Pelaku-Pelaku Ekonomi IPS SMP Kelas 8

Tuesday, September 1st, 2015 - IPS, Kelas 8 SMP

Banyak pelaku-pelaku ekonomi yang melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi tersebut dengan tujuan mencapai kemakmuran. Siapa saja pelaku-pelaku ekonomi tersebut? Dan kegiatan ekonomi apa yang dilakukan? Untuk mempermudah mempelajari pelaku-pelaku ekonomi, maka pada materi ini, kita akan mempelajari: pelaku-pelaku ekonomi rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, pemerintah serta peran dan fungsi masingmasing.

Setiap hari kita membutuhkan makan, minum, pakaian, dan kebutuhan-kebutuhan yang lain. Mengapa manusia mempunyai kebutuhan yang banyak dan bermacam-macam? Ya karena manusia adalah makhluk homoekonomikus yaitu makhluk yang mempunyai kebutuhan dan berusaha memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.

Pelaku-Pelaku Ekonomi

1. Rumah tangga

Pelaku ekonomi yang paling sederhana adalah rumah tangga keluarga. Rumah tangga pada umumnya terdiri dari bapak, ibu, anak dan anggota keluarga yang lainnya. Rumah tangga keluarga melakukan kegiatan ekonomi untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga. Ada beberapa macam rumah tangga keluarga yang dapat dibedakan berdasarkan :

  1. Jumlah anggota
    Berdasarkan jumlah anggota keluarganya, rumah tangga keluarga dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu:

    1. Rumah tangga kecil, yaitu rumah tangga yang anggotanya tidak lebih dari 5 orang, yang biasanya terdiri dari ayah, ibu dan 3 orang anak.
    2. Rumah tangga besar, yaitu rumah tangga yang anggotanya terdiri lebih dari 5 orang. Rumah tangga besar terdiri dari ayah, ibu, beberapa anak dan beberapa anggota keluarga yang lain seperti nenek, kakek, pembantu rumah tangga dan keponakan.
  2. Status ekonomi
    Berdasarkan status ekonominya, rumah tangga keluarga dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

    1. Keluarga pra sejahtera, yaitu keluarga yang tidak dapat mencukupi kebutuhan primer.
    2. Keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang dapat mencukupi kebutuhan primer dan sekunder.
    3. Keluarga kaya, yaitu keluarga yang dapat mencukupi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
  3. Tempat tinggal
    Berdasarkan tempat tinggalnya, rumah tangga dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu:

    1. Rumah tangga kota, yaitu rumah tangga yang hidupnya di kota, baik kota besar maupun kota kecil.
    2. Rumah tangga daerah/desa, yaitu rumah tangga yang hidupnya di desa, pegunungan, tepi pantai, dan daerah terpencil lainnya.

    Untuk menopang kegiatan ekonomi rumah tangga, setiap keluarga melakukan usaha dengan mendirikan usaha sendiri maupun bekerja kepada orang lain, sehingga melahirkan beberapa profesi antara lain:Pelaku-Pelaku Ekonomi IPS SMP Kelas 8

    1. Petani yaitu orang yang peker jaannya menanam tanaman atau mengelola makhluk hidup yang lainnya. Termasuk dalam golongan petani adalah pekebun, peternak, petambak dan lain-lainnya.
    2. Nelayan yaitu orang yang pekerjaannya mencari ikan di laut atau di danau.
    3. Pedagang yaitu orang yang pekerjaannya membeli dan menjual barang-barang dagangan untuk mendapatkan keuntungan. Pedagang terdiri dari pedagang besar, pedagang kecil, pedagang kaki lima, pedagang asongan, pedagang keliling dan lain-lain.
    4. Penjual jasa yaitu orang yang menjual jasanya kepada orang lain dengan mendapatkan imbalan. Yang termasuk penjual jasa antara lain: penjahit, tukang service peralatan elektronik, tukang service sepeda motor, makelar, akuntan publik, pengacara dan lain-lain.
    5. Pegawai yaitu orang yang bekerja pada orang lain/perusahaan dengan mendapatkan gaji tetap. Yang termasuk pegawai adalah: guru, karyawan kantor, polisi,  tentara,  jaksa, hakim, dokter, perawat dan lain-lain
    6. Buruh yaitu orang yang bekerja pada orang lain/perusahaan dengan pendapatan yang tidak tetap sesuai dengan volume kerjanya. Yang termasuk buruh antara lain: sopir, tukang batu, buruh bangunan, buruh tani, tukang cuci dan lain-lain.
    7. Pengusaha yaitu orang yang mempunyai perusahaan baik besar maupun kecil yang mendapatkan penghasilan dari keuntungan hasil usahanya.
    8. Pejabat yaitu orang yang memangku jabatan baik di lembaga pemerintah maupun lembaga swasta seperti: lurah/kepala desa, camat, bupati, gubernur, presiden, menteri, direktur, manager dan lain-lain.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi