Persebaran Penduduk Yang Tidak Merata IPS Kelas 8 SMP

Saturday, March 5th, 2016 - IPS, Kelas 8 SMP

Persebaran penduduk yang tidak merata akan berakibat pada permasalahan kependudukan seperti telah disampaikan pada materi permasalahan kependudukan sebelumnya. Di indonesia terjadi kesenjangan persebaran penduduk yang tidak merata terutama bila dibandingkan dengan pulau jawa. Besarnya jumlah penduduk mempengaruhi perbandingan luas wilayah yang dihuninya. Makin besar jumlah penduduk suatu negara kepadatan penduduknya semakin tinggi. Selain itu, kepadatan penduduk juga ditentukan oleh tingkat persebarannya. Di Indonesia terdapat wilayah-wilayah yang memiliki kepadatan penduduk tinggi. Sementaa wilayah lain memiliki kepadatan penduduk rendah. Kepadatan penduduk Indonesia pada tahun 2005 adalah 116 jiwa/km2. Apabila dibandingkan dengan luas wilayah tidak terlalu tinggi.

Persebaran Penduduk Yang Tidak Merata

Namun karena persebaran penduduk yang tidak merata menyebabkan terjadinya ketimpangan kepadatan penduduk suatu wilayah bila dibandingkan dengan wilayah lainnya. Pulau Jawa yang memiliki luas kurang lebih 12.750 km2  kepadatan penduduknya mencapai 1.001/km2. Sedangkan daerah di luar Pulau Jawa kepadatan penduduknya hanya 55 jiwa/km2. Perhatikan tabel berikut:

Persebaran Penduduk yang Tidak Merata IPS Kelas 8 SMPTabel persentase dan kepadatan penduduk di Jawa dan luar Jawa

Tidak meratanya persebaran penduduk Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor paling berpengaruh adalah faktor ekonomi. Pulau Jawa sebagai pulau paling maju mendorong penduduk diberbagai wilayah berdatangan dengan tujuan memperbaiki taraf hidup.

Persebaran Penduduk Yang Tidak Merata Berakibat Pada Kepadatan Penduduk Yang Tidak Merata

Kepadatan penduduk berhubungan dengan persebarannya pada wilayah-wilayah tertentu. Hal tersebut karena kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk dibandingkan luas wilayah pada suatu tempat, yaitu jumlah penduduk tiap satu km2 atau tiap satu mil. Dengan demikian, ada daerah yang berpenduduk padat dan ada yang jarang.

Bagi kamu yang tinggal di perkotaan terutama di pulau Jawa, hitung berapa luas wilayah RT dan juga berapa jumlah penduduk yang menghuninya, kemudian bandingkan dengan kepadatan penduduk Indonesia. Tidak sama bukan, lebih padatkah? Bagi kamu yang tinggal di pedesaan dan di luar pulau Jawa dan Bali. Ternyata, jika dibandingkan dengan luas wilayah yang ada, Indonesia tidak termasuk negara yang padat penduduknya, kepadatannya mencapai 290 orang per-mil atau 181 orang per-km (1 mil = 1,6 km). Data diatas menunjukan terjadi persebaran penduduk yang tidak merata di Indonesia.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi