Pengertian Bisnis Perhotelan SMK Perhotelan Kelas 10

Tuesday, September 22nd, 2015 - Kelas 10 SMK, SMK Pariwisata

Pengertian bisnis perhotelan dapat dikutip dari pengertian kata hotel. Dimana “hotel” memiliki pengertian yang beragam menurut beberapa referensi. Berikut pengertian hotel berdasarkan beberapa referensi tersebut.

Pengertian Bisnis Perhotelan SMK Perhotelan Kelas 10

Pengertian Bisnis Perhotelan

Berikut ini dikutif beberapa pengertian  hotel :

a. Pengertian Bisnis Perhotelan Menurut Kamus Oxford

Menurut kamus Oxford, The advance learner’s Dictionary adalah: “Building where meals and rooms are provided for travelers.” Yang dapat diartikan sebagai bangunan (fisik) yang menyediakan layanan kamar, makanan dan minuman bagi tamu.

b. Pengertian Bisnis Perhotelan Menurut SK Menparpostel

Menurut SK Menparpostel no.KM 37/PW.340/MPPT-86 tentang peraturan usaha dan pengelolaan hotel menyebutkan bahwa hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.

c. Pengertian Bisnis Perhotelan Menurut the American Hotel and Motel Association (AHMA)

Menurut the American Hotel and Motel Association (AHMA) sebagaimana dikutif oleh Steadmon dan Kasavana: A hotel may be defined as an establishment whose primary business is providing lodging facilities for the general public and which furnishes one or more of the following services: food and beverage service, room attendant service, uniformed service, Laundering of linens and use of furniture and fixtures.

Yang dapat diartikan sebagai berikut:

Hotel dapat didefinisikan  sebagai sebuah bangunan yang dikelola secara komersial dengan memberikan fasilitas penginapan untuk umum dengan fasilitas pelayanan sebagai berikut: pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar, pelayanaan barang bawaan, pencucian pakaian dan dapat menggunakan fasilitas/perabotan dan menikmati hiasan-hiasan yang ada didalamnya.

Dari pengertian  di atas dapat disimpulkan  bahwa hotel adalah:

  1. Menggunakan bangunan fisik.
  2. Menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa lainnya
  3. Diperuntukkan bagi umum
  4. Dikelola secara komersial

Sarana Penunjang Hotel

Beberapa Gambar Bangunan HotelSarana Penunjang Hotel

Di samping itu seringkali disediakan sarana penunjang seperti: fasilitas olahraga, bisnis centre, kolam renang, musik hidup,dan jenis atraksi lainnya. Layanan yang ramah mulai dari pimpinan puncak sampai dengan karyawan pelaksana diperlukan untuk memberikan kepuasan kepada setiap tamu.

Dari pengertian diatas dapat diketahui bahwa pengertian bisnis perhotelan adalah bisnis bangunan fisik untuk jasa penginapan makanan dan minuman yang dikelola secara komersial.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi