Lingkungan Alam Sekitar IPS Kelas 3 SD

Monday, August 31st, 2015 - IPS, Kelas 3 SD

Lingkungan alam sekitar kita terdiri atas beberapa bagian, yaitu ada gunung, sungai, danau, pantai, laut dan sebagainya. Semua bagian lingkungan alam itu dikenal juga dengan sebutan kenampakan alam. Mengapa disebut kenampakan alam? Sebab semua bagian-bagian itu terbentuk karena adanya proses alam atau dengan kata lain terjadi secara alami. Artinya Tuhan Yang Maha Kuasa yang menciptakan semua itu.  Oleh karena itu, kita harus bersyukur dengan semua yang Tuhan berikan kepada kita.

Lingkungan Alam Sekitar

Di atas telah sedikit dijelaskan bahwa kenampakan alam dapat berupa sungai, gunung, danau, pantai, laut dan sebagainya. Untuk menambah wawasan kamu, berikut akan kita bahas satu persatu tentang kenampakan alam.

1. Gunung

Lingkungan Alam Sekitar Gunung

Gunung adalah bukit yang ketinggiannya mencapai 600 meter lebih dari permukaan laut. Di bumi ini, terdapat 2 jenis gunung yaitu ada yang dinamakan gunung berapi dan gunung tidak berapi.

2. Dataran Tinggi

Lingkungan Alam Sekitar Dataran Tinggi

Tahukah kamu apa itu dataran tinggi? Dataran tinggi adalah dataran atau wilayah yang bentuknya datar, bergelombang dan berbukit-bukit. Biasanya di dataran tinggi tanahnya cukup subur sehingga cocok untuk ditanami teh. Dataran tinggi yang ditanami teh dataran tinggi Gayo atau Dieng

3. Dataran Rendah

Dataran rendah merupakan wilayah yang landai atau datar. Biasanya, dataran rendah memiliki ketinggian kurang dari 500 meter di atas permukaan laut.

Lingkungan Alam Sekitar Dataran Rendah

Di dataran ini biasanya kita banyak menjumpai daerah rawa-rawa, seperti di Deli Sumatera Utara.

4. Bukit

Lingkungan Alam Sekitar Bukit

Bukit adalah suatu wilayah bentang alam yang memiliki permukaan tanah lebih tinggi dari permukaan tanah di sekelilingnya. Namun, ketinggiannya lebih rendah dibandingkan gunung.

5. Lembah

Pernahkah kamu melihat lembah?
Lingkungan Alam Sekitar LembahLembah adalah wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang luasnya beberapa kilometer hingga ribuan kilometer persegi.

6. Sungai

Lingkungan Alam Sekitar Sungai

Sungai merupakan jalan air alami. Aliran air sungai bersumber dari gunung menuju ke laut. Selain itu, air di sungai pun dapat berasal dari air hujan atau pembuangan air dari rumah tangga.

7. Pantai

Lingkungan Alam Sekitar Pantai

Pantai merupakan daerah yang membatasi daratan dan lautan. Di daerah pantai biasanya banyak ditemui pasir.

8. Laut

Harus dibedakan antara laut dan pantai. Menurut sejarahnya, laut terbentuk 4,4 miliar tahun yang lalu. Laut merupakan kumpulan air asin yang luas dan berhubungan dengan samudra.

Lingkungan Alam Sekitar Laut

Laut dapat kita lihat dari pantai, laut ini merupakan tempat penampungan air dari berbagai sungai yang ada di daratan.

9. Danau

Lingkungan Alam Sekitar Danau

Danau merupakan sejumlah air (tawar dan asin) yang terkumpul di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya es, aliran sungai, atau karena adanya mata air.

Sebagai latihan sebutkan lingkungan alam sekitar yang terlihat disekitar rumahmu.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi