Proses Membuat Batik Tulis

Tuesday, July 28th, 2015 - Kelas 10 SMK, SMK Kriya Tekstil

Batik tulis adalah batik yang pelekatan lilinnya menggunakan alat canting tulis, yaitu malam cair dimasukkan dalam canting kemudian digoreskan langsung dengan tangan mengikuti pola yang sudah ada pada kain. Getaran jiwa yang teratur melalui tangan pada saat menggoreskan malam dengan canting menimbulkan kesan unik pada pola-pola yang ada pada batik tulis. Proses pembuatan batik tulis lebih lama tetapi hasilnya lebih halus dibanding dengan batik cap. Oleh karena kehalusan dan keunikannya itulah maka batik tulis lebih mahal harga jualnya.

Proses Membuat Batik Tulis

Proses Membuat Batik Tulis

Adapun proses pembuatan batik tulis adalah sebagai berikut:

1. Membuat Pola Batik Tulis

Memola atau proses membuat pola batik tulis yaitu memindahkan gambar pola dari kertas kedalam kain yang akan digunakan untuk membuat batik.

2. Membatik Atau Melekatkan Lilin

Membatik yaitu melekatkan lilin pada kain sesuai dengan pola, untuk menutup sebagian kain agar tidak kemasukan warna. Ada tiga tahap pelekatan lilin yaitu:

  • Nglowong: melekatkan lilin yang pertama pada pola dasar atau kerangka dari motif tersebut.
  • Nembok: menutup kain setelah diklowong dengan menggunakan lilin yang lebih kuat. Nembok meliputi menutup  permukaan tertentu dan memberikan isen-isen pada kain yang sudah diklowong.
  • Nerusi: mengulangi membatik dari bagian belakang mengikuti batikan pertama.

3. Mewarna

Mewarna adalah memberikan warna pada kain yang sudah dibatik. Bagian yang tertutup malam nantinya akan tetap berwarna putih dan yang tidak tertutup malam akan kena warna. Zat warna untuk batik terdiri dari zat warna alam dan sintetis.

4. Nglorod Atau Menghilangkan Lilin

Menghilangkan lilin secara keseluruhan pada akhir proses pembuatan batik disebut mbabar, ngebyok, atau nglorod. Menghilangkan lilin secara keseluruhan ini dilakukan dalam air yang mendidih. Untuk mempermudah proses nglorod maka dalam air panas ditambahkan obat pembantu yaitu waterglass atau soda abu. Cara nglorod adalah kain yang sudah dibatik dibasahi terlebih dahulu kemudian dimasukkan dalam air mendidih yang sudah diberi obat pembantu. Setelah malamnya terlepas, kemudian diangkat dan langsung dicuci sampai bersih. Selanjutnya dijemur ditempat yang teduh tidak langsung kena sinar matahari.

Beberapa proses diatas merupakan tahapan dalam membuat produk batik tulis. Di[erlukan keahlian khusus dan waktu yang relatif lama dalam proses pembuatan batik tulis, oleh karena itu harga produk batik tulis akan jauh lebih tinggi dari pada batik cap.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi