Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

Monday, November 23rd, 2015 - Kelas 9 SMP, TIK

Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

Setelah perangkat keras disiapkan, komputer perlu dilengkapi dengan perangkat lunak. Perangkat lunak atau software diperlukan untuk menjelajahi internet. Tanpa software yang sesuai, kamu tidak bisa mengakses internet. Internet tidak hanya berisi teks, ada pula video, suara, gambar, animasi, chatting, e-mail, dan sebagainya. Untuk dapat menikmati semua isi atau fasilitas internet tersebut dibutuhkan perangkat lunak yang berbeda-beda.

1. Browser

Perangkat Lunak untuk Mengakses InternetBrowser berfungsi untuk membaca halaman-halaman web yang tersimpan dalam server web melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protokol). Sebenarnya, apa sih web itu? Web adalah sekelompok kode berbasis teks yang sederhana dan universal yang disebut Hypertext Markup Language (HTML). HTML sendiri adalah bahasa kode pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web. Dengan kata lain, untuk menulis sebuah halaman web digunakan bahasa HTML. HTML menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus diikuti oleh browser agar halaman web ditampilkan dengan benar. Misalnya tag untuk menampilkan tulisan, gambar, warna, suara, video, animasi, dan sebagainya.

Contoh dokumen HTMLKalau kamu perhatikan, dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa. Memang inilah tujuannya, yaitu agar mudah dan cepat dipindah-pindahkan antarberbagai jenis komputer dan dapat ditampilkan tanpa perbedaan yang berarti. Dokumen HTML juga mudah ditambahkan hypertext, yakni teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya. Link-link inilah yang menjadi ciri khas dan sekaligus membentuk web (World Wide Web atau WWW) yaitu jaringan halaman-halaman di internet yang saling terhubung satu sama lain.

Nah, tugas browser adalah menerjemahkan bahasa HTML menjadi tampilan web yang di dalamnya bisa berisi teks, gambar, atau file multimedia di layar komputer pengakses internet. Browser web pertama adalah Mosaic yang dikembangkan pada tahun 1993 oleh NCSA (National Center for Supercomputing Applications). Saat ini ada banyak perangkat lunak yang berfungsi sebagai browser, misalnya Microsoft Internet Explorer, Netscape Communicator, Mozilla Firefox, dan Opera.

2. Pengelola Transfer File

WS FTP merupakan salah satu FTP clientUntuk dapat memanfaatkan fasilitas transfer file lewat internet, di dalam komputer harus terdapat perangkat lunak pengelola transfer file (disebut juga FTP client) seperti Cute FTP, Go!zilla, dan WS FTP. Aplikasi ini bermanfaat untuk melakukan tukar menukar file melalui internet yang bersifat dua arah, yaitu mengirimkan file (proses unggah atau upload) maupun mengambil file dari internet (proses unduh atau download). Saat ini, perangkat lunak browser juga memiliki kemampuan sebagai FTP klien. Oleh karena itu, perangkat lunak ini tidak harus ada di komputer kita.

3. Pengelola Surat Elektronik (E-Mail)

Program pengelola e-mailUntuk mengirim, menerima, dan mengelola e-mail diperlukan perangkat lunak pengelola e-mail (disebut juga e-mail client). Contohnya adalah Microsoft Outlook Express (bagian dari browser Microsoft Internet Explorer), Netscape Mail (bagian dari browser Netscape Communicator), dan Thunderbird (bagian dari browser Mozilla Firefox). Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan e-mail secara offline (tidak tersambung ke internet) sehingga dapat menghemat biaya koneksi. Koneksi internet hanya diperlukan ketika mengirim atau menerima e-mail dari kotak surat (mailbox).

Untuk e-mail yang berbasis web, tidak memerlukan perangkat lunak khusus yang harus diinstal di dalam komputer. Pengelolaan e-mail jenis ini disediakan oleh situs web, misalnya Gmail disediakan oleh Google (www.google.co.id) dan Yahoo! Mail disediakan oleh Yahoo! (www.yahoo.co.id). Seluruh aktivitas pengelolaan e-mail seperti mengirim, membaca, atau menerima e-mail harus dalam keadaan online (tersambung ke internet).

4. Pengelola Chatting

aplikasi pengelola chattingUntuk dapat menggunakan layanan chatting, di dalam komputer perlu diinstal perangkat lunak pengelola chatting (disebut juga IRC client) seperti mIRC, Yahoo! Messenger, MSN Messenger, GTalk, atau ICQ. Dengan program ini, kamu bisa berkomunikasi melalui pesan-pesan singkat dengan orang lain atau bertatap muka dan berbincang-bincang secara langsung (video chat). Ketika chatting, kamu dapat berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room guna membicarakan suatu topik tertentu bersama-sama.

Selamat belajar, semoga materi perangkat lunak untuk mengakses internet diatas mudah dimengerti dan dipraktikan.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi