Permasalahan Kependudukan IPS Kelas 8 SMP

Thursday, September 3rd, 2015 - IPS, Kelas 8 SMP

Setiap negara memiliki cara dalam mengatasi permasalahan kependudukan dinegara tersebut. Baik negara maju dan negara berkembang semuanya membuat solusi sensiri untuk mengatasi permasalahan kependudukan dinegaranya. Maslah kependudukan pada umumnya dimiliki oleh negara dengan jumlah populasi penduduk yang tinggi. Indonesia merupakan negara berpenduduk terbanyak nomor empat di dunia setelah RRC, India, dan Amerika Serikat. Dengan jumlah penduduk yang banyak ini tentu saja mempunyai modal sumber daya manusia yang besar pula. Namun,  apabila jumlah penduduk yang banyak ini memiliki kualitas yang rendah akan kurang bermanfaat dalam pembangunan. Penduduk yang mempunyai kualitas merupakan aset sangat penting dalam pembangunan.

Permasalahan Kependudukan Pada Suatu Negara

Sedangkan penduduk yang kurang berkualitas justru akan menjadi beban karena tidak mampu dan tidak dapat menghasilkan sesuatu lebih dalam menghadapi era globalisasi. Seperti sekarang ini. Mereka selamanya hanya menggantungkan  kerja atau pendapatan orang lain.

Mengenai jumlah penduduk Indonesia dapat kita baca pada tabel jumlah penduduk beberapa negara di dunia.

Permasalahan Kependudukan IPS Kelas 8 SMP

Mengatasi Permasalahan Kependudukan

Jumlah penduduk suatu negara dapat diketahui melalui berbagai cara, antara lain sebagai berikut:

1. Sensus penduduk

Sensus penduduk adalah keseluruhan proses pengumpulan, menghimpun dan menyusun serta menerbitkan data-data demografi, ekonomi, dan sosial, menyangkut semua orang pada waktu tertentu di suatu negara atau wilayah tertentu.

Dari data sensus dapat diketahui berapa jumlah penduduk suatu negara atau wilayah tertentu. Berdasarkan pelaksanaannya, sensus dibedakan menjadi dua macam, sebagai berikut:

a. Sensus de yure

Sensus de yure adalah pencacahan penduduk yang hanya dikenakan kepada mereka yang benar-benar bertempat tinggal di wilayah atau negara tersebut pada saat sensus di laksanakan. Sensus seperti ini tetap dilakukan pencacahan meskipun orang tersebut sedang tidak ada di tempat.

b. Sensus de facto

Sensus de facto adalah pencacahan penduduk yang dilakukan kepada setiap orang yang berada di wilayah atau negara pada waktu sensus dilaksanakan.

Sensus digunakan berbagai kepentingan antara lain:

– mengetahui jumlah penduduk
– mengetahui pertumbuhan penduduk
– mengetahui kepadatan penduduk
– mengetahui komposisi penduduk

2. Regristasi penduduk

Regristasi penduduk merupakan kumpulan keterangan mengenai terjadinya peristiwa kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk yang terjadi di tempat penduduk tersebut.

3. Survei penduduk

Survei memiliki pengertian hampir sama dengan sensus. Kalau sensus semua penduduk dilakukan pencacahan. Namun pada survei tidak semua penduduk dilakukan pencacahan. Hanya beberapa saja sebagai sampel. Menurut sifatnya, sensus bersifat umum, sedangkan survei bersifat khusus.

Dari ketiga cara untuk mengetahui jumlah penduduk suatu tempat akan negara, sensus penduduk merupakan cara yang  dapat dipercaya kebenarannya dan lengkap. Sensus penduduk ini digunakan baik di negara berkembang maupun negara-negara maju untuk sebagai salah catu cara untuk mengatasi permasalahan kependudukan.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi