Poin Nilai Permainan Tenis

Monday, October 26th, 2015 - Kelas 12 SMA, Penjaskes

Poin nilai permainan tenis dimulai dengan melakukan servis dan penghitungan angka pun dimulai. Server (pemain yang melakukan servis) berdiri di belakang  baseline (garis belakang), ke arah kanan dari garis tengah bagian belakang dan di dalam garis tepi (sideline) tunggal, dan menghadap ke net untuk point pertamanya. Server memiliki dua kali kesempatan melakukan servis dengan cara melemparkan bola ke atas dan memukulnya melintasi net dan secara diagonal menuju ujung yang berlawanan dari garis batas posisi servis.Poin Nilai Permainan Tenis

Poin Nilai Permainan Tenis

Pemain lawan menerima bola servis dan mengembalikannya setelah bola memantul satu kali. Servis akan diulangi jika bola membentur bagian atas net. Point akan diperoleh jika lawan melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Gagal mengembalikan bola ke sisi yang benar dari lapangan.
  2. Memukul bola di luar garis keliling yang benar.
  3. Memukul bola membentur net.
  4. Membiarkan bola memantul dua kali sebelum mengembalikannya.
  5. Mengulurkan raket melampaui net untuk memukul bola sebelum terpental.
  6. Menyentuh net dengan tubuhnya atau raketnya ketika bola masih dalam permainan.
  7. Dengan sengaja membawa atau menangkap bola dengan raket.
  8. Melakukan sesuatu untuk menghalangi lawan melakukan pukulan.
  9. Menyentuh bola dengan apa pun selain raket selama permainan.
  10. Menyentuh atau menangkap bola selama permainan, walaupun ia berdiri di luar lapangan.

Seorang pemain yang berhasil mematikan bola akan memperoleh tambahan angka. Perolehan angka dalam permainan tenis dibedakan menjadi tiga, yaitu nilai pukulan (point), nilai gim (game), dan nilai set.

1. Nilai Pukulan Dalam Tenis

Nilai pukulan (point) dihitung sejak pukulan pertama. Jika pemain memenangkan pukulan pertama, pemain itu mendapat nilai 15. Pada pukulan kedua, nilai yang diperoleh menjadi 30. Pukulan ketiga bernilai 40.

2. Nilai Gim Permainan Tenis

Nilai gim (game) diperoleh setelah seorang pemain memenangkan pukulan keempat. Dengan catatan point pemain lawan kurang dari 40. Jika masing-masing pemain memiliki nilai seri pada point ke-3 atau lebih selama game, point ini disebut deuce. Setelah deuce, dan server memperoleh 1 point lebih, skornya disebut  ad-in atau advantage server.  Jika penerima berhasil mendapatkan 1 point maka disebut ad-out. Pemain harus memenangkan 2 point berturut-turut setelah deuce untuk memenangkan game. Jika tidak, skor akan kembali deuce.

3. Nilai Set

Nilai set menentukan kalah menangnya pemain dalam satu pertandingan. Set pertandingan tenis dibedakan menjadi dua, yaitu set pendek  dan set panjang. Set pendek dimenangkan oleh pemain yang lebih dahulu memenangkan enam game dan unggul minimal dua game dari lawannya. Sementara itu, set panjang terjadi saat kedudukan game 5-5 (set deuce), sehingga pertandingan dilanjutkan sampai pemain unggul dua game dari lawannya.

Dengan uraian diatas semoga kita dapat menghitung poin nilai permainan tenis dengan benar.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi