Kenampakan Buatan

Tuesday, December 1st, 2015 - IPS, Kelas 3 SD

Kenampakan buatan adalah bagian lingkungan yang tampak dipermukaan bumi yang merupakan hasil buatan manusia. Tahukah kamu apa itu lingkungan buatan? Di awal kita telah sama-sama telah membahas tentang lingkungan alam yang sifatnya alami, yaitu Tuhan yang menciptakan.

Selain bagian-bagian yang telah dijelaskan pada bahasan awal, seperti gunung, dataran tinggi, dataran rendah, bukit, sungai, laut, danau, dan sebagainya. Bagian bumi inipun diisi oleh gedung-gedung, taman, bendungan, waduk, dan sebagainya semua itu disebut kenampakan buatan.

Contoh Kenampakan Buatan Disekitar Kita

1. Bendungan

kenampakan buatan,pengertian bendungan

Bendungan adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menuju waduk, danau, atau tempat rekreasi. Selain itu, bendungan juga seringkali digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Sebagian besar bendungan memiliki pintu air, yaitu untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap.

2. Waduk

pengertian wadukMenurut kamus besar bahasa Indonesia, waduk diartikan sebagai kolam besar tempat menyimpan air persediaan untuk berbagai keperluan.

Waduk dapat terjadi secara alami dan ada yang dibuat oleh manusia. Waduk buatan dibangun dengan cara membuat bendungan yang kemudian diisi air sampai waduk tersebut penuh.

3. Taman

pengertian tamanTentu kamu sering melihat taman, baik itu di pusat kota ataupun di rumah-rumah yang sengaja dibuat manusia untuk memperindah dan sebagai penyegaran.

Tahukah kamu apa taman itu? Taman berasal dari kata guard yang berarti menjaga dan eden yang berarti kesenangan. Jadi, taman dapat diartikan sebagai sebuah tempat yang digunakan untuk kesenangan yang dijaga keberadaannya. Pada zaman dulu, taman hanya dimiliki oleh para bangsawan, di mana tidak semua orang dapat masuk kedalamnya.

4. Bangunan

pengertian bangunanBangunan biasanya di artikan sebagai rumah, gedung ataupun semua sarana dan prasarana yang membantu memperlancar kehidupan manusia.

Umumnya, sebuah peradaban dari suatu bangsa dapat dilihat dari teknik bangunan dan sarana serta prasarana yang dibuat ataupun ditinggalkan oleh manusia dalam perjalanan sejarahnya.

Untuk menambah pemahaman tentang kenampakan buatan kumpulkan gambar-gambar kenampakan buatan seperti bendungan, waduk, taman, dan bangunan yang kamu temukan. Tempelkan gambar-gambar tersebut pada buku gambar kosong sehingga membentuk sebuah kliping tentang kenampakan buatan.

Selamat belajar, semoga uraian materi kenampakan buatan diatas dapat dipelajari, dipahami dengan mudah dan menambah wawasan kita.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi