Peran Dan Fungsi Pelaku Ekonomi Di Masyarakat

Thursday, September 3rd, 2015 - IPS, Kelas 8 SMP

Peran dan fungsi pelaku ekonomi di masyarakat akan saling berkaitan dimana setiap pelaku ekonomi akan membutuhkan pelaku ekonomi yang lain sehingga setiap pelaku ekonomi punya peranan atau fungsi masing-masing di masyarakat. Jika Anda kedinginan, Anda harus berpakaian. Darimana Anda mendapatkan pakaian? Apakah Anda membuat pakaian sendiri? Tentu tidak, Anda mendapatkan pakaian dari penjahit. Apakah penjahit membuat pakaian tanpa bantuan pihak lain? Tentu tidak, penjahit dapat menjahit dan membuat pakaian karena ada kain yang dibuat oleh pabrik tekstil, pabrik tekstil dapat membuat kain karena ada pabrik benang, pabrik benang dapat membuat benang karena ada petani kapas dan lainlain. Dalam kehidupan ekonomi, setiap pelaku ekonomi tidak akan terlepas dari pelaku ekonomi yang lain. Setiap pelaku ekonomi selalu berhubungan dengan pelaku ekonomi yang lain dan mempunyai peran masing-masing dalam setiap kegiatan ekonomi.Peran Dan Fungsi Pelaku Ekonomi Di Masyarakat

Peran Dan Fungsi Pelaku Ekonomi Di Masyarakat

Masing-masing pelaku ekonomi yang telah kita pelajari di atas, mempunyai peran dan fungsinya masing-masing. Adapun peran masingmasin pelaku ekonomi dalam sistem ekonomi yang berlaku pada saat ini adalah:

1. Rumah tangga keluarga dan masyarakat

Rumah tangga keluarga dan masyarakat dalam sistem ekonomi berperan sebagai konsumen dan mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut:

  1. Penyedia faktor-faktor produksi yang digunakan oleh produsen.
  2. Pemakai barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen.
  3. Pemberi balas jasa kepada produsen dan lain-lain.
  4. Pembayar pajak dan iuran yang lainnya kepada pemerintah.

2. Rumah tangga perusahaan dan koperasi

Rumah tangga perusahaan dan koperasi dalam sistem ekonomi berperan sebagai produsen dan mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut:

  1. Penghasil barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen.
  2. Penyedia lapangan pekerjaan.
  3. Pembeli faktor-faktor produksi.
  4. Pemberi balas jasa kepada penyedia faktor-faktor produksi.
  5. Pembayar pajak dan iuran yang lainnya kepada pemerintah dan lain-lain.

3. Rumah tangga pemerintah

Sebagaimana telah diterangkan di atas, bahwa pemerintah mempunyai peran ganda dalam sistem ekonomi yang berlaku pada saat ini yaitu sebagai pelaku dan pengatur ekonomi. Dalam menjalankan peran tersebut, pemerintah mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut:

  1. Stabilisator perekonomian nasional.
  2. Penyedia fasilitas kegiatan ekonomi.
  3. Penerima pajak dan iuaran dari pelaku ekonomi yang lain untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan.
  4. Pengatur kegiatan ekonomi nasional agar perekonomian dapat diarahkan untuk mencapai kemakmuran bersama, dan lain-lain.

Kita sebagai penduduk merupakan bagian dari pelaku ekonomi di masyarakat. Setiap peran dan fungsi pelaku ekonomi di masyarakat saling berhubungan dan saling membutuhkan dalam kehidupan sosial.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi