Memelihara Lingkungan Alam dan Buatan

Wednesday, December 2nd, 2015 - IPS, Kelas 3 SD

Memelihara lingkungan alam dan buatan perlu kita lakukan karena bila tidak kita jaga dengan baik lingkungan alam dan buatan maka akan menimbulkan bencana bagi kita.

A. Memelihara Lingkungan Alam

Kita hidup di lingkungan, oleh karena itu, lingkungan tempat kita tinggal harus dijaga dan dipelihara dengan baik. Coba kamu bayangkan, apa yang akan terjadi jika kita tidak memelihara lingkungan alam? Akan terjadi bencana bukan?

memelihara lingkungan alam dan buatanContohnya, sekarang ini sudah banyak hutan yang gundul akibat pohon-pohonnya ditebang sembarangan.  Akhirnya apa yang terjadi? Pada saat musim kemarau  tiba, banyak masyarakat yang kekurangan air bersih dan terpaksa antri atau harus berjalan jauh puluhan kilometer hanya untuk mendapatkan air bersih. Sebaliknya, ketika musim hujan tiba, air menjadi banyak dan tidak dapat diserap oleh tanah dengan baik. Akhirnya bencana berupa longsor dan banjirpun melanda.

Untuk menghindari berbagai macam bencana yang akan terjadi akibat kerusakan alam, kita harus menjaga lingkungan alam. Memelihara lingkungan alam berarti  kita sudah menjaga keseimbangan alam.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan alam, diantaranya:

1. Melakukan reboisasi

Tahukah kamu apa itu reboisasi? Reboisasi merupakan suatu upaya untuk menanami kembali hutan atau gunung yang gundul. Kegiatan ini dilakukan agar hutan dan gunung hijau kembali dan pohonpohon tumbuh kembali sehingga dapat mengurangi bahaya banjir dan longsor. Selain itu akar pohon dapat menyerap air sehingga cadangan air dapat tersedia dengan baik dan bahaya kekeringan dapat dikurangi.

2. Tidak menebang pohon sembarangan

Menebang pohon sembarangan tanpa melakukan reboisasi kembali merupakan tindakan yang tidak terpuji dan merusak keseimbangan alam. Oleh karena itu, menebang pohon tidak boleh sembarangan apalagi sampai menyebabkan hutan dan gunung gundul.

3. Tidak membuang sampah di sembarangan tempat

Membuang sampah sembarangan adalah sikap yang tidak terpuji, karena disamping dapat mengotori lingkungan, sampah yang dibuang sembarangan dapat menyebabkan banjir. Misalnya kamu membuang sampah ke got atau selokan lama-kelamaan, sampah itu akan menumpuk dan pada saat musim hujan tiba, air tidak dapat mengalir karena tersumbat sampah, akhirnya terjadilah banjir.

Banjir adalah dampak tidak memelihara lingkungan dengan baik.

Memelihara lingkungan dengan baik adalah tugas kita semua. Oleh karena itu, kita semua harus selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman.

B. Memelihara Lingkungan Buatan

Perlu kamu ketahui, sifat lingkungan buatan itu mudah rusak. Mengapa lingkungan buatan mudah rusak? Hal ini terjadi karena terkadang lingkungan buatan dibuat dari bahan-bahan yang tidak berkualitas. Contohnya rumah. Apabila rumah dibuat dari bahan-bahan yang tidak berkualitas, rumah akan cepat rusak. Apalagi kita tidak memeliharanya dengan baik.

contoh lingkungan alam dan lingkungan buatanBanyak cara yang dapat kamu lakukan untuk memelihara rumah. Hal terkecil dapat kamu lakukan mulai dari memelihara kamar tidur kamu sendiri. Misalnya kamu membereskan dan menyapu kamar setiap hari, mudah bukan?

Perhatikan cerita Teguh di bawah ini!

Setiap hari Teguh selalu merapikan dan membersihkan kamar tidurnya. Dia tidak suka melihat kamarnya berantakan dan kotor. Oleh karenanya Teguh selalu menjaga kebersihan kamarnya.

Selain itu, Teguh juga selalu membantu ibu membereskan rumah. Menyapu halaman depan rumah adalah tugas Teguh setiap sore. Selain itu, Teguh pun rajin merawat tanaman di taman kecil depan rumahnya. Hal ini tentu saja membuat rumah Teguh tampak bersih, rapih, terawat, dan nyaman.cara memelihara lingkungan

Bagaimana dengan rumahmu?

Apakah kamu suka ikut merawat dan menjaga kebersihan rumah?

Memelihara keindahan rumah tidak hanya menjaga kebersihan kamar saja. Kamu harus selalu menjaga kebersihan dan kerapihan seluruh bagian yang ada di rumah. Misalnya, kamu selalu merapikan mainan kamu dan menyimpan kembali ke tempatnya setelah kamu gunakan.

C. Manfaat Memelihara Lingkungan

manfaat memelihara lingkunganLingkungan adalah tempat tinggal kita. Oleh karena itu, lingkungan harus dijaga dan dirawat dengan baik. Apa yang kamu rasakan jika rumah kamu bersih, nyaman bukan? Tentu kamu betah tinggal di rumah bukan?

Banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan selalu memelihara lingkungan, diantaranya yaitu:

  1. Lingkungan yang bersih akan menjauhkan kita dari berbagai bibit penyakit
  2. Tidak membuang sampah ke sungai agar sungai bersih sehingga airnya dapat dimanfaatkan dan terhindar dari bahaya banjir ketika musim hujan tiba karena air tidak terhambat oleh sampah.
  3. Menjaga kelesatarian hutan dengan tidak menebang pohon secara sembarangan serta menjaga bahaya banjir dan tanah longsor. Selain itu, hutan yang terjaga dapat menjadi paru-paru dunia karena pohon-pohon  di hutan dapat menghasilkan udara yang bersih

D. Akibat tidak Memelihara Lingkungan di sekitar

Banyak manfaat yang dapat kamu rasakan dari memelihara lingkungan dengan baik. Lalu, apa yang akan terjadi jika kamu tidak memelihara lingkungan dengan baik?

Lihatlah apa yang dilakukan anak tersebut, menurutmu, baikkah yang dilakukan anak tersebut?menjaga kelestarian alam

Tentu tidak baik bukan? Membuang sampah sembarangan merupakan perbuatan tidak baik, karena disamping dapat mengotori lingkungan.

Membuang sampah sembarangan terutama membuang sampah di selokan dapat menimbulkan bahaya banjir ketika musim penghujan tiba.

Lingkungan yang kotor tentu saja merupakan sumber bibit penyakit, seperti penyakit demam berdarah yang berasal dari nyamuk, menimbulkan pencemaran udara karena bau sampah, dan sebagainya.cara memelihara lingkungan alam dan buatan

Lingkungan yang kotor dapat menyebabkan tumbuhnya bibit penyakit mencret   Sekarang, apa dampaknya jika pohon-pohon di hutan ditebang dengan sembarangan? Apa yang akan terjadi?

Hutan merupakan paru-paru dunia. Hutan dapat menghasilkan udara yang bersih dan dapat menahan air tanah. Jika hutan rusak, akan timbul bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, dan kekeringan pada musim kemarau akan terjadi. Oleh karena itu, agar kita terhindar dari bencana-bencana tersebut, kita harus senantiasa menjaga kelestarian hutan.

Mari memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar agar kita terhindar dari bencana dan penyakit.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi