Pengertian Pasar IPS Kelas 8 SMP

Thursday, September 3rd, 2015 - IPS, Kelas 8 SMP

Pengertian pasar secara rinci akan dijelaskan pada bagian berikut. Pasar merupakan sarana dalam kehidupan perekonomian masyarakat. Di pasar para penjual dan pembeli bertemu, mereka bertransaksi mengadakan kegiatan jual beli. Pasar juga menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh setiap orang. Di lihat dari jenisnya pasar dapat terbagi menjadi beberapa macam, berdasarkan barang yang dijual maupun dari bentuk bangunannya. Pada bab ini akan dibahas mengenai pengertian, peranan, jenis, dan fungsi pasar. Untuk dapat memahami mengenai pasar, kalian dapat pelajari lebih lanjut.

Pengertian Pasar

Perhatikan kegiatan yang terdapat di pasar! Ada beberapa orang yang sedang melakukan beberapa kegiatan jual beli, ada beberapa penjual yang menawarkan dan menjual barang-barang dagangannya, ada beberapa pembeli yang menawar dan ingin membeli barang-barang yang dibutuhkan, dan bentuk kegiatan lainnya yang dilakukan di pasar. Dengan memperhatikan uraian di atas, definisikan pengertian pasar menurut pendapatmu masing-masing!Pengertian Pasar IPS Kelas 8 SMP

Manfaatkanlah keberadaan pasar dimana saja berada, sesuai dengan kebutuhan anda dalam melakukan kegiatan ekonomi. Di indonesia pasa ridentik dengan tempat berkumpulnya banyak orang yang saling manjajakan dagangan dan saling tawar menawar. Di televisi seringkali ditawarkan berbagai barang dan jasa kebutuhan masyarakat yang dapat dipesan lewat telepon dan dibayar lewat bank. Sehingga dalam jual beli, pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung. Demikian juga, jual beli dapat dilakukan lewat internet atau media yang lain. Hal ini dapat dilakukan karena adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pasar juga dapat terjadi di mana saja, dan kapan saja seperti di atas kendaraan umum (bus, kereta api, kapal dan lain-lain) atau di tepi jalan, di kantor-kantor dan lainlain. Dengan uraian tambahan tersebut, maka definisikan kembali pengertian tentang pasar. Untuk memudahkan pendefinisian tentang pasar, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya adalah :

  1. Ada penjual yang akan menjual barang dan jasa.
  2. Ada pembeli yang akan membeli barang dan jasa.
  3. Ada barang yang akan diperjualbelikan.

Setelah membaca materi pengertian pasar diatas diharapkan para siswa dapat menjelaskan definisi pasar sesuai pendapat masing-masing.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi