Pelaku-Pelaku Ekonomi IPS SMP Kelas 8

Friday, January 11th, 2019 - IPS, Kelas 8 SMP

4. Perusahaan

Pernahkah Anda berkunjung ke suatu pabrik? Seperti pabrik gula, pabrik semen, pabrik kertas atau pabrik yang lain? Apa yang dikerjakan oleh para karyawan di pabrik tersebut? Dilihat dari sudut ekonomi, termasuk kegiatan apa yang dilakukan oleh karyawan tersebut? Apakah sama kegiatan yang dilakukan oleh para pekerja di pabrik dengan kegiatan para karyawan di kantor yang memiliki pabrik tersebut? Di pabrik para karyawan melakukan kegiatan produksi, yaitu kegiatan menciptakan atau meningkatkan nilai guna barang. Kegiatan produksi membutuhkan tempat. Tempat yang digunakan untuk melakukan kegiatan produksi disebut perusahaan/pabrik. Jadi, perusahaan adalah organisasi usaha yang bertujuan menghasilkan barang dan jasa atau menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen. Contoh: pabrik pupuk, toko buku, bank, dan lain-lain.

Perusahaan biasanya didirikan oleh lembaga tertentu yang mempunyai modal yang disebut badan usaha, jadi badan usaha adalah kesatuan yuridis dan ekonomi yang menggunakan faktorfaktor produksi dalam perusahaan untuk mendapatkan laba.

Kesatuan yuridis artinya badan usaha adalah suatu kesatuan yang secara hukum mempunyai hak dan kewajiban tersendiri terpisah dari pemiliknya atau badan usaha yang lain. Kesatuan ekonomi artinya badan usaha mempunyai tujuan utama mencari laba.

Perbedaan antara perusahaan dengan badan usaha

Orang sering menganggap sama antara perusahaan dan badan usaha. Dari pengertian di atas, kita dapat membedakan pegertian perusahaan dan badan usaha. Dilihat dari tujuan, fungsi, dan bentuknya, perusahaan mempunyai perbedaan dengan badan usaha sebagai berikut:

Perbedaan antara perusahaan dengan badan usaha

Perusahaan yang merupakan alat yang digunakan oleh badan usaha untuk mendapatkan laba dapat dibedakan berdasarkan jenis usahanya menjadi 5 yaitu:

a. Perusahaan ekstratif

Yaitu perusahaan yang usahanya mengambil secara langsung benda-benda yang tersedia di alam. Ciri-ciri perusahaan ekstratif, antara lain:

  1. Mengambil barang-barang dari alam.
  2. Kegiatan utamanya adalah eksplorasi.
  3. Hasil usaha yang dijual kepada pihak lain adalah barang alami.
  4. erikat dengan alam.

Contoh :

  • perusahaan pertambangan
  • perusahaan penangkapan ikan laut
  • perusahaan garam, dll

b. Perusahaan agraris

Yaitu perusahaan yang usahanya mengolah tanah pertanian/perkebunan untuk ditanami tumbuh-tumbuhan agar menghasilkan bahan-bahan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Ciri-ciri perusahaan agraris antara lain:

  1. Usaha utamanya mengolah alam baik makhluk mati maupun makhluk hidup.
  2. Terikat dengan alam (makluk hidup atau mati).
  3. Hasil usaha yang dijual kepada pihak lain berupa hasil olahan alam.
  4. Terikat dengan musim.

Perusahaan agraris meliputi bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan.
Contoh:

  • pertanian padi, jagung, kedelai, gandum dll
  • perkebunan karet, kelapa sawit, coklat, kopi dll
  • peternakan ayam, sapi, kambing, puyuh dll
  • perikanan lele, bandeng, nila, mujair dll

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi