Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Kelas 12 SMA

Wednesday, February 3rd, 2016 - Biologi, Kelas 12 SMA

Pengertian pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dapat kita pahami dengan mengamati secara langsung pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman cabai misalnya. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai dimulai dari biji hingga menjadi dewasa yang akan menghasilkan biji kembali.

Tujuan Memahami Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan

Padamateri ini  siswa akan mempelajari tentang perkembangan dan pertumbuhan pada tumbuhan. Dengan mempelajari materi ini diharapkan siswa mampu mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dan proses yang terjadi pada pertumbuhan serta perkembangan tumbuhan melalui kegiatan percobaan. Selain itu, diharapkan pula siswa mampu mengkomunikasikan dengan apa yang dimaksud pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan

Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Kelas 12 SMA

Dari hasil gambar diatas tanaman cabai mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari kecil hingga menjadi dewasa. Sepintas jika dilihat antara proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tanaman cabai adalah sama, tetapi sebenarnya mempunyai perbedaan. Tahukan para siswa, di mana letak perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan itu?

Pertumbuhan pada tanaman cabai merupakan proses bertambahnya ukuran dari kecil hingga sampai dewasa yang sifatnya kuantitatif, artinya dapat kita ukur yang dapat dinyatakan dengan suatu bilangan, misalnya pada seperti Gambar 1.2 yaitu tanaman cabai umur 1 minggu tingginya 5 cm, setelah tumbuh berumur 2 minggu tingginya menjadi 10 cm, setelah mencapai umur 3 minggu tingginya menjadi 15 cm, dan seterusnya. Selain tumbuh, tanaman cabai juga mengalami perkembangan yang ditsiswai dengan tanaman menjadi dewasa yaitu dapat menghasilkan biji kembali. Adapun perkembangan merupakan suatu proses untuk menuju/mencapai kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif, artinya tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan, misalnya sudah seberapa dewasakah suatu makhluk hidup itu?

Pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan bersel banyak seperti tumbuhan berbiji, misalnya tanaman cabai selain bertambah ukurannya juga ditandai dengan terbentuknya bunga yang mempunyai alat kelamin betina atau putik (pistillum) dan alat kelamin jantan atau benang sari (stamen).

Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa pertumbuhan adalah suatu proses pertumbuhan ukuran dan volume serta jumlah sel secara irreversibel, yaitu tidak dapat kembali ke bentuk semula. Adapun perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan, dan proses ini bersifat kualitatif  yang berarti tidak dapat dinyatakan dalam suatu bilangan.

Kami harap dari informasi yang disampaikan pada artikel pengertian pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan diatas dapat dipahami dengan baik.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi