!-- Mobicow.com Ad Code Start : Do Not Modify -->

Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA

Saturday, October 1st, 2016 - Bahasa Indonesia, Kelas 12 SMA

Rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12 SMA pada halaman ini disusun berdasarkan buku paket pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 12 SMA yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12 SMA secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA,ringkasan bahasa indonesia kelas 12,ringkasan materi bahasa indonesia kelas 12 semester 1,rangkuman materi bahasa indonesia kelas 12,rangkuman bahasa indonesia kelas 10 sampai 12,rangkuman materi bahasa indonesia kelas xii smk semester 1,rangkuman bahasa indonesia kelas 12,rangkuman bahasa indonesia kelas 12 semester 2,rangkuman bahasa indonesia kelas 12 smk,ringkasan materi bahasa indonesia kelas 12,ringkasan materi bahasa indonesia kelas 12 sma,rangkuman materi bahasa indonesia kelas 12 sma,ringkasan materi bahasa indonesia smk kelas xii,rangkuman bahasa indonesia kelas xii,rangkuman bahasa indonesia kelas xii ipa semester 1,rangkuman materi bahasa indonesia kelas xii ipa,rangkuman materi bahasa indonesia kelas xii ips,rangkuman materi bahasa indonesia kelas 12 ips,ringkasan materi bahasa indonesia kelas 12 smk,ringkasan materi bahasa indonesia kelas xii semester 1,ringkasan materi bahasa indonesia kelas xii semester 2,rangkuman materi bahasa indonesia kelas 12 smk,rangkuman materi bahasa indonesia kelas xii,rangkuman pelajaran bahasa indonesia kelas xii,rangkuman bahasa indonesia kelas xii semester 1,rangkuman bahasa indonesia kelas xii smk,ringkasan materi bahasa indonesia kelas x xi xii,rangkuman materi bahasa indonesia kelas xii semester 2,rangkuman bahasa indonesia kelas xii semester 2

Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA

BAB I PERISTIWA

  1. Untuk membedakan fakta dan opini dari informasi (berita) yang anda dengarkan, hendaknya mencatat pokok-pokok berita, memahaminya dan menentukan mana yang termasuk fakta dan opini. Fakta adalah peristiwa yang benar-benar terjadi. Opini merupakan pendapat yang berkaitan dengan fakta yang diberitakan.
  2. Penilaian terhadap isi pembicaraan diskusi dapat Anda sampaikan secara langsung dengan etika berbicara yang baik dan tidak langsung (tulisan).
  3. Kebudayaan masyarakat pada suatu masa dapat terlihat melalui  karya sastra yang diciptakan pada masa itu. Karena, dalam penciptaan sebuah karya sastra, sastrawan selalu bercermin pada masyarakat pada saat itu.
  4. Makna konotatif adalah makna kias/bukan sebenarnya sedangkan makna denotatif adalah makna sebenarnya/lugas. Makna gramatikal adalah makna kata setelah dimasukkan ke dalam konteks kalimat, sedangkan makna leksikal adalah makna kata seperti yang ada dalam kamus.
  5. Lagu-lagu Indonesia sangat kaya dengan nuansa maknanya. Artinya di dalamnya banyak mengandung makna denotasi, konotasi, homograf, hiponim, dan gaya bahasa.
  6. Untuk menulis karya sastra yang ingin dipublikasikan, hendaknya harus menarik dalam tema, bahasa, maupun kemasannya (penampilannya).

BAB II EKONOMI

  1. Mengevaluasi laporan bertujuan memerbaiki kekurangan yang terdapat di dalamnya agar saat dilaporkan lebih sempurna baik isi, bahasa, maupun penyajiannya.
  2. Mendeskripsikan hal-hal menarik dari biografi tokoh dengan cara membaca isi dengan intensif, menemukan hal-hal yang dianggap menarik dari awal hingga akhir hidup tokoh, mencatatnya, dan  mengungkapkan dengan kalimat yang baik serta runtut.
  3. Beberapa pola pengembangan paragraf sebagai berikut:
    1. induktif, mengawali dengan peristiwa yang bersifat khusus untuk disimpulkan secara umum di akhir paragraf. Induktif terbagi menjadi generalisasi, analogi, sebab akibat, akibat sebab, sebab akibat akibat.
    2. deduktif, diawali dengan pernyataan yang bersifat umum diikuti penjelasan yang bersifat khusus.
    3. alasan. Paragraf yang penguraian di dalamnya banyak memaparkan alasan.
    4. rincian. Paragraf yang penguraian di dalamnya menampilkan rincian, bagian atau anggota dari suatu kelompok.
  4. Menilai gagasan/pendapat orang hendaknya mengetahui mana yang merupakan opini itu sendiri atau komentar dari penulis yang bersangkutan.
  5. Aksara Arab terdiri dari 29 huruf sedangkan Melayu terdiri dari aksara Arab +4 huruf Melayu, jadi 33 huruf. Menulis Arab dari kiri ke kanan. Untuk mengalihkannya perhatikan sistem ejaan dalam aksara Arab-Melayu

BAB III KESENIAN

  1. Dalam menguraikan cerita di depan teman, perhatikan hal-hal berikut!
    1. pilihlah cerita yang menarik
    2. carilah bahan cerita lain sebagai  pendukung cerita utama
    3. buatlah kerangka cerita
    4. uraikanlah dengan kalimat yang baik berdasarkan kerangka cerita
    5. perhatikan penampilan, intonasi jelas, ekspresi dan bahasa yang komunikatif
  2. Puisi terjemahan adalah puisi yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
    1. Tema adalah pokok persoalan yang diangkat pada karya sastra
    2. Amanat adalah isi atau pesan yang ingin disampaikan penyair kepada penikmat sastra.

    Untuk mengevaluasi puisi terjemahan, perhatikan langkah berikut!

    1. mendengarkan dengan seksama
    2. menginterpretasikan puisi dengan membuat parafrasenya
    3. menemukan isi dan temnya
    4. mengevaluasi dari segi isi (sesuaikah dengan kebudayaan masyarakat) dan dari segi penulisan (sesuaikah dengan aturan penulisan puisi)
  3. Menulis surat lamaran pekerjaan harus memperhatikan unsur-unsur yang ada di dalamnya, yaitu tanggal penulisan, hal, lampiran, alamat yang dituju, salam pembuka, pembuka, isi, penutup, salam penutup, nama terang dan tanda tangan pelamar.
  4. Unsur-unsur dalam penyusunan laporan hasil diskusi/seminar adalah topik diskusi, tempat, waktu, pembicara, peserta, moderator, jumlah peserta, pelaksanaan, dan penutup.
  5. Kohesi adalah pertalian antara kalimat satu dan kalimat yang lain dalam sebuah paragraf yang mendukung topik. Koherensi adalah kekompakan antar kalimat dalam sebuah paragraf

BAB IV PENDIDIKAN

  1. Paragraf persuasi adalah paragraf yang isinya membujuk, memengaruhi pembaca sehingga mengikuti apa yang penulis harapkan.
    Cara menulis paragraf persuasi sebagai berikut:

    1. menetapkan topik
    2. menentukan tujuan penulisan
    3. mengumpulkan bahan
    4. menyusun kerangka tulisan
    5. mengembangkan kerangka menjadi karangan
    6. penutup
  2. Paragraf argumentasi adalah paragraf yang isinya meyakinkan pembaca dengan menampilkan bukti/data.
    Cara menyusun paragraf argumentasi sebagai berikut:

    1. menentukan topik dan tujuan penulisan
    2. mengumpulkan bahan
    3. membuat kerangka
    4. menarik kesimpulan
    5. penutup
  3. Puisi pada tiap periode memiliki ciri khas sendiri yang berbeda dengan puisi pada periode lain. Pada puisi tersebut  dapat ditemukan standar budaya yang menggambarkan keadaan masyarakat pada saat itu dengan cara menginterpretasikan makna, memahami latar belakang penulisan dan penulis itu sendiri.
  4. Melisankan gurindam sama dengan melisankan pantun.
  5. Pada umumnya penggunaan bahasa pada puisi sama, baik puisi Indonesia maupun terjemahan, karena bahasa dalam puisi sarat dengan makna. Perbedaannya hanya pada nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
  6. Paragraf ditinjau berdasarkan isi terbagi atas:
    1. paragraf narasi
    2. paragraf deskripsi
    3. paragraf eksposisi
    4. paragraf argumentasi
    5. paragraf persuasi
  7. Paragraf ditinjau dari letak kalimat utama/topik terbagi atas:
    1. paragraf deduktif
    2. paragraf induktif
    3. paragraf campuran
    4. paragraf naratif/deskriptif

BAB VPARIWISATA

  1. Paragraf deduktif adalah paragraf yang penulisannya diawali dengan kalimat utama dan diikuti kalimat-kalimat penjelas.
  2. Paragraf deduktif terdiri dari silogisme dan entimen.
  3. Paragraf induktif adalah paragraf yang penulisannya diawali oleh kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri oleh kesimpulan/kalimat utama.
  4. Paragraf induktif terdiri dari: generalisasi, analogi, sebab-akibat, akibat-sebab, sebab-akibat1-akibat2.
  5. Unsur-unsur yang perlu dianalisis dalam laporan (laporan perjalanan) adalah tujuan, biaya yang diperlukan, peserta, transportasi, kesan, dan lain-lain. Hal lain selain itu, bahasa yang digunakan, sistematika penulisan.
  6. Penilaian diberikan dengan tujuan untuk menyempurnakan laporan.
  7. Sikap dan penghayatan penyair pada puisi dapat ditemukan dengan cara menginterpretasikan dulu makna puisi dan melihat latar belakang penulisannya.
  8. Jenis kalimat secara pragmatik maksudnya adalah jenis kalimat yang penggunaannya tergantung situasi dan kondisi.

BAB VI  KESEHATAN

  1. Paragraf contoh adalah paragraf yang kalimat utamanya berisi contoh, ilustrasi untuk menguatkan pernyataan.
  2. Paragraf proses adalah paragraf yang kalimat utamanya memaparkan proses terjadinya sesuatu atau peristiwa.
  3. Paragraf perbandingan adalah paragraf yang kalimat utamanya dinyatakan dengan membandingkan dengan pernyataan lain.
  4. Untuk menjelaskan program kegiatan harus mengemukakan unsur secara rinci dengan kalimat yang jelas dan disertai bahan pendukung untuk memperkuat program kegiatan.
  5. Unsur-unsur pementasan drama ialah naskah, pemain, sutradara, panggung, tata rias, tata lampu, tata panggung, tata kostum, dan penonton.
  6. Beberapa makna dalam bahasa Indonesia ialah sinonim, anonim, homonim, homofon, homograf, meluas, menyempit, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, asosiasi.

BAB VII KEMANUSIAAN

  1. Makalah adalah tulisan tentang pokok permasalahan yang dibacakan di depan umum atau sering dibuat untuk diterbitkan. Struktur makalah terdiri dari pendahuluan, pembahasan, penutup dan daftar pustaka.
  2. Membaca cepat adalah membaca dengan kecepatan tertentu untuk memahami isi bacaan.
    Rumus yang digunakan untuk mengetahui kecepatan membaca adalah sebagai berikut:
    Jumlah kata yang dibaca
    ×60= … . kpm
    Waktu baca (detik)
  3. Unsur-unsur dalam naskah drama adalah tema, amanat, plot, karakter, dialog, latar, bahasa dan interpretasi.
  4. Prosa naratif (cerpen/novel) terdiri dari unsur-unsur pembangun tema, tokoh, plot, dan perwatakan Tema merupakan pokok pikiran yang dijadikan dasar mengarang.
    Tokoh adalah pelaku dalam cerita, sedangkan perwatakan merupakan gambaran karakter tiap pelaku.
    Plot merupakan alur dalam cerita yang memiliki hubungan sebab akibat.
  5. Drama Indonesia dengan warna daerah artinya drama yang memiliki kekhasan sendiri dengan menampilkan budaya dan tradisi daerah (mengusung kebudayan daerah tertentu)
  6. Wacana tulis dan lisan terbagi menjadi tiga jenis bila dilihat dari konteks bahasanya, yaitu wacana jurnalistik, ilmiah dan sastra.

BAB VIII SUMBER DAYA  ALAM

  1. Esai adalah karangan atau tulisan dalam bentuk prosa yang tidak terlalu panjang dan membicarakan suatu pokok persoalan.
  2. Kritik adalah pengamatan yang dilakukan secara teliti  dengan membuat perbandingan dan pertimbangan yang adil terhadap baik buruknya kualitas, nilai, kebenaran  suatu karya sastra.
    Prinsip penulisan  kritik adalah sebagai berikut:

    1. membuat sinopsis
    2. menginterpretasi karya
    3. memberikan kritikan (Kelebihan dan kelemahan)
  3. Prinsip penulisan esai adalah sebagai berikut:
    1. membuat sinopsis
    2. memberikan pandangan dari sudut pandang penulis
  4. Untuk menilai unsur-unsur dalam drama tradisional/terjemahan hendaknya dimulai dengan membaca, memahami, dan menganalisis unsur-unsur dalam lakon drama dan mempertimbangkan nilai-nilai yang ada.
  5. Membacakan pidato tanpa teks harus memperhatikan:
    1. menentukan topik pidato
    2. membuat kerangka terlebih dahulu
    3. mencari bahan pendukung dan menguraikannya di depan audiens.
    4. lafal yang jelas
    5. intonasi yang sesuai
    6. penghayatan yang tepat
    7. bahasa yang komunikatif
  6. Bahasa yang digunakan dalam tindak berbahasa harus memperhatikan situasi dan kondisi yang diajak berbicara agar pesan tersampaikan.

Kami harap dengan disusunnya rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12 SMA seperti diatas dapat memudahkan kita mempelajari materi pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 12 SMA.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi