Peredaran Darah Pada Hewan

Sunday, October 11th, 2015 - Biologi, Kelas 11 SMA

Peredaran darah pada hewan dapat dipelajari dari hewan vertebrata maupun invertebrata. Sistem peredaran darah pada hewan vertebrata tidak sama dengan sistem perederan darah pada hewan invertebrata.

Peredaran Darah Pada Hewan

1. Peredaran Darah Pada Hewan Invertebrata

Dilihat dari struktur tubuhnya, ada beberapa perbedaan, terutama dengan hewan invertebrata. Uraian berikut akan menjelaskan tentang sistem peredaran darah pada hewan, baik vertebrata maupun invertebrata.

a. Peredaran Darah Cacing Tanah

Cairan yang terdapat dalam tubuh cacing tanah berupa darah. Darah ini beredar ke seluruh tubuh dengan melewati pembuluh darah sehingga disebut juga peredaran darah tertutup.

Peredaran Darah Pada Hewan Darah cacing tanah mengandung hemoglobin yang berfungsi untuk mengangkut O2. Berbeda dengan hewan vertebrata, hemoglobin cacing tanah ini tidak terdapat pada sel-sel darah merah.

Peredaran darah pada cacing tanah agak sederhana. Jantung cacing tanah berupa lima lengkung aorta. Darah dari pembuluh darah dorsal mengalir ke bagian kepala, kemudian melewati lima lengkung aorta ke arah belakang melewati pembuluh darah ventral yang berada di bagian perut. Pembuluh darah ventral mengangkut darah ke arah belakang, kemudian diteruskan ke suatu sistem pembuluh darah yang lebih kecil dan rumit, yang berakhir di kapilerkapiler. Di sinilah terjadi pertukaran gas.

b. Peredaran Darah Insekta

Peredaran darah pada insekta dapat dengan mudah Anda amati pada belalang. Peredaran darah yang terjadi pada belalang adalah peredaran darah terbuka, yaitu selama peredarannya, darah tidak terdapat di dalam pembuluh darah. Darah belalang yang beredar ke seluruh tubuh tidak membawa O2, tetapi hanya membawa sari makanan karena O2 dibawa oleh sistem trakea.

Pembuluh darah belalangSistem peredaran darah pada belalang terdiri atas pembuluh yang memanjang di atas saluran pencernaan. Pembuluh ini terdiri atas bagian paling depan berupa aorta dan tengah terdapat jantung pembuluh yang berupa gelembung-gelembung yang memiliki lubang-lubang halus.

Darah dari jantung pembuluh dipompakan ke bagian depan melalui aorta. Dari aorta, darah dikeluarkan ke jaringan-jaringan tubuh dan beredar ke seluruh tubuh tanpa melalui pembuluh darah. Di sinilah terjadi pertukaran zat. Darah memberikan sari makanan yang dibawa pada jaringan tubuh dan mengambil sisa metabolisme dari jaringan tubuh. Setelah itu, darah akan masuk ke jantung pembuluh lagi melewati lubang-lubang halus.

2. Peredaran Darah Hewan Vertebrata

a. Peredaran Darah pada Ikan

Ikan mempunyai jantung yang terdiri atas dua ruang, yaitu satu serambi dan satu bilik. Jantung tersebut terletak di dekat insang. Peredaran darah yang terjadi adalah peredaran darah tertutup.

Peredaran darah pada ikan

Darah dari jantung akan dipompa melewati aorta ventral (perut) dan mengalir ke insang. Darah memasuki kapiler-kapiler dalam  insang. Di sinilah terjadi pertukaran gas, yaitu CO2 dilepas dan darah akan mengambil O2. Selanjutnya, darah mengalir melewati aorta dorsal (punggung) menuju kapiler-kapiler di seluruh tubuh, untuk memberikan O2 dan sari makanan. Akhirnya darah kembali menuju ke jantung melewati vena.

b. Peredarahn Darah Pada Amfibi

Jantung katak terdiri atas tiga ruang, yaitu satu bilik dan dua serambi, tetapi sebenarnya pada bilik terdapat sekat yang semu, sehingga darah dari serambi kiri dan kanan yang masuk ke bilik tidak dapat bercampur.

Jantung pada amfibiGambar berikut menjelaskan jantung pada amfibi, contohnya katak. Anak panah pada gambar menunjukkan aliran darah. Darah dari seluruh tubuh yang kaya CO2 masuk melalui vena cava menuju ke serambi kanan. Dari sini darah akan mengalir ke bilik, kemudian darah akan dipompakan meninggalkan jantung menuju aorta yang bercabang-cabang, yaitu arteri pulmonalis yang menuju paru-paru dan arteri kutanea yang menuju kulit.

Di dalam paru-paru dan kulit terjadi pengambilan O2. Setelah itu, darah akan mengalir menuju serambi kiri. Dari serambi kiri ini darah dialirkan ke bilik, akhirnya darah dipompakan meninggalkan jantung melewati aorta dan diedarkan ke seluruh tubuh.

Selamat belajar, semoga materi sistem peredaran darah pada hewan diatas mudah dipahami.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi