Penguasaan Permainan Tenis

Thursday, November 17th, 2016 - Kelas 12 SMA, Penjaskes

Penguasaan permainan tenis dari seorang pemain tenis terdiri dari beberapa penguasaan sikap siap, penempatan kaki dan penguasaan berat badan saat bermain tenis lapangan.

Penguasaan Permainan Tenis

1. Posisi Siap

Penguasaan Permainan TenisPosisi siap merupakan posisi menunggu datangnya bola, baik bola servis atau bola pengembalian lawan ketika permainan sedang berlangsung. Posisi siap berarti menghadap ke net, memutuskan bagaimana cara memegang raket, menekukkan lutut, dan tubuh dibungkukkan ke depan. Ketika berada pada posisi siap, pemain harus selalu memerhatikan bola yang dipukul oleh lawan dan menunggu bola tersebut melintasi net ke bidang permainannya.

Berikut ini sikap tubuh yang benar dalam melakukan posisi siap.

  1. Posisi badan  menghadap net.
  2. Tangan memegang raket dengan forehand atau backhand.
  3. Posisi raket dan tubuh condong ke depan.
  4. Tangan satunya menopang raket.
  5. Lutut sedikit ditekuk.
  6. Kedua telapak kaki direntangkan secukupnya kurang lebih selebar bahu.

2. Penempatan Kaki dan Penguasaan Berat Badan

Keseimbangan tubuh dan pergerakan kaki yang tepat menentukan keberhasilan pemain dalam mempersiapkan memukul bola. Hampir semua pukulan dilakukan sambil berlari atau setelah berlari mengambil posisi siap. Untuk memukul setiap groundstroke (istilah yang menyatakan pukulan pada bola setelah terpantul), salah satunya dengan  shuffle (bergerak bolakbalik dengan kaki agak terseret), menggeser kaki secara bergantian ke arah yang dituju. Atau dengan cross-step (langkah menyilang), yaitu berlari untuk pukulan yang lebih jauh. Caranya, jejakkan kaki belakang (kaki yang paling jauh dari net), dan melangkah ke arah yang akan dipukul dengan kaki yang lain, setelah itu berputar ke depan. Berikut ini teknik penempatan kaki dan penguasaan berat badan dalam permainan tenis.

  1. Pergunakan langkah menyilang ketika menuju bola yang agak jauh ke samping atau ke depan, baik ke arah  forehand maupun backhand.
  2. Melangkah dengan kaki kiri, bila bola datangnya ke sebelah kanan. Dan, melangkah dengan kaki kanan, bila bola datangnya ke sebelah kiri.Penempatan kaki ketika bola datang dari samping kanan atau kiri
  3. Apabila bola datang menuju ke arah badan, langkahkan kaki kiri mundur ke belakang untuk melakukan pukulan backhand atau langkahkan kaki kanan mundur ke belakang untuk melakukan pukulan  forehand.Penempatan kaki ketika bola datang menuju badan

Dengan membaca materi diatas kami harap makin bertambah penguasaan permainan tenis di lapangan.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi