Rangkuman Materi Pelajaran Geografi Kelas 11 SMA

Wednesday, September 28th, 2016 - Geografi, Kelas 11 SMA

Rangkuman materi pelajaran Geografi kelas 11 SMA berikut disusun berdasarkan buku pedoman belajar Geografi kelas 11 SMA yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran Geografi kelas 11 SMA secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran Geografi Kelas 11 SMA

Rangkuman Materi Pelajaran Geografi Kelas 11 SMA

BAB 1 PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI PERMUKAAN BUMI

  1. Biosfer adalah lapisan permukaan bumi tempat makhluk hidup tinggal.
  2. Persebaran flora fauna di permukaan bumi dipengaruhi oleh faktor-faktor kondisi geologi, kondisi iklim, topografi, dan makhluk hidup lain.
  3. Persebaran flora fauna di Indonesia terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Indonesia bagian barat, tengah, dan timur, yang dibatasi oleh Garis Wallace dan Webber.
  4. Kerusakan flora fauna di antaranya disebabkan oleh ilegal logging, kebakaran hutan, banjir dan erosi, dan eksploitasi sumber daya laut yang berlebihan.
  5. Konservasi keragaman flora fauna di Indonesia dengan menentukan wilayah konservasi seperti taman nasional, cagar alam, suaka margasatwa, taman kebun raya, dan taman wisata alam.

BAB 2 DINAMIKA ANTROPOSFER

  1. Antroposfer adalah lapisan yang berkaitan dengan segala perkembangan dan aktivitas manusia di permukaan bumi.
  2. Menghitung jumlah penduduk dengan dilakukan sensus, registrasi, dan survei.
  3. Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan kriteria-kriteria tertentu sesuai dengan tujuan pengelompokan.
  4. Pertumbuhan penduduk dapat dihitung dengan mengetahui pertumbuhan penduduk alami dan total di mana komponen-komponennya adalah angka kelahiran, kematian, dan migrasi.
  5. Untuk mengetahui persebaran penduduk, maka harus mengetahui terlebih dahulu kepadatan penduduk yang dipengaruhi oleh faktor psikologis, biologi, kebudayaan, dan teknologi.
  6. Permasalahan penduduk di Indonesia antara lain rendahnya kualitas kesehatan, rendahnya kualitas pendidikan, dan rendahnya pendapatan.

BAB 3 PERSEBARAN DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM

  1. Sumber daya alam adalah semua unsur lingkungan biofisik yang potensial untuk pemenuhan kebutuhan manusia.
  2. Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi sumber daya alam dapat diperbaharui dan sumber daya alam tidak dapat diperbaharui.
  3. Sumber daya alam dapat diperbaharuhi antara lain flora dan fauna, air, tanah, dan udara, sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah mineral logam, mineral nonlogam, minyak bumi, gas bumi, dan batu bara.
  4. Kerusakan sumber daya alam ditunjukkan dengan adanya degradasi sumber daya alam dan berbagai pencemaran sehingga perlu dikembangkan prinsip eko-efisiensi sebagai wujud dari pengelolaan sumber daya alam berdasar prinsip pembangunan berwawasan lingkungan berkelanjutan.

BAB 4 LINGKUNGAN HIDUP

  1. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
  2. Kualitas lingkungan adalah kondisi lingkungan hubungannya dengan kualitas derajat pemenuhan kebutuhan dasar dalam kondisi lingkungan tersebut.
  3. Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup seperti penerapan konservasi tanah yang benar, pengelola sungai menjadi satu manajemen, penanaman mangrove, dan menerapkan teknikteknik daur ulang sampah merupakan usaha pencegahan kerusakan lingkungan hidup.
  4. AMDAL merupakan perangkap hukum yang telah diterapkan oleh pemerintah untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup akibat kegiatan-kegiatan manusia.

Kami harap dengan disusunnya rangkuman materi pelajaran Geografi kelas 11 SMA seperti diatas dapat memudahkan kita mempelajari materi Geografi di kelas 11 SMA.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi