Lapangan Dan Perlengkapan Tenis

Monday, October 26th, 2015 - Kelas 12 SMA, Penjaskes

Tenis pada awalnya bernama “tenis lapangan rumput” (lawn tennis). Tenis merupakan cabang olahraga yang tiap pemainnya menggunakan raket untuk memukul bola melewati net dan memantul sampai lawannya tidak dapat mengembalikan bola tersebut. Induk organisasi tenis adalah ITF (International Tenis Federation) untuk skala internasional. Sementara itu, wadah organisasi cabang olahraga ini adalah Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti).

Permainan tenis dibedakan menjadi permainan tunggal dan permainan ganda. Permainan tunggal  (single) adalah pertandingan antara dua pemain, sedangkan permainan ganda (double) adalah pertandingan antara empat pemain, dengan dua pemain dalam tiap tim. Jadi, ada lima nomor yang dipertandingkan dalam tenis, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Permainan ini termasuk olahraga yang dilakukan di lapangan terbuka. Namun, dapat juga dimainkan di lapangan tertutup. Bagaimanakah bentuk lapangan tenis?Lapangan Dan Perlengkapan Tenis

1. Lapangan Tenis

Olahraga tenis berlangsung di lapangan berbentuk persegi panjang. Ada beberapa jenis lapangan tenis. Diantaranya lapangan rumput, lapangan keras yang berbahan dasar aspal atau beton, dan lapangan tanah liat.

Ukuran lapangan tenis berbeda untuk nomor tunggal dan ganda. Untuk nomor tunggal, panjang lapangan 23,77 meter dan lebarnya 8,23 meter. Sementara itu, untuk nomor ganda menggunakan lapangan dengan panjang 23,77 meter dan lebar 10,97 meter.

2. Net (Jaring) Tenis

Net adalah bagian yang membagi lapangan menjadi dua bagian sama panjang. Net berbentuk anyaman tali yang terbuat dari bahan nilon atau logam. Net dikaitkan pada batang besi atau kayu yang terpancang kuat di sisi kanan dan kiri lapangan. Ketinggian net adalah 90 cm diukur dari permukaan tanah.

3. Bola Tenis

Bola yang digunakan dalam permainan tenis berukuran sedang, yang terbuat dari karet berajut benang, dan berbulu-bulu pada permukaan luarnya. Diameter penampang bola adalah 6,35 – 6,66 cm. Pada tahun 2001, dikeluarkan ukuran bola tenis yang baru, yaitu dengan berat 56,70 gram dan 59,4 gram.

4. Raket Tenis

Raket TenisRaket yang terbuat dari bahan yang berbeda memiliki sifat yang berbeda. Raket logam terbuat dari baja, titanium, magnesium, dan aluminium. Raket ini sangat kuat, tetapi pada beberapa jenis logam akan bergetar saat digunakan untuk memukul bola. Bahan pembuat raket lainnya adalah serat kaca  (fiberglass), grafit dengan modulus tinggi, dan kevlar. Raket yang dihasilkan sangat kuat, ringan, dan dapat menjadi kaku atau lentur. Berat raket yang dianjurkan untuk putri berkisar antara 13 sampai 13,5 ons, sedangkan untuk putra berkisar antara 13,5 sampai 14 ons.

5. Pakaian Tenis

Kenyamanan merupakan faktor penting dalam memilih pakaian yang akan dikenakan. Oleh karena permainan tenis umumnya dilakukan di lapangan terbuka, maka pakaian yang dikenakan sebaiknya berwarna putih, karena warna putih bukan penyerap panas yang baik. Perlengkapan lainnya adalah sepatu dan kaos kaki. Ketahanan, kenyamanan, dan bobot adalah beberapa faktor yang memengaruhi pemilihan sepatu. Sepatu khusus tenis memiliki sol yang terbuat dari karet, serta tidak bertumit. Sementara itu, kaos kaki untuk bermain tenis dirancang setebal mungkin dan memiliki bantalan tambahan pada bagian ibu jari kaki dan tumit agar tidak terjadi cidera pada saat bermain tenis.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi