Kegiatan Jual Beli

Thursday, December 10th, 2015 - IPS, Kelas 3 SD

Kegiatan jual beli ini sebenarnya telah dilakukan jauh sebelum manusia mengenal uang. Mereka melakukan kegiatan jual beli menggunakan sistem barter, yaitu menukarkan barang dengan barang lagi. Misalnya petani menukarkan beras dengan sayuran.

Seiring perkembangan zaman, kini jual beli dilakukan dengan menggunakan uang. Adapun kegiatan jual beli ini terjadi di mana-mana seperti di lingkungan rumah dan sekolah. Bagaimana kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah?

A. Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Dekat  Rumah

Kegiatan jual beli dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Misalnya ibu membeli beras di toko. Beras ini dimasak untuk kemudian dimakan guna memenuhi kebutuhan makan keluarga.

Pusat kegiatan jual beli biasanya di pasar. Namun terkadang lokasi pasar agak jauh dari pemukiman penduduk sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari penduduk setempat, biasanya ada penduduk yang mendirikan warung atau toko.

kegiatan jual beliWarung atau toko ini biasanya menyediakan barangbarang kebutuhan pokok, seperti minyak goreng, beras, sayuran, jajanan anak-anak dan sebagainya. Barangbarang yang disediakan di warung ini jumlahnya terbatas, tidak seperti barang-barang yang tersedia di pasar.

Namun demikian, keberadaan warung di sekitar permukiman penduduk ini sangat membantu masyarakat setempat. Misalnya, pada suatu hari ibu membutuhkan garam karena persediaan garam di rumah habis, lalu ibu menyuruhmu membeli garam, kamu tidak perlu pergi jauh ke pasar untuk membeli garam, kamu tinggal membelinya di warung atau toko dekat rumah bukan?

kegiatan jual beli di pasarPernahkah kamu pergi ke pasar? Ada apa sajakah di pasar? Pasar merupakan pusat kegiatan jual beli. Disana banyak dijual barang-barang kebutuhan pokok. Oleh karena itu, banyak ibu-ibu yang lebih suka pergi ke pasar untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok jika yang dibutuhkan jumlahnya banyak.

Dari uraian di atas, kamu mengerti tentang kegiatan jual beli di lingkungan rumah bukan? Kegiatan jual beli itu pada dasarnya terjadi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

B. Jual Beli di Lingkungan Sekolah

Kegiatan jual beli dapat dilakukan dimana saja, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah. Kegiatan jual beli di lingkungan sekolah sama saja dengan kegiatan jual beli di lingkungan rumah.

Di sekolahmu ada kantin bukan? Selain itu, biasanya di sekolah juga ada penjual kaki lima yang biasanya berada di luar area sekolah. Kantin sekolah dan penjual kaki lima biasanya hanya menyediakan barang-barang berupa makanan dan minuman janan anak.

Kantin di sekolah biasanya hanya dapat menyediakan barang-barang yang disesuaikan dengan kebutuhan anak sekolah, selain itu, di sekolah juga biasanya ada toko yang disebut koperasi. Koperasi ini ada koperasi guru dan ada juga koperasi siswa. Di toko koperasi biasanya tersedia berbagai macam alat tulis, makanan ringan dan barangbarang kebutuhan siswa lainnya.

Selamat belajar, semoga uraian singkat materi kegiatan jual beli diatas mudah dipelajari dan dipahami.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi