Mengenal Multimedia

Thursday, December 3rd, 2015 - Kelas 9 SMP, TIK

Mengenal Multimedia

Sesuai dengan asal katanya (multi = banyak dan media = sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu), multimedia bisa diartikan sebagai penggunaan beberapa media secara bersama-sama untuk menyampaikan informasi tertentu. Media apa saja? Media yang dimaksud adalah teks, gambar, animasi, suara, dan video. Apakah buku yang berisi teks dan dihiasi gambar-gambar juga termasuk peralatan multimedia? Sebenarnya, iya. Tetapi pengertian multimedia lebih ditujukan pada penggunaan berbagai media yang bisa ditangkap oleh indera yang berlainan secara bersama-sama. Contohnya teks bergambar (diterima indera penglihatan) yang disajikan secara interaktif melalui komputer (diterima indera peraba) dan diikuti dengan suara yang sesuai (diterima indera pendengaran).

Penggunaan multimedia sangat erat dengan komputer. Oleh karena itu, multimedia bisa didefinisikan sebagai penggunaan komputer untuk menyajikan aplikasi yang menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat menjelajah, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan, termasuk dalam dunia game komputer. Multimedia juga dimanfaatkan dalam dunia pendidikan dan bisnis. Dalam dunia pendidikan, multimedia cukup menarik sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai sarana memperkenalkan profil perusahaan atau profil produk, termasuk dalam kios informasi dan pelatihan-pelatihan.

Mengenal MultimediaMaterial multimedia yang bisa dijalankan komputer.

Penggunaan berbagai media secara bersamaan menyebabkan penerima informasi dapat menyerap lebih banyak informasi yang disampaikan. Jika seseorang memperoleh informasi melalui mendengar, setelah 3 hari dia hanya bisa mengingat 10% dari seluruh informasi. Jika dengan melihat saja, dia akan ingat 20%. Namun ketika dicoba melalui mendengar dan melihat secara bersama-sama, dia bisa mengingat hingga 65%. Itulah sebabnya, penyampaian informasi melalui komputer dan internet cenderung dikemas dalam bentuk multimedia interaktif. Contohnya dalam bentuk CD pembelajaran yang bisa kamu peroleh dari toko buku dan tampilan situs-situs web pendidikan.

Hampir semua komputer modern mampu menjalankan file multimedia. Coba perhatikan, untuk memiliki predikat “komputer multimedia”, sebuah komputer harus memiliki tempat penyimpanan data (harddisk, CD-ROM atau DVD ROM), peralatan input (keyboard, mouse, scanner, mikrofon), dan peralatan output (loudspeaker dan monitor), kartu grafis (VGA card, untuk menampilkan gambar ke layar monitor), dan kartu suara (sound card, untuk menghasilkan suara yang akan diteruskan ke loudspeaker). Hampir semua komputer telah dilengkapi dengan peralatan seperti itu. Selain itu, diperlukan perangkat lunak yang dapat menjalankan file multimedia, misalnya pemutar musik, pemutar video, pemutar animasi, pengolah presentasi, game, dan sebagainya.

Dulu, informasi berbentuk multimedia sering dikemas dalam bentuk CD untuk mempermudah distribusi. Saat ini, multimedia mulai disebarluaskan melalui internet. Bahkan peralatan lain juga mulai memiliki kemampuan memainkan multimedia, misalnya telepon genggam dan PDA. Sayangnya, penggunaan multimedia di internet membutuhkan bandwidth yang besar dan stabil. Padahal kebanyakan ISP di Indonesia belum bisa menyediakannya. Diharapkan, di masa depan penyampaian informasi dalam bentuk multimedia bisa dinikmati dengan baik melalui internet.

Untuk mengenal lebih jauh tentang multimedia, kamu bisa membaca situs-situs internet yang membahas tentang multimedia. Untuk mencari situs tersebut, manfaatkan mesin pencari di internet.

Selamat belajar, semoga materi tentang mengenal multimedia diatas mudah dipahami.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi