Latihan Sepak Bola

Wednesday, November 4th, 2015 - Kelas 11 SMA, Penjaskes

Bentuk-Bentuk Latihan Sepak Bola

Untuk melatih kemampuan dan teknik bermain sepak bola, diperlukan serangkaian latihan. Berikut ini bentuk-bentuk latihan sepak bola yang dapat dilakukan.

1. Latihan Tendangan Sudut

Tendangan sudut adalah tendangan yang dihasilkan dari kesalahan pemain akibat mengeluarkan bola dari lapangan permaianan pada garis sejajar dengan gawang. Jika menguasai tendangan ini dengan baik, maka besar kemungkinan Anda dapat memenangkan pertandingan. Banyak gol yang tercipta akibat dari keberhasilan tendangan sudut. Keberhasilan tendangan sudut bergantung pada hal-hal berikut.

  1. Keterampilan pemain penyerang dalam menyundul bola ke gawang lawan.
  2. Kemampuan pemain bertahan untuk menghalau bola.
  3. Kemahiran penjaga gawang dalam memotong atau menangkap bola-bola tinggi di kotak penalti tersebut.

Latihan Tendangan Sudut

Agar suatu tendangan sudut dapat berhasil, latihan yang tekun dan serius serta kerja sama dari anggota regu sangat diperlukan. Berikut ini latihan yang dapat digunakan dalam melatih kerja sama tendangan sudut.

a. Latihan 1

Latihan ini dilakukan untuk menyerang sudut kiri lawan. Perhatikan urutannya.

  • Pemain A melakukan tendangan penjuru kepada pemain B.
  • Pemain B menggiring bola mendekati tepi kotak penalti.
  • Pemain B mengoper bola ke kotak penalti untuk diselesaikan oleh pemain lain yaitu pemain C.

b. Latihan 2

Latihan dilakukan dari sudut kanan lawan sehingga dilakukan dengan kaki kiri. Perhatikan urutannya.

  • Beberapa penyerang ditempatkan di dalam kotak penalti, sementara dua atau tiga penyerang lain berada di luar kotak penalti.
  • Jika tendangan sudut telah dilakukan, penyerang yang berada di luar kotak penalti segera berusaha mengambil bola untuk dimasukkan ke gawang dengan ditendang atau disundul.

2. Latihan Lemparan ke Dalam

Latihan Sepak BolaLemparan ke dalam tidak dapat dilakukan begitu saja. Untuk mendapatkan lemparan yang baik dan sesuai dengan persyaratan lemparan, perlu latihan secara tekun dan terus-menerus. Berikut ini beberapa cara berlatih lemparan ke dalam.

a. Latihan 1

Lakukan latihan ini bersama teman sebangku Anda. Buat posisi saling berhadapan dan bergantian melempar bola. Ketika salah seorang melempar bola, seorang lainnya menangkap bola tersebut. Perhatikan posisi kaki saat melakukan lemparan ke dalam.

b. Latihan 2

Lakukan latihan ini dilakukan bersama dua teman Anda. Buatlah posisi membentuk segitiga. Masing-masing bergantian melempar dan menangkap bola secara berantai. Arahkan setiap lemparan dengan tepat agar orang lain bisa menangkapnya dengan mudah.contoh program latihan sepak bola

c. Latihan 3

Latihan lemparan ke dalam juga bisa dilakukan dalam suatu latihan permainan. Seseorang yang melakukan lemparan ke dalam dapat mengarahkan bola ke tempat kosong yang dekat dengan beberapa penyerang sehingga bisa diterima oleh salah satunya. Lemparan juga bisa langsung diarahkan kepada penyerang yang dekat ke gawang sehingga penyerang tersebut bisa mencetak gol.

3. Latihan Tendangan Bebas

Latihan tendangan bebas dapat dilakukan di tengah lapangan atau di dekat kotak penalti lawan. Jika tendangan bebas dilakukan dekat dengan daerah penalti tetapi Anda sulit menembusnya, maka tendangan bisa dilakukan dengan memberikan operan pada pemain yang mempunyai posisi lebih baik untuk menembak ke gawang lawan.

latihan bola

Namun, jika Anda berada pada posisi memungkinkan untuk menembak langsung, Anda bisa menembakkan bola langsung ke gawang lawan. Saat itu biasanya pemain lawan berdiri berjajar menghadang jalannya bola menuju gawang. Namun demikian, dengan latihan-latihan khusus, bola bisa dilambungkan kemudian berbelok menukik ke arah gawang atau posisi yang diinginkan penendang. Tendangan seperti ini hanya dapat diperoleh melalui latihan-latihan yang tekun dan terus-menerus.

4. Latihan Wall pass

cara latihan sepak bolaLatihan operan satu dua atau wall pass dilakukan sebagai berikut.

  1. Pemain penyerang A menggiring bola menuju ke daerah penalti lawan.
  2. Pemain belakang lawan B bergerak menghadang pemain A.
  3. Pemain A melakukan operan pada pemain penyerang lain C.
  4. Pemain C langsung memberikan bolanya lagi pada pemain A yang bergerak ke samping lawan sesaat setelah memberikan bola pada pemain C.
  5. Pemain A tanpa menahan bola langsung dioper pada penyerang C.
  6. Pemain C bisa langsung membawa bola ke gawang atau menembakkan langsung.

Latihan sepak bola secara rutin akan menambah kecakapan kita dalam bermain sepak bola.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi