Rangkuman Materi Pelajaran Agama Islam Kelas 3 SD

Monday, October 3rd, 2016 - Kelas 3 SD, PAI

Rangkuman materi pelajaran Agama Islam kelas 3 SD pada halaman ini disusun berdasarkan buku paket penajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk kelas 3 SD/MI yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran Agama Islam kelas 3 SD secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran Agama Islam Kelas 3 SD,rangkuman pai kelas 3 sd,rangkuman agama islam kelas 3 sd,rangkuman materi pai kelas 3 sd,rangkuman materi pai kelas 3 sd semester 1,rangkuman materi agama islam kelas 3 sma,rangkuman pai kelas 3 sd semester 1,rangkuman agama islam kelas 3 sd semester 2,ringkasan materi pai kelas 3 sd semester 1,rangkuman materi pai kelas 3 sd semester 2,rangkuman pelajaran agama islam kelas 3 sd,ringkasan materi agama islam kelas 3 sd

Rangkuman Materi Pelajaran Agama Islam Kelas 3 SD

Bab 1 Membaca dan Menulis Kalimat dalam  Al-Qur’an

Dalam membaca kalimat Al-Qur’an, kita harus mengetahui dahulu huruf-huruf hijaiyah. Kemudian, kita pun harus mengetahui bunyi hurufhuruf hijaiyah setelah diberi harakat.

Sedangkan dalam penulisan kalimat Al-Qur’an, kita harus mengetahui tentang cara:

  1. penulisan huruf-huruf hijaiyah,
  2. penulisan perubahan huruf-huruf hijaiyah setelah ditulis bersambung, dan
  3. penulisan harakat.

Bab 2 Sifat-sifat Wajib Allah

Sifat wajib bagi Allah adalah sifat kesempurnaan yang harus ada pada Allah. Sifat tersebut hanya dimiliki oleh Allah. Jumlah dari sifat wajib Allah ada dua puluh, di antaranya:

  1. Wujūd artinya ada;
  2. Qidam artinya terdahulu;
  3. Baqa’ artinya kekal;
  4. Mukhalafatu lilhawadisi artinya berbeda dengan makhluknya;
  5. Qiyamuhū binafsihi artinya berdiri sendiri.

Bab 3 Percaya Diri, Tekun, dan Hemat

Percaya diri artinya yakin akan kemampuan diri sendiri. Orang yang percaya diri tidak pernah minder dalam menghadapi apa pun.

Tekun artinya keras hati dan bersungguhsungguh dalam berusaha. Orang yang tekun tidak akan putus asa jika mengalami kesulitan. Ia akan terus berusaha semampunya agar usahanya berhasil.

Hemat  artinya berhati-hati  dalam membel anj akan uang.  Orang yang hemat hidupnya sederhana. Semua keperluannya tidak dipenuhi secara berlebih. Ia pun akan menyimpan sebagian uangnya untuk keperluan masa depan.

Bab 4 Salat dengan Tertib

Di dalam melaksanakan salat, gerakan dan bacaan harus sesuai. Gerakan dan bacaan salat pun harus tuma’ninah dan khusyuk. Berikut ini gerakan salat dan bacaannya.

  1. Berdiri tegak, membaca niat.
  2. Takbiratul ihram, membaca takbir.
  3. Bersedekap, membaca doa Iftitah, surah Al-Fatihah, dan surah pendek.
  4. Rukuk, membaca bacaan rukuk.
  5. Iktidal, membaca bacaan iktidal.
  6. Sujud, membaca bacaan sujud.
  7. Duduk antara dua sujud, membaca bacaan duduk antara dua sujud.

Bab 5 Membaca dan Menulis Ayat-ayat Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk ibadah. Oleh karena itu, kita harus rajin membaca Al-Qur’an. Di dalam membaca AlQur’an, kita harus memperhatikan huruf hijaiyah dan harakatnya. Hal itu dikarenakan agar bacaan kita benar dan fasih.

Selain harus dapat membaca ayat-ayat AlQur’an, kita pun harus mampu menulisnya. Di dalam penulisan ayat-ayat Al-Qur’an, kita harus memperhatikan perubahan penulisan huruf hijaiyah ketika disambungkan. Jangan lupa pula untuk memperhatikan harakatnya.

Bab 6 Sifat Mustahil Allah

Sifat mustahil bagi Allah adalah sifat kekurangan yang tidak mungkin ada pada Allah. Sifat mustahil merupakan kebalikan dari sifat wajib Allah. Sifat mustahil Allah hanya dimiliki oleh makhluk-Nya. Sifat mustahil Allah ada dua puluh, di antaranya:

  1. ‘adam artinya tidak ada;
  2. hudus artinya baru;
  3. fana’artinya rusak atau binasa;
  4. mumasalatu lilhawadisi artinya sama dengan makhluk-Nya;
  5. ihtiyaju ligairihi artinya membutuhkan bantuan dari yang lain.

Bab 7 Setia Kawan, Kerja Keras, dan Penyayang

Setia kawan artinya solider. Orang setia kawan akan saling setia dan tidak saling mengkhianati. Orang yang setia kawan akan saling mengajak pada kebenaran.

Kerja keras artinya berusaha dengan sungguhsungguh untuk meraih apa yang diinginkannya. Sebagai siswa, kamu harus bekerja keras dalam belajar. Seorang pekerja keras akan selalu berdoa agar pekerjaannya berhasil.

Menyayangi artinya memperlakukan sesuatu dengan bai k. Ki ta harus menyayangi  hewan dan lingkungan. Hewan dan lingkungan yang terpelihara akan mendatangkan keuntungan bagi kita.

Sikap setia kawan, kerja keras, dan penyayang sangat terpuji. Karena itu, Islam sangat menganjurkan umatnya berperilaku seperti itu.

Bab 8 Salat Fardu

Salat fardu adalah salat lima waktu yang jika dikerjakan mendapat pahala, namun jika ditinggalkan mendapat dosa. Salat fardu terdiri atas salat Subuh, salat Zuhur, salat Asar, salat Magrib, dan salat Isya.

Salat Subuh terdiri atas dua rakaat. Salat Zuhur, Asar, dan Isya terdiri atas empat rakaat. Sedangkan salat Magrib terdiri atas tiga rakaat. Bacaan dan gerakan salat dari kelima salat fardu adalah sama. Bagian yang membedakan adalah bacaan niatnya. Berikut ini gerakan salat dan bacaannya.

  1. Berdiri tegak, membaca niat.
  2. Takbiratul ihram, membaca takbir.
    Gerakan dan bacaan 1 dan 2 hanya dilakukan pada rakaat pertama.
  3. Bersedekap, membaca doa Ifti tah, surah Al-Fatihah, dan surah pendek.
    Doa Iftitah hanya dibaca pada rakaat pertama. Pada rakaat ketiga dan keempat hanya membaca surah Al-Fatihah.
  4. Rukuk, membaca bacaan rukuk.
  5. Iktidal, membaca bacaan iktidal.
  6. Sujud, membaca bacaan sujud.
  7. Duduk antara dua sujud, membaca bacaan duduk antara dua sujud.

Kami harap dengan disusunnya rangkuman materi pelajaran Agama Islam kelas 3 SD secara lengkap seperti diatas dapat memudahkan kita mempelajari materi PAI di kelas 3 SD.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi