Motif Batik Nusantara

Monday, July 27th, 2015 - Kelas 10 SMK, SMK Kriya Tekstil

Motif batik nusantara sangat beragam dan memiliki keindahan tersendiri untuk setiap motifnya. Motif batik selain memiliki keindahan juga memiliki arti dan makna tersendiri dari motif batik tersebut. Setiap motif memiliki arti dan makna untuk orang menggunakan kain batik tersebut.

Jenis Motif Batik Nusantara

Motif batik nusantara dibuat dengan beberapa metode yaitu dengan metode tulis tangan atau sering sebut dengan nama batik tulis, kemudian batik dengan cara pembuatan dengan cara di cap atau disebut dengan nama batik cap.

Motif Batik Parang Rusak Barong

Motif Batik Parang Rusak BarongMotif batik parang rusak (batik tulis)

Motif batik parang rusak pada umumnya digunakan sebagai kain panjang, unsur motif yang terkandung dalam batik ini adalah parang dan mlinjon.

Filosofi Motif Batik Parang Rusak Barong

Parang berarti senjata yang menggambarkan Teknik Batik kekuasaan, kekuatan, dan kecepatan gerak. Ksatria yang menggunakan batik ini kuat dan limpat (dapat  bergerak dengan gesit).

Motif Batik Truntum

Motif Batik TruntumMotif batik truntum (batik tulis)

Motif batik truntum biasa digunakan pada acar pernikahan. Motif batik truntum adalah salah satu jenis batik yang dibuat secara manual dengan teknik tulis atau biasa disebut sebagai batik tulis.

Filosofi Motif Batik Truntum

Motif batik truntum memiliki filosofi : Truntum berarti menuntun. Diharapkan si pemakai (orang tua mempelai berdua) mampu memberi petunjuk/contoh kepada kedua putra-putrinya untuk memasuki kehidupan baru berumah tangga yang penuh liku-liku.

Motif Batik Kawung

Motif Batik KawungMotif batik kawung (batik tulis)

Motif batik kawung biasa digunakan sebagai kain panjang. Motif batik kawung disusun dari motif geometris sedemikian rupa hingga membentuk motif batik kawung.

Filosofi Motif Batik Kawung

Motif batik kawung ini dipakai oleh raja dan keluarga dekatnya Sebagai lambang keperkasaan dan keadilan. Empat bulatan dengan sebuah titik pusat juga melambangkan raja yang didampingi pembantunya.

Motif Batik Sidomukti

Motif Batik SidomuktiMotif batik sidomukti (batik tulis)

Motif batik sidomukti biasa digunakan sebagai kain panjang. Motif batik sidomukti terdiri dari unsur Lar dan Candi yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk motif sidomukti.

Filosofi Motif Batik Sidomukti

Motif ini berarti darma, kemakmuran dan melindungi Teknik Batik buminya, yang mempunyai harapan/tujuan baik. Digunakan dalam upacara panggih pengantin.

Motif Batik Semen Romo

Motif Batik Semen RomoMotif batik semen romo (batik tulis)

Motif batik semen romo biasa digunakan sebagai kain panjang. Motif batik semen romo disusu dari unsur lar dan meru yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk motif batik semen romo.

Filosofi Motif Batik Semen Romo

Motif ini berarti bersifat darma, adil terhadap sesama, teguh hati, berjiwa luhur, tidak “adigang-adigung” dan ada kesaksian melawan musuh.

Motif Batik Gumin Tambun

Motif batik gumin tambunMotif batik gumin tambun (batik cap)

Motif batik gumin tambun biasa digunakan sebagai selendang bagi kaum wanita. Motif batik gumin tambun dibuat dengan cara cap oleh karena itu biasa disebut dengan batik cap.

Filosofi Motif Batik Gumin Tambun

Gumin Tambun adalah ukiran yang ditempatkan pada daun pintu rumah. Ukiran ini menurut mitologi Hindu Kaharingan mempunyai kekuatan sebagai pengikat bagi harta kekayaan, jika harta ini masuk akan sulit keluar, disamping itu juga sebagai simbol kelembutan budi luhur pemiliknya terhadap siapapun yang masuk ke rumah itu.

Motif Batik Tatu Payung

Motif batik tatu payung ini digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian baik untuk pria maupun wanita. Motif batik ini dibuat dengan cara cap seperti batik gumin tambun.

Filosofi Motif Batik Tatu Payung

Tatu Payung adalah suatu ukiran pada papan kecil yang dibuat sebelum orang menanam padi. Pembuatannya dilakukan di ladang. Selanjutnya ukiran ini ditaruh pada sarang bibit, agar nanti padi berbuah dengan baik mendapat hasil yang banyak.

Motif Batik Lebah Bergantung

Motif batik lebah bergantungMotif batik lebah bergantung (batik cap)

Motif batik lebah bergantung ini biasa digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian pria maupun wanita. Motif batik lebah bergantung dibuat dengan metode cap sehingga disebut dengan batik cap. Motif batik lebah bergantung dibuat dari unsur lebah bergantung, bunga hutan, pucuk pakis.

Filosofi Motif Batik Lebah Bergantung

Memakai hiasan lebah bergantung berombak-ombak dipandang mata, hidup sentosa tolong menolong, jauh dari segala aib dan nista.

Motif Batik Modern

Kombinasi antara lilin pada kain dan pewarnaan menghasilkan suatu corak. Hasil corak baru yang dibuat secara spontan ini disebut dengan macam-macam nama, antara lain: batik modern, batik painting, batik gaya bebas, batik tanpa pola atau batik abstrak. Pemakaiannya terutama sebagai hiasan dinding, kemudian dipakai pula sebagai kemeja, rok dan ada pula yang diubah khusus untuk kain nyamping wanita.

Motif batik modernMotif batik modern

Salah satu contoh batik modern dipakai sebagai hiasan dinding. Goresan lilin pada kain dengan kuas menghasilkan komposisi yang unik setelah dipadukan dengan warna.

Motif batik modern untuk hiasan dindingMotif batik modern untuk hiasan dinding

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi