Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD

Wednesday, August 17th, 2016 - Bahasa Indonesia, Kelas 5 SD

Rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 5 SD berikut ditulis berdasarkan buku paket pelajaran Bahasa indonesia untuk kelas 5 SD yang diterbitkan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 5 SD lenkap tersebut.Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD

Pelajaran 1 Mencari Hiburan

  • Mendengarkan penjelasan dari narasumber diperlukan konsentrasi yang sungguh-sungguh agar mampu mencatat pokok-pokok permasalahan yang disampaikan narasumber.
  • Menanggapi suatu persoalan sangat penting dalam berdiskusi. Kecermatan memilih kata secara tepat sangat penting agar tanggapan yang disampaikan bisa diterima dengan baik.
  • Dalam perkembangan zaman seperti sekarang ini keterampilan membaca cepat sangat diperlukan. Membaca cepat merupakan kegiatan membaca yang dilakukan secara cepat dan tepat. Oleh karena itu, tidak semua kata dibaca.
  • Menggunakan kalimat perintah ajakan perlu memerhatikan pilihan kata secara tepat. Untuk memperhalus perintah ajakan biasanya menggunakan partikel -lah. Partikel -lah berfungsi sebagai penegas dan memperhalus nilai makna kata
  • Kegiatan menulis karangan menggunakan gambar merupakan kegiatan menulis permulaan. Dengan menggunakan gambar anak terbantu untuk mengungkapkan gagasan dalam hatinya.

Pelajaran 2 Persoalan Kependudukan

  • Dalam membaca percakapan perlu memerhatikan lafal, intonasi, dan ekspresi. Dengan hal tersebut maksud percakapan dapat mudah dipahami orang lain.
  • Dalam berkomunikasi kata tanya digunakan untuk menggali sebuah informasi dari orang lain. Untuk mempertegas dan memperhalus pertanyaan.
  • Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dalam menulis surat undangan, antara lain pilihan kata, keefektifan kalimat, dan kelengkapan unsur-unsur undangan (hari, tanggal, waktu, tempat, dan keperluan). Selain itu, masih ada lagi unsur yang penting yaitu alamat dan pembuat undangan.
  • Dalam mewawancarai tokoh ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain menentukan topik, memilih kata yang tepat, menyusun kalimat pertanyaan.
  • Mendengarkan cerita merupakan kegiatan sehari-hari yang sering kamu lakukan. Agar isi cerita dapat dengan mudah kamu tangkap perlu adanya keseriusan dalam mendengarkan.

Pelajaran 3 Keteladanan Ibu

  • Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membacakan puisi, antara lain lafal, intonasi, dan ekspresi.
  • Menulis laporan merupakan kegiatan menyampaikan sesuatu secara objektif. Agar laporannya baik ada beberapa langkah yang harus diperhatikan: melakukan kunjungan, mencatat hal-hal penting, menulis laporan berdasarkan catatan, memperbaiki tulisan berdasarkan masukan dari teman, menulis laporan dengan benar.
  • Dalam bahasa tulis tanda baca titik dua (:) berfungsi untuk hal-hal sebagai berikut: (1) dipakai pada akhir suatu pernyataan lengkap bila diikuti pemerian; (2) dipakai sesudah ungkapan atau kata yang memerlukan pemerian; dipakai dalam teks drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku dalam percakapan.
  • Sebuah kalimat untuk menanggapi persoalan biasanya ditandai dengan pernyataan menurut saya, mestinya, kalau tidak salah dan sebagainya.
  • Untuk mencatat hal-hal pokok penjelasan narasumber diperlukan kesungguhan. Maksudnya, agar apa yang disampaikan bisa kita pahami secara keseluruhan.

Pelajaran 4 Belajar Berkoperasi

  • Membaca cepat adalah kegiatan membaca yang dilaksanakan secara cepat untuk menemukan isi bacaan. Oleh karena itu, tidak semua kata dalam bacaan dibaca hanya kata-kata kunci saja.
  • Istilah dalam bidang ekonomi adalah kata-kata yang maknanya berhubungan dengan masalah ekonomi.
  • Menulis pengalaman merupakan kegiatan mengungkapkan kembali pengalaman secara tulis. Pengalaman disampaikan secara tulis dengan menggunakan kata-kata yang tepat.
  • Mewawancarai tokoh merupakan kegiatan menggali informasi secara langsung. Agar kegiatan bisa efektif tentukan tema dan persiapkan pertanyaan yang mampu menggali informasi.
  • Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendengarkan penjelasan narasumber, antara lain bersifat positif dan sungguh-sungguh.

Pelajaran 5 Nilai Kepahlawanan

  • Mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan merupakan kegiatan yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Cerita rakyat merupakan gambaran kehidupan yang terjadi di daerah.
  • Memahami isi dua teks atau lebih merupakan kegiatan membaca ekstensif. Untuk mengetahui isi teks diperlukan kecermatan menemukan gagasan pokok tiap paragraf.
  • Menyusun kalimat untuk menanggapi sebuah persoalan diperlukan ketepatan memilih kata. Dengan harapan agar kalimat yang disampaikan tidak menyinggung perasaan dan masih tetap berkaitan dengan tema.
  • Dialog merupakan kegiatan berkomunikasi secara langsung. Dalam menulis teks dialog harus memerhatikan tanda petik (“”) untuk menuliskan petikan langsung yang disampaikan narasumber.

Pelajaran 6 Mencari Kegiatan

  • Mendengarkan penjelasan dari narasumber perlu perhatian yang serius. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memahami penjelasan narasumber, antara lain mencatat hal-hal pokok apa yang disampaikan.
  • Membaca indah merupakan kegiatan membaca yang lebih mementingkan keindahan dalam melafalkan kata-kata dalam teks. Oleh karena itu, pelafalan, intonasi, dan volume suara sangat diperlukan.
  • Surat pribadi merupakan sarana komunikasi tertulis yang bersifat pribadi. Ada surat pribadi resmi dan ada pula surat pribadi tidak resmi. Keduanya harus memerhatikan tempat dan tanggal surat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan pembuat surat.
  • Cerpen merupakan salah satu karya sastra yang berkembang pesat. Selain ceritanya pendek, alur ceritanya pun rapat. Oleh karena itu, dalam membaca cerpen harus dinikmati dalam satu waktu.

Pelajaran 7 Lingkungan Alamku

  • Menyusun kalimat untuk menanggapi sebuah cerita perlu keterampilan memilih kata yang tidak menyinggung perasaan negatif. Kalimat tanggapan berupa kalimat yang kebenarannya belum pasti.
  • Menyusun kalimat yang berisi mengomentari persoalan diperlukan kecermatan memahami isi teks bacaan.
  • Kegiatan membandingkan isi teks bacaan diperlukan kecermatan memahami gagasan pokok pada masing-masing paragraf. Gagasan pokok merupakan permasalahan yang menjiwai isi paragraf.
  • Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menulis puisi bebas, antara lain memilih peristiwa yang paling berkesan, memilih kata yang tepat dan menarik, menyusun kata-kata dalam baris dalam bentuk bait, serta berilah judul yang menarik.

Pelajaran 8 Perkembangan Transportasi

  • Membaca memindai adalah kegiatan membaca yang dilakukan secara cepat, cermat, tanpa membaca yang lain.
  • Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan dalam meringkas suatu buku, antara lain: membaca secara sungguh-sungguh untuk menemukan pokok-pokok isi buku; mencatat pokok-pokok isi buku; merangkai pokok-pokok isi buku ke dalam bentuk paragraf.
  • Unsur-unsur dalam sebuah cerita antara lain: tema, alur, latar, tokoh, sudut pandang, dan amanat. Tema adalah permasalahan yang ada dalam cerita, alur adalah urutan-urutan terjadinya cerita, latar adalah kapan, di mana dan bagaimana cerita itu terjadi, tokoh adalah pelaku yang memerankan cerita, sudut pandang adalah bagaimana penulis menyampaikan jalannya cerita, sedangkan amanat adalah pesan penulis kepada pembaca melalui tokoh cerita.
  • Drama adalah sebuah karya sastra yang berbentuk dialog. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mementaskan drama, antara lain bacalah teks drama dengan saksama, bayangkan tokoh dalam drama tersebut, usahakan bisa menjiwai karakter tokoh, dan hafalkan teks drama tersebut dengan baik.
  • Untuk menemukan informasi secara cepat dalam sebuah dongeng perlu adanya langkah-langkah yang harus ditempuh, antara lain membaca secara sungguh-sungguh untuk menemukan pokok-pokok dongeng, merangkai pokok-pokok dongeng menjadi sebuah cerita singkat.

Pelajaran 9 Budi Pekerti

  • Latar/setting adalah tempat terjadinya suatu cerita.
  • Amanat adalah pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca.
  • Imbuhan ter- pada kata “terdengar” dan “terlihat” bermakna dapat di …
    sedangkan pada kata “tersentuh” imbuhan ter- bermakna dikenai …
  • Drama adalah karya sastra yang berbentuk dialog, unsur-unsur dalam drama berisi tokoh, latar, tema, dan amanat cerita.
  • Dalam teks drama kadang juga memuat kalimat yang menggunakan kata harapan. Misalnya: moga-moga, mudah-mudahan.

Kami harap dengan dibuat rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 5 SD seperti diatas dapat memudahkan kita belajar.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi