Permainan Lapangan Kecil (Futsal)

Friday, February 19th, 2016 - Kelas 12 SMA, Penjaskes

Permainan lapangan kecil (futsal) merupakan bentuk permainan yang memerlukan penguasaan keterampilan dasar sepak bola, namun tidak mengikuti peraturan standar persepakbolaan. Permainan ini dapat dilakukan di lapangan yang kecil, misalnya di halaman sekolah dan hanya melibatkan sedikit pemain. Hal yang perlu diperhatikan ketika bermain adalah dengan tetap menjaga keselamatan, baik diri sendiri atau pemain lawan. Salah satunya adalah tidak merebut bola dengan cara yang membahayakan dan dapat menimbulkan kemungkinan cedera.

Manfaat Permainan Lapangan Kecil (Futsal)

Permainan lapangan kecil (futsal) sangat menyenangkan dilakukan siswa dan dapat memberikan manfaat berikut ini.

  1. Dapat meningkatkan keterampilan dan penguasaan teknik sepak bola siswa.
    Permainan lapangan kecil memungkinkan seseorang akan lebih sering memperoleh bola karena jumlah pemain di lapangan lebih sedikit. Semakin sering menyentuh bola, semakin besar pula peluang untuk meningkatkan keterampilan.
  2. Dapat membantu meningkatkan konsentrasi.
    Permainan ini menuntut pemain membuat suatu keputusan dengan lebih cepat ketika dalam posisi di dekat bola. Pemain harus pandai melihat situasi lapangan dan menentukan untuk selanjutnya melakukan shooting (menendang), melakukan dribbling (menggiring) sebentar kemudian menendang bola, atau mengoperkan bola pada seseorang yang berada dalam posisi lebih baik.
  3. Dapat meningkatkan dan mempertahankan kebugaran tubuh.
    Jumlah pemain yang lebih sedikit di lapangan membuat pemain harus bergerak ke ruang terbuka dengan lebih cepat dan menciptakan ruang untuk menguasai bola.

Formasi Permainan Lapangan Kecil (Futsal)

Formasi permainan lapangan kecil (futsal) ini dapat dibuat bervariasi, tergantung pada tujuan permainan atau latihan. Formasi yang sering digunakan ditunjukkan tabel berikut dengan menggunakan gawang yang berukuran 5,5 m.

Karakteristik permainan lapangan kecil (futsal)Karakteristik permainan lapangan kecil

Aturan offside pada permainan lapangan kecil (futsal) diberlakukan untuk mencegah pengambilan keuntungan secara tidak adil bagi pemain yang melakukan serangan. Pemain berada dalam posisi offside jika ia berada pada posisi penyerangan dengan menghadapi kurang dari dua pemain belakang, termasuk penjaga gawang, yang berada di antara pemain penyerang dan gawang. Offside ini terjadi ketika bola dimainkan, dan bukan ketika bola diterima oleh pemain.

Permainan sepak bola dengan kategori permainan lapangan kecil (futsal) dapat dilakukan bila pemain kurang dan lokasi permaian sepak bola yang terbatas.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi