Menggunakan Mesin Pencari

Tuesday, November 24th, 2015 - Kelas 9 SMP, TIK

Menggunakan Mesin Pencari

Dengan mesin pencari, pengguna internet dapat memperoleh daftar situs yang memuat informasi tertentu sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Mengapa mesin pencari bisa mengerti database internet yang sedemikian besar dan terus bertambah? Setiap mesin pencari mempunyai metode pencarian tertentu yang disebut algoritma pencarian. Karena internet terus berkembang, mereka juga terus menerus memperbarui database mesin pencari.

Mesin Pencari Populer

Berbagai mesin pencari di internetDi internet tersedia lebih dari 50 situs mesin pencari yang bisa digunakan untuk mencari informasi yang kamu butuhkan. Beberapa mesin pencari yang populer adalah sebagai berikut.

1. Google (www.google.com)

Google merupakan mesin pencari yang paling populer. Kelebihan mesin pencari yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin dari Universitas Stanford ini adalah layoutnya yang ringkas, cepat, dapat memperkirakan apa yang dicari pengguna, dan didukung database yang sangat besar. Google juga memanfaatkan database dari mesin pencari lain, semisal Yahoo!. Jika informasi yang kamu cari tidak ditemukan di database Google, pencarian dilanjutkan di database Yahoo!. Google juga bisa digunakan untuk mencari informasi dalam bentuk file PDF, Word, Excel, PowerPoint, teks (RTF), dan lain-lain. Google menggunakan sistem rangking (page rank) untuk mengurutkan hasil pencarian. Artinya situs yang paling sering dikunjungi akan berada di urutan teratas.

2 . Yahoo! (www.google.com)

Yahoo! sebenarnya merupakan situs portal yang menyediakan fasilitas mesin pencari. Portal artinya pintu gerbang. Halaman depan (homepage) Yahoo! berisi link-link ke sejumlah informasi yang cukup memenuhi kebutuhan pengguna internet. Yahoo! juga menyediakan fasilitas direktori. Mesin pencari Yahoo! memiliki database yang sangat besar. Seperti halnya Google, fasilitas pencarian Yahoo! juga mengandalkan database mesin pencari yang lain, semisal Google.

3 . MSN Live Search (www.live.com)

MSN sebenarnya juga situs portal perusahaan besar Microsoft Corp. MSN Live Search merupakan mesin pencari yang mengindeks situs web pada umumnya, termasuk deep web. MSN Live Search memberi fasilitas untuk mencari informasi dari situs lokal (misalnya hanya situs dari Indonesia), layanan berita-berita terbaru, dan layanan tanya jawab.

4 . Altavista (www.altavista.com)

Altavista diluncurkan oleh perusahaan Digital Corp. Mesin pencari ini dapat mencari informasi dari web dan artikel-artikel di Usenet. Untuk memperoleh hasil pencarian yang spesifik, Altavista menggunakan logika boolean (AND, OR, NOT, NEAR) dalam menuliskan kata kuncinya. Mesin pencari ini juga mempunyai fasilitas spelling checker yang bisa membetulkan penulisan kata kunci yang keliru. Ada juga fasilitas terjemahan (translate) yang mendukung bahasa tertentu.

5. Lycos (www.lycos.com)

Lycos merupakan situs portal seperti Yahoo! dan MSN. Mesin pencari buatan Carnegie Mellon University ini bisa menemukan situs deep web selain situs web umum. Di dalamnya tersedia sarana pencarian orang, gambar, video, bisnis, dan berita.

6. Alexa (www.alexa.com)

Alexa menampilkan informasi hasil pencarian berdasarkan indeks yang ada dimilikinya dan menyusunnya berdasarkan ranking, jumlah link yang menuju ke situs tersebut, dan kepemilikan situs. Yang menarik, mesin pencari ini, menampilkan gambar halaman web dalam daftar hasil pencariannya.

Pada saat ini, Google merupakan mesin pencari yang paling populer. Apalagi Google dapat diintegrasikan dengan browser Mozilla Firefox yang cukup banyak penggemarnya. Google juga membuat versi lokal di tiap-tiap negara sehingga kemampuan pencariannya lebih akurat. Contohnya untuk Indonesia disediakan situs www.google.co.id. Oleh karena itu, Google akan digunakan sebagai contoh pencarian dalam pembahasan ini.

Feature Mesin Pencari

Mesin pencari GoogleBagaimana menggunakan Google untuk menemukan informasi? Misalnya kamu ingin mencari informasi tentang nilai gizi beras merah. Pertama-tama, buka situs Google Indonesia sehingga tampil halaman situs. Perhatikan beberapa elemen yang terkait dengan pencarian informasi, yaitu sebagai berikut.

  1. Kategori
    Bagian ini digunakan untuk menentukan kategori pencarian yang akan digunakan. Pilihan Web digunakan untuk menampilkan informasi yang berbentuk situs web. Pilihan Gambar digunakan jika ingin mencari informasi berbentuk gambar. Pilihan Grup digunakan untuk mencari informasi dalam grup yang disediakan Google, misalnya grup berita, kesehatan, orang, sekolah dan universitas, bisnis, dan lainnya. Pilihan Buku dimaksudkan untuk mencari informasi yang ada dalam buku, khususnya buku yang diresensi oleh Google. Pilihan Blog digunakan untuk mencari informasi dalam blog yang dikelola Google, yaitu blogger.com. Pilihan Gmail digunakan untuk mengakses layanan e-mail yang dikelola Google, yaitu Google Mail atau Gmail.
  2. Kotak pencarian
    Bagian ini adalah tempat penulisan kata kunci dari informasi yang ingin dicari.
  3. Tombol pencarian
    Tombol Telusuri dengan Google digunakan untuk memulai proses pencarian. Jika kamu klik tombol Saya Lagi Beruntung, pencarian akan dimulai dan langsung membuka halaman situs yang menempati posisi pertama.
  4. Pilihan penelusuran
    Bagian ini digunakan untuk memilih agar Google mencari situs web di seluruh dunia ataukah hanya situs (laman) yang berada di Indonesia.
  5. Pengaturan pencarian spesifik
    Halaman penelusuran lanjutan Google untuk mengatur pencarian spesifikPencarian spesifik digunakan untuk melakukan pencarian dengan kategori tertentu. Melalui fasilitas ini, kamu bisa “memaksa” agar Google hanya menampilkan situs yang membahas kata kunci tertentu. Melalui fasilitas ini, kamu juga bisa mengatur Google agar hanya menampilkan situs dengan bahasa tertentu, dengan format file tertentu, pencarian di situs tertentu, dan pengaturan spesifik lainnya. Kamu cukup dari daftar pilihan yang tersedia.

Hal Yang Perlu diperhatikan Dari Mesin Pencari

Halaman hasil pencarian GoogleMisalnya kamu memasukkan kata kunci beras merah di kotak pencarian dan memilih hanya situs dari Indonesia. Beberapa elemen yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

  1. Statistik hasil pencarian
    Bagian ini menampilkan data-data hasil pencarian seperti jumlah situs yang ditemukan, kata kunci yang dipakai, dan lama waktu pencarian.
  2. Judul halaman
    Menampilkan judul halaman web yang informasi yang berhasil ditemukan. Bila halaman web tidak mempunyai judul, maka yang ditampilkan adalah nama situsnya.
  3. Isi halaman
    Bagian ini menampilkan sebagian isi halaman web yang mengandung kata kunci yang digunakan. Teks yang dicetak tebal menunjukkan kata kuncinya.
  4. Alamat URL
    Bagian ini menampilkan alamat URL dari halaman web yang ditemukan.
  5. Ukuran file
    Menampilkan informasi ukuran file dokumen dari halaman web yang ditemukan.
  6. Tembolok
    Bagian ini menampilkan salinan halaman web yang disimpan server Google ketika sedang melakukan indeks di halaman situs tersebut. Jika halaman web gagal dibuka (misalnya karena telah dihapus atau dipindahkan alamatnya), maka versi lama dari halaman situs tersebut bisa ditampilkan dengan klik link Tembolok.
  7. Halaman sejenis
    Jika diklik, bagian ini akan menampilkan situs lain yang mirip dengan situs yang ditemukan, misalnya dari situs web yang sama (namun beda URL) atau yang situs mempunyai link dengan situs tersebut.
  8. Jenis file
    Menampilkan jenis file yang berisi informasi sesuai dengan kata kunci. Bila Google menampilkan jenis filenya, maka file ini bisa diunduh dan dibuka dengan program yang sesuai. Misalnya file PDF bisa dibuka dengan Adobe Reader, file DOC dengan Microsoft Word, file PPT dengan Microsoft PowerPoint, file XLS dengan Microsoft Excel, dan sebagainya.
  9. Halaman dari situs yang sama
    Bagian ini menampilkan halaman dengan alamat situs web yang sama dengan halaman web hasil pencarian dokumen di atasnya.
  10. Lebih banyak hasil
    Bagian ini menampilkan lebih banyak hasil pencarian, khususnya bila dalam satu alamat situs web ditemukan lebih dari dua dokumen yang sama.

Di halaman pertama ini disajikan 10 situs yang mengandung kata kunci yang diisikan. Untuk memilih situs akan dibuka, bacalah judul halaman dan cuplikan isi halaman web. Perhatikan pula situs yang memuatnya. Bila telah menemukan situs yang sesuai, klik link tersebut untuk membuka halaman webnya.

Link untuk menampilkan hasil pencarian berikutnyaBila sepuluh daftar link di halaman pertama ini tidak ada yang relevan, lanjutkan ke halaman berikutnya dengan klik link Next atau klik angka yang ada di bawah daftar hasil pencarian. Kalau hasil pencarian sangat banyak namun tidak ada yang sesuai, gunakan kata kunci yang berbeda atau yang lebih spesifik. Untuk hasil yang lebih spesifik, gunakan metode penelusuran lanjut.

Mencari informasi berupa gambar dengan GoogleBagaimana jika ingin mencari gambar-gambar beras merah? Gunakan kategori Gambar yang disediakan Google untuk mencari informasi dalam bentuk gambar. Klik link Gambar untuk mengaktifkan fasilitas pencarian gambar, lalu masukkan kata kuncinya dan klik tombol Telusuri Gambar. Pilihlah gambar yang sesuai dan mempunyai ukuran yang cukup besar. Klik gambar tersebut untuk membuka halaman situs web yang memuatnya. Setelah halaman web terbuka, kamu bisa menyimpan gambar itu.

Setiap mesin pencari mempunyai algoritma pencarian yang berbeda-beda. Akibatnya, dengan kata kunci yang sama bisa memperoleh hasil yang berbeda. Tak ada salahnya bila kamu menggunakan beberapa mesin pencari sekaligus.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi