Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

Monday, September 5th, 2016 - Bahasa Indonesia, Kelas 8 SMP

Rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP pada halaman ini disusun berdasarkan buku pedoman belajar Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

Bab 1 : Hiburan

  1. Wawancara terdiri atas dua jenis yaitu wawancara ragam formal dan wawancara ragam tidak formal. Berdasarkan ragam tersebut, kamu dapat membuat pertanyaan sesuai dengan konteks dan situasi.
  2. Laporan yang telah kamu pelajari adalah laporan dalam bentuk berita. Membuat laporan sama halnya seperti menyajikan berita. Dalam menganalisis laporan berita harus diperhatikan aspek: apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaiamana kejadian tersebut.
  3. Kunci keberhasilan menulis petunjuk, yaitu memerhatikan sistematika penulisan, kejelasan kalimat, dan ketepatan informasi. Ketiga hal tersebut dimaksudkan agar petunjuk yang kamu buat mudah dipahami.
  4. Saat mengidentifikasi unsur drama, kamu harus memerhatikan keseluruhan isi cerita atau unsur intrinsik, yang terdiri atas dialog, alur, tokoh, latar, tema, dan amanat.

Bab 2 : Pendidikan

  1. Pada Pelajaran 1 Bagian B, kamu telah belajar menganalisis isi laporan. Mengisi laporan berbeda dengan menganalisis laporan, demikian pula saat menanggapinya.  Saat menanggapi isi laporan, kamu harus memilih pendapat yang disusun berdasarkan hasil analisis.
  2. Membaca memindai adalah kegiatan membaca yang bertujuan mencari informasi baik itu makna secara cepat. Informasi tersebut dapat diperoleh dari  kamus, indeks buku, ataupun buku telepon.
  3. Kegiatan menulis laporan tidak langsung dilakukan pada saat kamu mengobservasi objek, melainkan dilakukan sesudahnya.
  4. Saat bermain peran, hal terpenting adalah penghayatan terhadap tokoh yang kamu perankan.

Bab 3 : Peristiwa

  1. Laporan lisan perlu memperhatikan sistematika penyampaian yang terdiri dari urutan ruang, waktu, dan topik berita.
  2. Saat ingin menemukan tempat atau arah, kamu harus berpatokan pada tempat sekarang kamu berada.
  3. Menanggapi unsur pementasan drama harus meliputi unsur gerak yang terdiri dari ekspresi wajah, ekspresi tangan, dan ekspresi tubuh. Selain unsur gerak, ada juga unsur panggung, dan unsur setting serta pencahayaan.
  4. Dalam penulisan sebuah naskah drama, terlebih dahulu, kamu harus menentukan tema. Lalu selanjutnya kamu harus menentukan penokohan dan perwatakan, dialog dan latar serta yang terakhir adalah waktu.

Bab 4 : Kehidupan

  1. Hal utama yang harus diperhatikan saat kamu membaca cepat adalah pergerakan bola matamu. Saat membaca cepat lehermu jangan ikut bergerak, karena cukup mata saja yang mengikuti tulisan.
  2. Dalam evaluasi pemeranan tokoh drama, dialog-dialog yang diucapkan tokoh-tokoh akan menjadi pusat perhatian. Penghayatan dialog, gestur, dan kesesuaian postur tubuh menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan.
  3. Menulis naskah drama berdasarkan kaidah penulisan naskah drama berbeda dengan menulis naskah drama berdasarkan keaslian ide. Menulis naskah drama berdasarkan kaidah penulisan naskah drama, biasanya mengadaptasi dari naskah drama yang sudah ada. Penulisan naskah drama berdasarkan keaslian ide biasanya menyadur cerpen dan novel atau karangan sendiri.

Bab 5 : Kegiatan

  1. Dalam pembelajaran penulisan surat dinas, terlebih dahulu kamu harus membedakan tata cara menulis surat resmi dan surat tidak resmi. Setelah memahaminya, kamu akan mudah untuk menulis surat dinas ataupun jenis surat lainnya.
  2. Bermain drama dengan berimprovisasi, bukan berarti peranmu keluar dari ketentuan naskah. Bermain peran dengan berimprovisasi justru kamu harus bermain sesuai dengan kerangka naskah drama.
  3. Saat menulis sinopsis novel remaja, kamu harus memerhatikan poin-poin penting yang terkandung di dalamnya seperti tema, alur, dan amanat dan penokohan yang membawa alur sebuah novel.

Bab 6 : Ilmu Pengetahuan Populer

  1. Laporan merupakan suatu berita tentang peristiwa dengan memerhatikan aspek 5W + 1H.
  2. Kutipan novel berisi ringkasan, kometar tentang identitas novel, pengarang, penggunaan gaya bahasa, penokohan, pesan, kesan dan lain-lain.
  3. Membaca secara ekstensif dua bacaan yang berbeda  dengan topik yang sama tidak akan memengaruhi simpulan akhir berita. Hal tersebut dikarenakan isi permasalahan berita berbeda.
  4. Penulisan rangkuman buku berisi mengenai keseluruhan isi buku seperti sampul, halaman, isi, dan daftar pustaka.

Bab 7 : Kegemaran

  1. Dalam manjelaskan tema dan latar novel, kamu harus membaca dan mengidentifikasikan terlebih dahulu unsur intrinsik yang terdapat dalam novel. Dengan membaca keseluruhan isi cerita, kamu akan mudah mencari tema dan menjelaskannya. Berbeda dengan tema, latar dalam sebuah bacaan  seperti novel lebih mudah dipahami jika kamu membacanya dengan cermat.
  2. Kutipan sebuah novel merupakan gambaran umum mengenai isi dari novel tersebut. Kamu dapat mengomentari segi intrinsik maupun ekstrinsik. Dengan demikian, kamu dapat menilai kelebihan dan kelemahan novel tersebut.
  3. Membaca intensif adalah kegiatan membaca suatu teks bacaan secara teliti dan berulang-ulang. Hal tersebut dimaksudkan agar kamu selaku pembaca dapat lebih cepat dan tepat dalam memahami suatu teks bacaan.
  4. Saat menulis teks berita, kamu harus bertindak objektif. Dalam hal ini, kamu harus bersikap atau berada di pihak yang netral dan tidak memihak. Hal terpenting dalam penulisan berita adalah aspek 5W+1H.

Bab 8 : Lingkungan Sekitar

  1. Pengembangan alur cerita dalam sebuah novel biasanya dari pengenalan cerita, pengungkapan peristiwa, menuju pada konflik, puncak konflik dan yang terakhir adalah penyelesaian masalah.
  2. Pada dasarnya, perdebatan dalam sebuah diskusi merupakan hal yang wajar, selama proses perdebatan itu berjalan positif dan lancar untuk mencari solusi bersama.  Dalam menyatukan pendapat, kamu juga harus memerhatikan pendapat orang lain.
  3. Saat membaca buku antologi puisi, kamu akan mengetahui gaya penulisan masing-masing penulis. Gaya penulisan seorang penyair pasti memiliki atau memuat kekhasan.
  4. Tujuan utama dari pembuatan poster atau slogan adalah untuk memengaruhi pembaca agar menuruti apa yang diinginkan pihak si pembuat. Isi slogan atau poster harus berisi hal-hal yang beguna bagi khalayak.

Bab 9 : Kehidupan

  1. Untuk mengidentifikasi karakter tokoh novel, kamu harus membaca dengan melibatkan diri kita secara emosional serta memberikan rasa empati dan rasa suka.
  2. Dalam menilai dan menjelaskan unsur-unsur sebuah novel, yang harus kamu lakukan adalah memerhatikan dari segi sisi cerita, tokoh, dan latar novel tersebut.
  3. Saat membawakan sebuah acara, kamu terlebih dahulu harus mengetahui jenis dan tujuan acara, peserta, dan kondisi kelangsungan acara, Setelah mengetahuinya, kamu akan mudah memandu acara tersebut.
  4. Saat menulis sebuah puisi, kamu harus menentukan tema puisi yang akan kamu buat, dan untuk siapa puisi tersebut. Setelah itu, kamu baru memikirkan isi dan rima. Dengan demikian puisi tersebut akan lebih baik dan terarah.

Bab 10 : Kesenian

  1. Berita adalah sajian informasi yang harus kita ikuti perkembangannya. Saat mendengar berita, kamu harus memerhatikan tanda intonasi agar tidak terjadi salah terima informasi saat kita mengemukakannya kembali.
  2. Sama halnya dengan mendengarkan berita, membacakan teks berita memerlukan tanda intonasi dan jeda yang tepat agar si penerima berita mudah memahaminya.
  3. Banyak hal yang menarik dari dua novel yang berbeda. Meskipun tema yang diemban terkadang sama tetapi sudut pandang penyajiannya berbeda.
  4. Menulis puisi bebas harus memerhatikan rambu-rambu penulisan, seperti rima. Rima dalam sebuah puisi memegang peranan penting dari estetika pendukung isi.

Semoga dengan disusunnya rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP seperti diatas dapat mempermudah belajar kita.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi