Perkembangan Teknologi di Masyarakat

Wednesday, December 30th, 2015 - IPS, Kelas 4 SD

Perkembangan teknologi di masyarakat meliputi teknologi untuk produksi, komunikasi, dan transportasi. Pada zaman dahulu, terdapat sarana transportasi berupa kereta api dengan tenaga uap, namun sekarang dengan adanya teknologi yang canggih maka berubah menjadi kereta api listrik.

Selain perkembangan teknologi di bidang transportasi, juga terdapat perkembangan di bidang produksi dan komunikasi. Perkembangan teknologi dapat terjadi karena adanya penemuan-penemuan di bidang teknologi oleh manusia, sehingga terjadi perubahan dari teknologi lama menjadi teknologi modern.

Perkembangan Teknologi di Masyarakat

A. Perkembangan Teknologi Produksi

perkembangan teknologi produksiJumlah penduduk di dunia semakin banyak. Pada waktu jumlah penduduk masih sedikit mereka menggunakan peralatan yang sangat sederhana seperti batu, kayu, dan tali. Selanjutnya, manusia belajar untuk menghasilkan barang produksi dengan teknologi tinggi. Mula-mula manusia menggunakan tenaga tangan dan kaki untuk berproduksi, kemudian mereka menggunakan tenaga hewan dan air terjun untuk membangkitkan tenaga listrik.

Setelah ditemukan mesin uap, manusia mulai berpikir untuk menemukan alat-alat dengan menggunakan mesin. Penemuan dilakukan terus sehingga semua mesin hampir menggunakan tenaga listrik dengan sistem otomatis.  Saat ini manusia juga bisa membuat komputer yang bisa menyimpan data seperti otak manusia.

1. Membandingkan Jenis Teknologi Produksi pada Masa Lalu dan Masa Kini

Di bawah ini diuraikan perbandingan jenis peralatan yang digunakan manusia untuk menghasilkan produksi barang pada masa lalu dan masa kini.Perbandingan Alat Produksi Masa Lalu dan Masa Kini

2. Diagram Alur Proses Produksi

Kekayaan alam di Indonesia sangat berlimpah ruah, misalnya bahan tambang, sayur-mayur, buah-buahan, hewan ternak, dan sebagainya. Semua kekayaan alam dapat digunakan dalam proses produksi.diagram alur proses produksi

Contoh proses pembuatan gula sukrosa (gula pasir).

  1. Tebu ditanam oleh petani
  2. Bila sudah tua dan banyak airnya, tebu ditebang dan diangkut ke pabrik dengan menggunakan truk.
  3. Proses pengolahan di pabrik yaitu:
    1. Batang tebu diperas dengan mesin.
    2. Sari tebu dicampurkan dengan susu atau kapur dan dididihkan sehingga membentuk kristal-kristal berwarna gelap yang disebut gula mentah.
    3. Gula mentah dikirim ke pabrik pemurnian.
    4. Kristal tersebut dicampur dengan bahan kimia dan dihancurkan menjadi gula pasir berwarna putih.
  4. Gula siap dikonsumsi untuk minuman dan berbagai olahan makanan.

Berikut ini adalah contoh penambangan minyak bumi.perkembangan teknologi industri

  1. Tenaga ahli mencari sumber minyak bumi dengan cara eksplorasi (penyelidikan, penjelajahan wilayah dengan tujuan memperoleh pengetahuan tentang sumber minyak di suatu tempat).
  2. Pengeboran dilakukan dengan cara mendirikan derrick atau menara bor yang cukup tinggi.
  3. Derrick mempunyai pipa panjang dengan alat potong di ujungnya yang disebut bit. Bit berputar amat cepat mengebor tanah sampai ditemukan genangan minyak.
  4. Minyak mengalir atau dipompa ke permukaan bumi masih berupa minyak mentah.
  5. Minyak mentah diolah dengan proses produksi di pabrik-pabrik pengolahan menjadi beberapa bahan bakar, minyak seperti bensin, solar, minyak tanah, oli, aspal, dan lain-lain.

3. Satu Bahan Baku Menghasilkan Beberapa Barang Produksi

Di bawah ini diberikan contoh satu bahan baku yang menghasilkan beberapa barang produksi.satu bahan baku menghasilkan beberapa barang produksi

  1. Dari Pohon Kelapa
    1. Daun sebagai bungkus, ketupat, atap, dekorasi, sapu lidi.
    2. Kayu sebagai bahan bakar/perabotan.
    3. Bunga yang muda sebagai campuran gula dan sayur.
    4. Buah (daging) sebagai santan, minyak, bahan olahan makanan, campuran obat.
    5. Tempurung sebagai hiasan, kerajinan, peralatan rumah tangga.
    6. Sabut Kelapa sebagai keset, tali, dan berbagai alat kebersihan.
  2. Dari Kayu
    1. Atap dan kerangka bangunan
    2. Pintu, jendela, pagar
    3. Perabotan rumah tangga
    4. Hiasan dan lukisan
    5. Kertas-kertas

B. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

kemajuan teknologi informasi dan komunikasiManusia selalu mengadakan hubungan dengan orang lain, demikian juga kalian. Kalian selalu bertanya kepada guru, berdiskusi dengan teman, dan mematuhi perintah dan nasihat orang tua. Proses bagaimana manusia berhubungan dengan orang lain disebut komunikasi.

Peralatan untuk mengadakan hubungan yang sekarang ini banyak digunakan adalah handphone dan telepon. Bahkan sudah banyak digunakan faksimile dan internet. Dengan peralatan yang modern tersebut, jarak yang jauh seolah-olah menjadi dekat.

Sebelum orang mengenal alat-alat modern,  manusia menggunakan peralatan yang sangat sederhana untuk berkomunikasi. Seperti asap api, tulisan pada kulit kayu, kain atau kulit binatang, daun lontar, kentongan, bedug, dan genderang.

1. Peralatan Komunikasi dan Teknologi Informasi

Sebelum manusia mengenal teknologi komunikasi dan informasi, jarak antara daerah satu dengan yang lain terasa sangat jauh, sehingga satu sama lain tidak saling mengenal. Di daerah pedesaan, untuk mengumpulkan orang atau memberi tanda terjadinya suatu kejadian, digunakan kenthongan dengan dipukul. Jumlah pukulan masingmasing berbeda untuk setiap peristiwa.

Setelah mereka mengenal tulisan dan teknologi produksi, masyarakat menggunakan surat yang ditulis di atas kertas dan dikirim dengan kurir. Ada lagi yang menggunakan jenis binatang untuk menyampaikan surat yaitu merpati pos.

Dengan semakin berkembangnya teknologi produksi dan transportasi ternyata juga membawa dampak bagi perkembangan komunikasi, karena surat dikirim dengan menggunakan kereta, bus, atau pesawat terbang. Selain surat, jenis alat komunikasi tertulis lainnya adalah surat kabar, majalah, tabloid, dan lain-lain.

Saat ini, teknologi informasi berkembang begitu pesat. Salah satunya adalah adanya internet. Melalui internet, semua orang bisa mendapatkan informasi yang diinginkan. Selain itu seseorang juga bisa melakukan komunikasi dengan orang lain melalui jaringan internet. Mereka bahkan bisa saling bertatap muka melalui layar komputer masing-masing saat berkomunikasi. Selain itu, internet juga bisa diakses melalui handphone.

2. Cara Menggunakan Peralatan Komunikasi

Pernahkah kalian menggunakan telepon? Jika pernah tentu kalian akan tahu cara menggunakannya. Selain telepon, peralatan komunikasi yang sering kali dipakai masyarakat untuk berbagai keperluan adalah faksimile, dan teleks.

Meskipun sudah ada peralatan yang sangat canggih, peralatan  komunikasi seperti kentongan dan bedug masih sering digunakan. Di desa-desa, kentongan dengan irama tertentu memberi isyarat pada warga untuk melakukan sesuatu tindakan misalnya tanda ada bahaya banjir, tanda untuk berkumpul, kematian, kebakaran, dan pencurian. Bedug juga masih digunakan di masjid untuk pertanda melakukan ibadah bagi umat Islam.

Peralatan modern yang sering digunakan oleh orang dewasa adalah sebagai berikut.

a. Telepon

perkembangan teknologi informasiTelepon digunakan untuk komunikasi jarak jauh secara lisan. Penggunaannya sangat mudah yaitu dengan cara menekan tombol kode wilayah dan nomor yang dituju maka sambungan akan langsung dapat dilakukan. Apabila dengan sistem Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) maka semakin mudah seseorang melakukan hubungan jarak jauh. Bila telah selesai maka telepon dapat ditutup dan diletakkan pada tempatnya.

Telepon genggam (handphone) penggunaannya hampir sama dengan telepon pada umumnya, tetapi dengan sistem memori, dengan menggunakan tombol-tombol. Pemakai dapat mempelajari cara penggunaan handphone melalui buku cara penggunaan handphone tersebut.

b. Faksimile

Faksimile digunakan untuk kepentingan pribadi atau untuk kepentingan bisnis. Cara kerja faksimile seperti fotokopi, tetapi digunakan untuk mengirim dokumen dalam jarak jauh. Seseorang dapat menggunakan faksimile jika mengikuti petunjuk yang dilampirkan pada alat tersebut. Petunjuk mengirim faksimile adalah:

  1. Letakkan dokumen menghadap ke bawah pada tempatnya.
  2. Memasukkan nomor tujuan.
  3. Menekan tombol start.

c. Teleks

Teleks (telephone exchange) digunakan untuk kepentingan bisnis, cara kerjanya hampir sama dengan penggunaan telepon dan mesin ketik. Berita yang dikirimkan  berupa tulisan, cara penggunaannya bisa mengikuti buku petunjuknya.

C. Perkembangan Teknologi Transportasi

Transportasi artinya adalah angkutan, yaitu kegiatan memindahkan barang atau orang dari satu tempat ke tempat lain. Peralatan transportasi dibedakan menjadi transportasi darat, air, dan udara.

Penggunaan peralatan transportasi adalah untuk mempermudah dan mempercepat seseorang melakukan perjalanan atau pengiriman barang.

1. Transportasi Darat

perkembangan alat transportasiSebelum mengenal teknologi transportasi, orang bepergian dengan berjalan kaki sedangkan untuk membawa barang mereka menggunakan bahu. Setelah itu, barang seperti hasil buruan diseret. Untuk barang besar dan berat mereka mengguna-kan roller atau gelondong kayu yang digulingkan, kemudian mereka menggunakan tenaga binatang piaraan seperti anjing, onta, sapi, keledai, kerbau, dan kuda. Namun kudalah yang sering dimanfaatkan karena kuat dan lincah.

Setelah roda ditemukan, manusia membuat kereta barang dan kereta penumpang yang ditarik oleh kuda atau sapi. Dengan adanya kereta itu manusia membuat jalan yang rata dan jembatan untuk menyeberangi sungai.

Roda yang dibuat manusia semula dari kayu atau besi, setelah itu orang mulai berpikir untuk menemukan roda dari karet dengan sistem ban pompa. Sejak saat itu orang mengenal sepeda yang dikembangkan menjadi angkutan penumpang dan barang

Sejak mesin uap ditemukan oleh James Watt tahun 1770 dan sepeda ditemukan maka penemuan dikembangkan dan dipadukan.

Selanjutnya diciptakan sepeda motor dan mobil. Sekarang ini, jenis mobil bermacam-macam seperti sedan, pick up, bus, dan truk.

Selain motor, mobil, truk, dan lain-lain masih ada jenis trasportasi darat yang berjalan di atas rel yaitu kereta api. Kereta api ditemukan sejak mesin uap ditemukan. Jenis kereta api mula-mula digerakkan dengan tenaga uap, tapi sekarang kereta api sudah menggunakan tenaga lisrik diesel dengan kecepatan tinggi.

2. Transportasi Air

perkembangan teknologi transportasi lautJenis transportasi air digunakan di sungai, danau, rawa-rawa, dan laut. Manusia membuat rakit dari kayu atau bambu. Akan tetapi alat itu mudah rusak dan lambat. Setelah itu dikenal sampan dengan cara membuat cekungan pada kayu gelondong yang besar. Karena daya apungnya lebih besar, sampan banyak digunakan untuk menangkap ikan di laut dan di danau. Setelah itu dikembangkan sampan dengan layar sehingga dikenal perahu layar yang menggunakan kekuatan angin.

Kapal dengan mesin dikembangkan juga seiring dengan ditemukannya mesin uap. Perahu layar itu kemudian dipasangi mesin sehingga mempunyai kekuatan dan kecepatan lebih tinggi. Sekarang ini hampir semua transportasi air menggunakan tenaga mesin baik untuk penangkapan ikan, perdagangan, pengangkutan penumpang, maupun kapal pesiar. Dengan teknologi maju maka kapal bermesin dibuat kapal selam bahkan untuk keperluan militer, kapal selam menggunakan tenaga nuklir.

3. Transportasi Udara

pengalaman penggunaan sarana transportasiTransportasi udara dikenal pada abad pertengahan. Pada waktu itu orang mencoba membuat benda yang dapat terbang. Kemudian dibuat balon gas yang dapat terbang dengan mengangkut penumpang. Balon gas itu dibuat oleh Leppelin. Penemuan Leppelin dikembangkan oleh Religh dan Wright yang berhasil membuat pesawat terbang sederhana.Dengan berbagai penemuan mesin dan kecanggihan teknologi maka pesawat yang sederhana dikembangkan menjadi berbagai model dan jenis pesawat terbang seperti helikopter atau pesawat jet. Bahkan ada jenis pesawat terbang yang disebut supersonic yaitu pesawat terbang dengan kecepatan sangat tinggi.

4. Pengalaman Penggunaan Sarana Transportasi

Bagaimana cara bepergian dengan kereta api? Jika hendak berpergian dengan kereta api, kalian harus membeli tiket di stasiun. Kalian dapat memilih jenis kereta api, jam keberangkatan, dan tujuan perjalanan. Setelah mempunyai tiket, kalian menunggu di ruang tunggu. Setelah kereta yang ditunggu datang sesuai jadwal, para penumpang menaiki gerbong sesuai dengan nomor pada tiket. Setelah kereta berjalan biasanya akan ada pemeriksaan dari petugas atas tiket yang dibawa setiap penumpang. Setelah sampai tujuan, petugas memberi tahu penumpang.

Selamat belajar, semoga materi tentang “Perkembangan Teknologi di Masyarakat” diatas mudah dipelajari dan dipahami.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi