan Minahasa.
  7. Kelapa sawit : Sumatera dan Kalimantan.

Produksi peternakan di Indonesia terutama dihasilkan di Nusa Tenggara, Sumatera, dan Jawa. Berikut ini daerah pembudidayaan ternak.

  1. Sapi : Bali, Jawa, dan Madura.
  2. Kerbau : Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.
  3. Kuda : Sumbawa, Jawa, dan Sumatera Utara.

Berikut ini daerah-daerah penghasil kekayaan laut.pelaku kegiatan ekonomi di indonesia

  1. Garam : Jawa Tengah, Jawa Barat, Madura, dan Jawa Timur.
  2. Ikan : seluruh pantai Indonesia seperti di Bagan Siapiapi Sumatera Utara, Laut Jawa, Laut Sulawesi, Laut Maluku, Laut Arafura.
  3. Mutiara : Maluku, Lombok Barat, NTB, Pulau Sebuku Lampung.
  4. Taman Laut : Banda, Bunaken di Sulawesi Utara.

Berikut ini daerah-daerah penghasil dan pusat pengolahan bahan tambang.

  1. Minyak bumi: Pangkalan Brandan (Sumut), Dumai (Riau), Plaju (Sumsel), Balongan (Jabar), Cilacap (Jateng), Cepu (Jatim), Bontang (Kaltim), dan Sorong (Papua).
  2. Gas alam : Arun (NAD) dan (Bontang Kaltim).
  3. Timah putih : Pulau Belitung, Bangka, Singkep, dan Karimun.
  4. Timah hitam : Kalimantan Timur dan Cirebon (Jawa Barat).
  5. Batu bara : Bukit Asam (Sumsel), Umbilin (Sumbar), Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua.
  6. Tembaga : Jambi, Jawa Barat, Sulawesi.

Barang-barang yang dihasilkan harus didistribusikan. Pendistribusiannya menggunakan angkutan sederhana maupun angkutan modern. Contoh alat angkutan sederhana adalah gerobak dan perahu sampan. Contoh alat angkutan modern adalah truk, kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang.

Semoga uraian materi tentang “Kegiatan Ekonomi di Indonesia” diatas mudah dipelajari dan dipahami.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi