Mengenal Sistem Operasi Komputer

Wednesday, May 4th, 2016 - Kelas 7 SMP, TIK

Mengenal Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi bagaikan nyawa bagi komputer. Tanpa sistem operasi, kinerja komputer akan kacau. Komputer tidak akan dapat mengerjakan tugas yang kamu berikan dengan lancar.

1. Pengertian dan Tugas Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi adalah perangkat lunak (software) yang mengatur semua sumber daya dalam komputer. Sumber daya ini dapat berupa perangkat keras (hardware) maupun program aplikasi. Secara garis besar, tugas sistem operasi sebagai berikut.

  1. Sebagai penghubung antara pengguna dan program aplikasi.
    Sistem operasi juga bertugas sebagai penghubung antara pengguna komputer dan program-program yang ada dalam komputer. Nah, itulah sebabnya perintah yang diberikan pengguna dapat dimengerti komputer.
  2. Sebagai tempat meletakkan program aplikasi.
    Sistem operasi juga berperan sebagai tempat “menanamkan” program aplikasi. Sebagai contoh, suatu komputer menggunakan sistem operasi Microsoft Windows XP. Agar komputer dapat digunakan membuat gambar, kamu perlu menambahkan program aplikasi misalnya Adobe Photoshop . Nah, Adobe Photoshop ini tidak dapat diinstall jika belum ada sistem operasi di dalam komputer.
  3. Mengatur sistem kerja dalam komputer.
    Sistem kerja komputer akan kacau jika tidak ada sistem operasi. Ya, dewasa ini penggunaan komputer bersifat multitasking (digunakan untuk berbagai keperluan dalam satu saat). Misalnya kamu menggunakan komputer untuk membuka internet sekaligus mendengarkan lagu. Nah, jika tidak ada pengaturan atau pembagian sumber daya, kinerja komputer akan kacau.

2. Jenis Sistem Operasi Komputer

Di pasaran, kamu dapat menemukan berbagai macam sistem operasi. Di Indonesia, sistem operasi keluaran Microsoft paling banyak digunakan. Selain keluaran Microsoft, kamu dapat pula menggunakan sistem operasi Linux, Unix, atau Mac OS. Seperti apakah sistem-sistem operasi itu? Ayo, simak jawabannya dalam uraian berikut.

a. Microsoft Windows versi 95 hingga versi Vista

Dapat dikatakan bahwa sistem operasi produksi Microsoft ini telah merajai dunia. Microsoft telah mengeluarkan sistem operasi Microsoft Windows 95, Microsoft Windows 98, Microsoft Windows ME, Microsoft Windows 2000, Microsoft Windows NT, Microsoft Windows XP, Microsoft Windows Vista, dan Microsoft Server 2008.

Mungkin saat ini kamu sering mendengar istilah sistem operasi Microsoft Windows Vista. Sistem operasi ini dirilis sejak tahun 2007 sebagai pengganti Microsoft Windows XP. Meskipun demikian, Microsoft Windows XP masih banyak digunakan. Bahkan, menurut situs Wikipedia, pada bulan November 2008 Microsoft Windows XP menguasai sekitar 66.31% dari total penggunaan sistem operasi di dunia.

b. Sistem operasi Microsoft Disk Operating System (MS-DOS)

sistem operasi komputerSistem operasi MS-DOS dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft. Jika menggunakan MS-DOS, kamu harus mengetikkan teks yang mengartikan perintah tertentu. Kamu tidak boleh salah mengetikkan perintah. Jika salah, komputer tidak akan melakukan perintah yang kamu berikan. Dengan pemakaian yang lebih sulit dibanding pemakaian Microsoft Windows, sistem operasi MS-DOS kurang populer. Apalagi jika pengguna komputer masih baru. Meskipun begitu, MS-DOS memiliki manfaat tersendiri, misalnya untuk memeriksa jaringan internet.

jenis-jenis sistem operasi komputerSaat ini kamu masih dapat menjumpai sistem operasi MS-DOS. Biasanya sistem operasi ini disatukan dalam sistem operasi Windows.

c. Sistem Operasi Mac OS

Mac OS singkatan dari Macintosh Operating System. Sistem operasi ini kurang populer di Indonesia. Meskipun begitu, banyak pula pengguna sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Macintosh ini.

d. Sistem Operasi Linux

sistem operasi linuxMeskipun belum pernah melihat atau menggunakan, mungkin kamu akrab dengan istilah Linux. Ya, sistem operasi ini memang terkenal. Salah satu sebabnya adalah sistem operasi Linux bersifat open source. Open source artinya boleh digunakan, disebarkan, diubah, disalin, dan sebagainya. Akibatnya, kamu tidak akan dituduh sebagai pembajak sistem operasi. Sistem operasi Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991. Beliau adalah warga negara Finlandia.

e. Sistem Operasi Unix

pengertian sistem operasi komputerSistem operasi Unix diciptakan untuk jaringan komputer. Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan cara ini komputer-komputer tersebut dapat bertukar data atau menggunakan printer bersama. Unix diciptakan oleh perusahaan AT&T Bell Laboratories.

Semoga materi mengenal sistem operasi komputer diatas memberikan wawasan pada kita dalam mempelajari TIK.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi