Perawatan Tubuh Agar Tetap Segar

Sunday, March 27th, 2016 - Kelas 10 SMA, Penjaskes

Perawatan Tubuh Agar Tetap Segar

Kondisi tubuh akan tetap segar jika kita rawat. Cara perawatan yang dapat dilakukan agar tubuh tetap segar adalah berolahraga, istirahat teratur, tidur, rekreasi, makan makanan bergizi secara teratur.

Perawatan Tubuh Agar Tetap Segar

1. Berolahraga

Men Sana in Corpore Sana artinya di dalam pikiran yang sehat terdapat badan yang sehat. Salah satu cara yang menunjang tercapainya pepatah tersebut adalah dengan olahraga.

Manfaat olahraga terhadap tubuh antara lain:

  1. Otot-otot tubuh akan baik dan serasi serta ada kelenturan yang baik.
  2. Pertumbuhan dan perkembangan bagian-bagian badan harmonis.
  3. Memperbaiki otot-otot usus sehingga gerakan peristaltik usus teratur dan baik, serta menghilangkan sembelit.
  4. Memperbaiki sirkulasi darah.
  5. Pernapasan dalam dan cepat sehingga paru-paru menjadi sehat dan berfungsi baik.

2. Istirahat teratur

Istirahat tidak hanya mengurangi aktivitas otot, tetapi juga meringankan ketegangan pikiran dan menenteramkan rohani. Istirahat dapat dilakukan dengan cara mendengarkan radio, menonton televisi, senda gurau dengan teman, membaca buku, dan sebagainya.

3. Tidur

Tidur sebaiknya dilakukan pada malam hari selama 6 jam. Tidur merupakan cara yang baik untuk mendapatkan istirahat. Ketika tubuh kita istirahat, tubuh akan me-recovery tenaga setelah hampir 12 jam bekerja. Bila kurang tidur, kebugaran tubuh akan terganggu. Gejalagejala umum orang kurang tidur yaitu, kelopak mata sayu, pucat, badan lemah, kurang bergairah pada saat bekerja, malas, dan lain-lain.

4. Rekreasi

Rekreasi berarti mengembalikan sesuatu yang ke luar atau hilang. Banyak kegiatan rekreasi yang dapat kita lakukan di antaranya darmawisata bersama keluarga ke museum, kebun binatang, villa atau outbound dan sebagainya. Kegiatan tersebut berguna untuk mengembalikan energi atau menyegarkan pikiran yang kalut akibat pekerjaan.

5. Makan yang teratur dan gizi seimbang

Masalah kesehatan timbul akibat adanya gangguan keseimbangan. Hal tersebut dapat menimbulkan masalah kelebihan dan kekurangan gizi pada manusia. Untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia, perlu diperhatikan gizi yang dimakan, keadaan kesehatan, kegiatan bekerja, olahraga, dan istirahat. Untuk meningkatkan kesehatan yang optimal, setiap orang perlu mempertahankan keseimbangan. Keseimbangan tersebut memiliki keterkaitan dan saling ketergantungan dalam perilaku antara kebiasaan memakan makanan yang bergizi, bekerja, dan berolahraga dengan istirahat.

Perawatan tubuh agar tetap segar disepanjang waktu akan menjadi salah satu penentu kesuksesan menjalani kegiatan.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi