Pelaku-Pelaku Ekonomi IPS SMP Kelas 8

Friday, January 11th, 2019 - IPS, Kelas 8 SMP

2. Masyarakat

Setiap keluarga bertempat tinggal di suatu daerah atau kawasan. Keluarga-keluarga yang mendiami suatu daerah akan membentuk masyarakat yang mempunyai kepentingan dan tujuan bersama. Organisasi-organisasi kemasyarakatan banyak didirikan oleh anggota masyarakat berdasarkan landasan dan tujuan tertentu diantaranya:

  1. Berdasarkan tempat  tinggal
    Organisasi masyarakat yang didirikan berdasarkan tempat tinggalnya dapat dibedakan menjadi beberapa macam  antara lain:

    1. RT (Rukun tetangga), yaitu organisasi kemasyarakatan yang anggotanya terdiri dari beberapa rumah tangga keluarga yang dipimpin oleh seorang ketua RT.
    2. RW (Rukun warga), yaitu organisasi kemasyarakatan yang anggotanya terdiri dari beberapa RT yang dipimpin oleh seorang ketua RW.
    3. Karang taruna, adalah organisasi kepemudaan yang anggotanya para pemuda dalam suatu kelurahan. Kegiatan utama karang taruna adalah membina para pemuda dengan berbagai macam keterampilan.
  2. Berdasarkan agama/kepercayaan
    Selain berdasarkan tempat tinggalnya, organisasi kemasyarakatan dapat didirikan berdasarkan kesamaan agama atau kepercayaan. Berdasarkan agama atau kepercayaannya, organisasi kemasyarakatan terdiri dari beberapa macam antara lain: jamaah masjid, remaja pencinta masjid, muda-mudi Katholik (mudika). Untuk tingkat nasional, organisasi keagamaan terdiri dari: MUI (Majelis Ulama Indonesia), PGI (Persatuan Gereja Indonesia), Walubi (Wali Budha Indonesia).
  3. Berdasarkan profesi
    Berdasarkan kesamaan profesinya, masing-masing orang mendirikan perkumpulan sehingga menjadi suatu masyarakat sendiri. Perkumpulan yang didirikan berdasarkan kesamaan profesinya antara lain:Guru merupakah salah satu pelaku ekonomi berdasarkan profesi

    1. Persatuan guru republik Indonesia (PGRI).
    2. Ikatan dokter Indonesia (IDI).
    3. Ikatan akuntan Indonesia (IAI).
    4. Himpunan kerukunan tani Indonesia (HKTI).
    5. Persatuan insinyur Indonesia (PII).
    6. Korps pegawai republik Indonesia (Korpri).
  4. Berdasarkan hobi
    Setiap orang mempunyi hobi yang berbeda-beda, namun seringkali orang-orang yang mempunyai hobi yang sama berusaha menyalurkan hobinya dengan membentuk organisasi kemasyarakat. Banyak organisasi kemasyarakatan yang didirikan berdasarkan kesamaan hobi antara lain: pencinta lingkungan, penyayang binatang, pencinta bunga, pecinta burung, pecinta barang seni dan lain-lain.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi