Olahraga Lari

Friday, November 13th, 2015 - Kelas 7 SMP, Penjaskes

Olahraga lari adalah gerakan melangkah dengan kecepatan tinggi. Cabang olahraga lari dibagai menjadi 3 nomor, yaitu nomor lari jarang pendek, lari jarak menengah, dan lari jarak jauh dan sebagainya. Biasanya, cabang atletik ini dilakukan di sebuah lapangan yang disebut track and fields atau lintasan dan lapangan.

lapangan olahraga lariLapangan track and field

Olahraga Lari

Nomor-nomor dalam lari terdiri atas:

  1. Lari jarak pendek:
    a. putra: 100 m, 200 m, dan 400 m
    b. putri: 100 m, 200 m, dan 400 m
  2. Lari jarak menengah:
    a. putra: 800 m, 1.500 m, 3.000 m (special chosse)
    b. putri: 800 m, 1.500m, 3.000 m
  3. Lari jarak jauh putra: 5.000 m, 10.000 m
  4. Jalan cepat:
    a. putra: 10 km, 20 km
    b. putri: 5 km, 10 km
  5. Lari estafet:
    a. putra: 4 × 100 m, 4 × 400 m
    b. putri: 4 × 100 m, 4 × 400 m
  6. Lari gawang:
    a. putra: 110 m, 400 m
    b. putri: 100 m, 400 m
  7. Lari maraton putra/putri: 42,195 km

Pembahasan lari kali ini tentang lari jarak pendek. Hal-hal yang harus dipelajari dalam lari jarak pendek (sprint) adalah teknik start, gerakan lari, dan gerakan masuk finis. Bagi seorang pelari jarak pendek (sprinter) kunci pertama adalah menguasai teknik start. Keterlambatan start atau ketidakcermatan dalam melakukan start akan merugikan pelari itu sendiri.

1. Teknik Dasar Lari Jarak Pendek

Aba-aba bersedia, badan dibungkukkan, kedua tangan diletakkan di belakang garis start. Aba-aba siap, lutut diangkat, kedua kaki sedikit bergerak, pandangan ke depan pendek. Aba-aba yaa atau bunyi pistol, secara refleks bertolak ke depan.

sepatu lariStart lari jarak pendek

  1. Sikap melangkah
    Kaki diangkat lalu ditekuk secara bergantian, kaki digerakkan ke depan, jari-jari kaki sempit.
  2. Sikap badan
    Sikap badan bergerak ke depan, kaki menumpu dan mendorong pinggul ke depan.
  3. Sikap tangan
    Kedua tangan mengayun mengimbangi gerakan kedua kaki.
  4. Pandangan
    Pandangan ke arah depan ± 10 m.

2. Start lari

Start dalam nomor lari terbagi menjadi 3 macam, yaitu:

  1. Start berdiri (standing start)
    Start berdiri digunakan dalam lari jarak menengah dan jarak jauh.
  2. Start melayang (flying start)
    Start melayang digunakan oleh pelari II, III, dan IV lari dalam lari estafet 4 × 100 m.
  3. Start jongkok (cruched start)
    Start jongkok digunakan dalam lari jarak pendek.
    Start jongkok terbagi menjadi 3 macam start, yaitu:

    1. Start pendek (bunch start)
    2. Start menengah (medium start)
    3. Start panjang (long start)

Cara melakukan start jongkok:

  1. Lutut kaki belakang diletakkan pada ujung kaki yang di depan dengan jarak satu kepal tangan.
  2. Kedua lengan lurus sejajar dengan bahu. Telapak tangan (jari-jari) letakkan di belakang garis start.
  3. Pandangan lurus ke depan lintasan.
  4. Berat badan berada di kedua tangan. Pada saat aba-aba, ya memindahkan gerak ke depan. Aba-aba start: bersedia, siap, ya! (bunyi pistol/peluit). Secara refleks melesat bertolak ke depan.

manfaat olahraga lariStart jongkok

3. Teknik Lari

Teknik lari dilakukan dengan cara:

  1. Langkah atau gerakan kaki selebar dan secepat mungkin.
  2. Pendaratan kaki pada ujung telapak kaki.
  3. Sikap badan condong ke depan.

4. Akhir Lari/Finis

Finis adalah penyelesaian akhir lari. Ada 3 macam cara untuk masuk finis, yaitu:

  1. Lari terus tanpa berhenti tanpa mengurangi kecepatan.
  2. Pada saat menyentuh pita dada dicondongkan ke depan dan kedua tangan diayun ke belakang.
  3. Pada saat menyentuh bola, dada diputar dengan ayunan tangan ke depan.

Selamat belajar, semoga materi olahraga lari diatas dapat dipahami dan mudah dipraktikan.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi