Mutagen Biologi Kelas 12 SMA

Friday, September 18th, 2015 - Biologi, Kelas 12 SMA

Mutagen merupakan segala sesuatu yang menyebabkan terjadinya mutasi. Buah semangka tanpa biji yang dihasilkan tersebut terjadi akibat dari perlakuan manusia dengan menggunakan bahan kimia yang berupa kolkisin. Hal ini dilakukan karena manusia ingin mengambil manfaat dari peristiwa ini. Anda tentu akan lebih senang makan buah semangka tanpa biji bukan? Usaha-usaha lain yang dilakukan oleh manusia untuk dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari masih banyak sekali.

Zat kimia kolkisin yang disebutkan di atas disebut mutagen, karena dapat menyebabkan perubahan sifat pada buah semangka. Jadi apakah mutagen itu? Mutagen dapat dibedakan berdasarkan faktor penyebabnya.

1. Mutagen Biologi

Mutagen biologi merupakan mutagen yang terdiri atas makhluk hidup. Mutagen biologi ini antara lain berupa virus dan bakteri.

Virus dapat menyebabkan mutasi dan merugikan pada manusia, di antaranya virus rubella yang dapat menyebabkan kerusakan pada jantung, mata (katarak), dan telinga (tuli). Selain itu, virus hepatitis juga dapat menyebabkan aberasi pada darah dan sumsum tulang sehingga dapat menyebabkan terjadinya peristiwa mutasi.

2. Mutagen Kimia

utagen kimia disebabkan oleh bahan kimia, antara lain kolkisin, antibiotik, alkohol, asam nitrit, aminopurin, alkilase, dan lain-lain.

Akibat dari mutagen kimia dapat dijumpai dalam kehidupan seharihari, antara lain:

  1. menyebabkan gangguan mental;
  2. terjadinya mikrosefalur (kepala kecil);
  3. terganggunya proses replikasi DNA;
  4. terjadinya kerusakan kromosom;
  5. timbulnya adiksi fisiologis (ketagihan).

Konsumsi minuman teh, kopi, maupun coklat juga dapat menyebabkan adiksi fisiologis. Penggunaan MSG pada makanan juga menjadikan kerusakan pada kromosom manusia.

3. Mutagen Fisika

Mutagen fisika terdiri atas bahan-bahan berikut.

a. Radiasi Peng-ion

Mutagen FisikaRadiasi peng-ion dapat dilihat pada gambar disamping. Pada tersebut terlihat hilangnya suatu elektron yang menyebabkan atom menjadi bermuatan listrik. Atom demikian dikenal sebagai ion. Atom-atom yang mengambil elektron juga akan menjadi ion-ion. Radiasi pengion terdiri atas unsur-unsur berikut.

  1. Zat radioaktif
    Zat radioaktif ini secara alami dapat berasal dari kerak bumi. Zat-zat tersebut adalah uranium, thorium, dan radium.
  2. Sinar X
    Sinar X biasa digunakan di rumah sakit. Radiasi sinar X yang berasal dari peralatan diagnostik medis bertujuan untuk pengobatan, tetapi pada dosis yang berlebih sinar X dapat mengakibatkan kerugian. Kerugian yang terjadi misalnya kanker dan dampak yang dapat diwariskan.
  3. Sinar kosmis
    Sinar kosmis berasal dari matahari dan dalam jangka waktu tertentu dapat bersifat merugikan.
  4. Proton dan netron b

b. Radiasi Bukan Peng-ion

Radiasi bukan peng-ion berasal dari hal-hal berikut.

  1. Sinar ultraviolet
    Sinar ultraviolet berasal dari matahari. Sinar ultraviolet dapat menyebab kan terjadinya kanker kulit.
  2. Suhu tinggi
    Mutasi akan terjadi semakin cepat bila suhu tinggi. Peningkatan suhu sebesar 10o C akan menambah kecepatan mutasi menjadi 2 – 3 kali lipat.

Dari uraian diatas dapat disimpulokan bahwa mutagen merupakan segala sesuatu yang menyebabkan terjadinya mutasi.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi