Macam-Macam Peredaran Darah

Sunday, October 11th, 2015 - Biologi, Kelas 11 SMA

Macam-macam peredaran darah pada manusia ada dua macam atau sering disebut sistem peredaran darah ganda yang terdiri dari peredaran darah besar dan peredaran darah kecil. Jantung merupakan organ utama peredaran darah. Darah beredar selalu berada di dalam pembuluh darah. Peredaran darah seperti ini disebut peredaran darah tertutup.

Jika kita cermati penjelasan tersebut, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa darah beredar ke seluruh tubuh. Dalam satu kali beredar, darah melewati jantung sebanyak dua kali. Peredaran darah seperti ini disebut peredaran darah ganda.

Macam-Macam Peredaran Darah Manusia

Ada dua macam peredaran darah ganda, yaitu sebagai berikut.

  1. Peredaran darah besar, yaitu peredaran darah yang membawa darah dari bilik kiri ke seluruh tubuh dan kembali ke serambi kanan.
  2. Peredaran darah kecil, adalah peredaran darah yang membawa darah dari bilik kanan menuju paru-paru, kemudian kembali ke serambi kiri.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Peredaran darah pada manusia disebut peredaran darah ganda atau peredaran darah rangkap, karena setiap satu kali beredar ke seluruh tubuh darah melewati  jantung sebanyak dua kali. Macam-Macam Peredaran Darah,sistem peredaran darahPeredaran darah rangkap atau peredaran darah ganda terdiri atas peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.

A. Peredaran Darah Besar (Peredaran Darah Sistemik)

Peredaran darah besar adalah peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. Peredaran darah besar dimulai dari bilik kiri jantung  menuju ke tubuh bagian atas dan bagian bawah dengan membawa oksigen ke seluruh sel-sel tubuh. Selanjutnya, darah masuk kembali ke jantung melalui serambi kanan dengan membawa karbon dioksida.

Pada sistem peredaran darah besar, ada suatu sistem peredaran darah yang disebut sistem  porta hepatica. Dalam sistem porta ini, sebelum darah kembali ke jantung darah terlebih dahulu masuk ke dalam hati untuk dibersihkan dari racun-racun yang diserap oleh usus halus. Selanjutnya, darah kembali ke jantung melalui  pembuluh balik (vena).

B. Peredaran Darah Kecil (Peredaran Darah Pulmonalis)

Peredaran darah kecil adalah peredaran darah dari jantung ke  paru-paru dan kembali ke  jantung. Peredaran darah kecil dimulai dari bilik kanan jantung, mengangkut karbon dioksida menuju ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

Itulah sebabnya darah yang berasal dari paru-paru kanan dan kiri kaya akan  oksigen. Selanjutnya darah kembali ke jantung melalui serambi kiri.

Semoga materi macam-macam peredaran darah manusia diatas dapat dipahami dengan baik, selamat belajar.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi