Rangkuman Materi Pelajaran IPA Kelas 3 SD

Monday, October 3rd, 2016 - IPA, Kelas 3 SD

Rangkuman materi pelajaran IPA kelas 3 SD pada halaman ini disusun berdasarkan buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk kelas 3 SD/MI yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran IPA kelas 3 SD secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran IPA Kelas 3 SD,rangkuman ipa kelas 3,rangkuman ipa kelas 3 sd,rangkuman ipa kelas 3 sd bab 1,rangkuman ipa kelas 3 sd semester 1,rangkuman ipa kelas 3 semester 1,rangkuman ipa kelas 3 semester 2,rangkuman ipa kls 3 sd semester 1,rangkuman ipa kls 3 semester 2,ringkasan ipa kelas 3,ringkasan ipa kelas 3 sd,ringkasan ipa kelas 3 sd semester 1,ringkasan ipa kelas 3 sd semester 2,ringkasan materi ipa kelas 3,ringkasan materi ipa kelas 3 sd,ringkasan materi ipa kelas 3 sd semester 1,ringkasan materi ipa kelas 3 sd semester 2,ringkasan materi ipa kelas 3 semester 1,ringkasan materi ipa kelas 3 semester 2,ringkasan materi ipa kelas 3 semester genap,ringkasan materi ipa kls 3 sd,ringkasan pelajaran ipa kelas 3,ringkasan pelajaran ipa kelas 3 sd,ringkasan pelajaran ipa kelas 3 sd semester 2

Rangkuman Materi Pelajaran IPA Kelas 3 SD

BAB 1 CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP

  1. Makhluk hidup memiliki beberapa ciri hidup yang dapat membedakannya dengan benda tak hidup.
  2. Keanekaragaman makhluk hidup digolongkan berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dapat diamati.
  3. Hewan dapat digolongkan berdasarkan persamaan penutup tubuh, jenis makanan, cara gerak, dan jumlah kakinya.
  4. Tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan persamaan bentuk daun, bentuk batang, dan warna bunga.
  5. Tujuan penggolongan atau pengelompokan makhluk hidup adalah agar jenis makhluk hidup yang beraneka ragam tersebut dapat lebih mudah dikenal dan dipelajari.

BAB 2 PERUBAHAN PADA MAKHLUK HIDUP

  1. Pertumbuhan dialami oleh semua makhluk hidup.
  2. Pertumbuhan ditandai oleh pertambahan tinggi, besar, dan berat tubuh.
  3. Pertumbuhan tubuh manusia dapat terganggu oleh berbagai macam penyakit akibat kekurangan gizi.
  4. Makan makanan bergizi seimbang dengan teratur dapat menjadikan tubuh tumbuh sehat.
  5. Penggunaan bahan makanan buatan (kimia) dalam jumlah berlebihan dapat mengganggu kesehatan.
  6. Olahraga, istirahat, dan rekreasi sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.
  7. Hewan yang kita pelihara perlu memperoleh tindakan pemeliharaan yang baik.
  8. Tanaman memerlukan pemeliharaan yang baik agar dapat tumbuh subur.

BAB 3 LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT

  1. Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.
  2. Lingkungan sehat adalah lingkungan yang belum tercemar, sedangkan lingkungan tidak sehat adalah lingkungan yang sudah tercemar.
  3. Menjaga kesehatan lingkungan dapat kita lakukan dengan cara membuang sampah pada tempat pembuangan sampah, membersihkan saluran air, menanam tumbuhan, dan sebagainya.
  4. Untuk hidup sehat, manusia tidak hanya bergantung pada mutu dan jumlah makanan saja, tetapi bergantung juga pada kesehatan lingkungannya.
  5. Lingkungan yang telah tercemar sangat merugikan kesehatan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya serta merugikan kesehatan lingkungan itu sendiri.
  6. Setiap individu harus turut serta menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitarnya masing-masing.

BAB 4 SIFAT-SIFAT BENDA

  1. Sifat benda dapat diketahui dengan cara melihat, memegang, atau meraba benda tersebut.
  2. Benda padat adalah benda yang bentuk dan ukurannya selalu tetap meskipun bentuk wadahnya berubah.
  3. Benda cair adalah benda yang bentuknya berubah sesuai dengan bentuk wadahnya, namun volumenya selalu tetap.
  4. Air yang layak dikonsumsi adalah air yang tidak berasa, tidak berbau (jernih), tidak berwarna, dan tidak mengandung bibit penyakit. Sebelum dikonsumsi, air tersebut harus direbus lebih dulu.
  5. Berdasarkan asalnya, minyak dapat dibagi menjadi tiga, yaitu minyak bumi, minyak nabati, dan minyak hewani.
  6. Sirup termasuk benda cair yang umumnya lebih kental daripada air, mempunyai warna, dan mempunyai rasa.
  7. Batu banyak jenisnya. Setiap jenis batu mempunyai bentuk, warna, kekerasan, dan penampakan yang berbeda-beda.
  8. Kayu bersifat kuat, tahan lama, mudah terbakar, dan keras.
  9. Besi bersifat kuat, tahan lama, keras, relatif berat, tidak mudah terbakar, dan meleleh pada suhu tinggi.
  10. Tanah liat bersifat lunak, mudah dibentuk, berwarna cokelat kemerahan, lengket, cenderung basah, dan mengering jika dibakar.
  11. Plastisin atau lilin mainan mempunyai sifat lunak, mudah dibentuk, dan memiliki bermacam-macam warna.

BAB 5 PERUBAHAN SIFAT BENDA

  1. Benda-benda di sekitar kita dapat mengalami perubahan.
  2. Adanya perubahan pada suatu benda menunjukkan ada sesuatu yang mengenai atau terjadi pada benda tersebut.
  3. Perubahan pada benda ada dua macam, yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia.
  4. Benda dapat mengalami perubahan karena terkena pengaruh hujan, pengaruh udara luar, pemasakan, atau karena panas matahari.
  5. Contoh cara-cara memasak, antara lain, menggoreng, merebus, membakar, dan mengukus.
  6. Proses pemasakan dapat menyebabkan perubahan kekerasan, ukuran, warna, dan rasa.

BAB 6 BENDA DAN KEGUNAANNYA

  1. Benda digunakan berdasarkan sifat dan bahan pembentuknya.
  2. Kaca bersifat tembus pandang, tahan lama, tahan api, tidak tembus air, namun tidak tahan benturan sehingga mudah pecah.
  3. Kaca digunakan untuk membuat benda, seperti gelas, piring, kacamata, cermin, dan alat-alat laboratorium.
  4. Kayu bersifat kuat dan tahan lama, tetapi mudah terbakar dan mudah dipengaruhi kondisi cuaca.
  5. Kayu digunakan untuk membuat bahan bangunan dan peralatan rumah tangga, seperti meja, kursi, lemari, jendela, dan pintu.
  6. Kertas bersifat ringan, kurang kuat, mudah terbakar, tidak tahan air, mudah hancur, tetapi dapat didaur ulang.
  7. Benda yang terbuat dari kertas, antara lain, buku, majalah, koran, uang, dan pembungkus makanan.
  8. Plastik bersifat ringan, tidak tembus air, tembus pandang, tahan lama, tetapi mudah terbakar dan tidak tahan panas.
  9. Benda yang terbuat dari plastik, antara lain, peralatan rumah tangga, kantong plastik, dan mainan.
  10. Benda harus digunakan sesuai dengan tujuan pembuatannya.

BAB 7 GERAK BENDA

  1. Bergerak merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Benda tak hidup juga dapat bergerak apabila diberi gaya.
  2. Benda bergerak dengan bermacam-macam cara.
  3. Benda yang jatuh, kedudukannya berubah dari atas ke bawah.
  4. Gerak mengalir terjadi dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah dan biasanya terjadi pada benda cair.
  5. Benda yang memantul akan bergerak kembali ke tempat semula apabila membentur atau mengenai suatu bidang.
  6. Benda yang berbentuk bulat bergerak dengan cara menggelinding.
  7. Benda umumnya berputar pada as atau porosnya.
  8. Perputaran benda yang sangat cepat dapat menimbulkan energi yang sangat besar.
  9. Jika benda dimasukkan ke dalam air, maka benda tersebut dapat terapung, melayang, atau tenggelam.
  10. Gerak benda dipengaruhi oleh permukaan, ukuran, dan bentuk benda.

BAB 8 ENERGI DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

  1. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kegiatan.
  2. Tubuh memeroleh energi dari makanan yang kita makan.
  3. Tanpa energi, tubuh kita akan terasa lelah dan lemas.
  4. Energi yang digunakan manusia bermacam-macam bentuknya.
  5. Energi panas adalah energi yang dihasilkan dari panas suatu benda.
  6. Energi cahaya adalah energi yang dipancarkan oleh sumber cahaya.
  7. Energi gerak atau energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak.
  8. Energi listrik adalah energi yang timbul karena adanya arus listrik.
  9. Energi bunyi adalah energi yang ditimbulkan oleh benda yang bergetar.
  10. Energi kimia adalah energi yang dikeluarkan dari hasil reaksi kimia.
  11. Keberadaan energi tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan.
  12. Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

BAB 9 SUMBER ENERGI, KEGUNAAN, DAN CARA MENGHEMAT

  1. Pada alam terdapat berbagai macam sumber energi, antara lain, makanan, minyak bumi, gas alam, baterai, listrik, matahari, air, dan angin.
  2. Makanan manusia berasal dari hewan dan tumbuhan.
  3. Sumber energi utama dan terbesar di bumi adalah matahari.
  4. Sumber energi yang paling banyak digunakan manusia adalah minyak bumi dan listrik.
  5. Energi listrik dapat diubah menjadi bentuk-bentuk energi lain secara cepat dan mudah.
  6. Air terjun dan angin juga merupakan sumber energi.
  7. Tujuan penggunaan sumber energi adalah untuk menghasilkan cahaya, pemanas atau pendingin, dan menggerakkan suatu benda.
  8. Sumber energi sangat penting untuk dikelola dan dihemat penggunaannya.
  9. Sumber energi ada yang dapat diperbarui, ada pula yang tidak dapat diperbarui.

BAB 10 PENERAPAN KONSEP ENERGI GERAK

  1. Kincir air: suatu alat yang terdiri dari roda serta perlengkapanperlengkapan lain yang digerakkan oleh aliran air.
  2. Kincir angin: suatu alat yang terdiri atas baling-baling dan perlengkapanperlengkapan lain yang digerakkan oleh aliran udara.

BAB 11 KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI

  1. Permukaan bumi yang tidak rata terdiri atas daratan dan lautan.
  2. Daratan terdiri atas pegunungan, lereng, gunung, bukit, perbukitan, lembah, danau, sungai, dan tepi pantai.
  3. Laut adalah kumpulan air asin yang memisahkan daratan yang satu dengan daratan yang lain.
  4. Tinggi rendahnya permukaan bumi disebut relief bumi.
  5. Berdasarkan ketinggiannya, pegunungan dikelompokkan menjadi pegunungan rendah, pegunungan menengah, dan pegunungan tinggi.
  6. Berdasarkan asal airnya, sungai dikelompokkan menjadi sungai hujan, sungai gletser, dan sungai campuran.
  7. Globe dapat dimanfaatkan untuk melihat bentuk permukaan bumi secara utuh dan memeragakan peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di bumi.
  8. Bumi berputar pada porosnya. Bumi juga berputar mengelilingi matahari.
  9. Bumi berbentuk bulat seperti bola, tetapi agak pepat pada kedua kutubnya, dan menggembung pada bagian khatulistiwa.

BAB 12 CUACA DAN PENGARUHNYA BAGI MANUSIA

  1. Cuaca adalah keadaan udara di suatu tempat pada waktu tertentu.
  2. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut meteorologi.
  3. Iklim merupakan suhu rata-rata udara dalam waktu lama pada daerah yang sangat luas.
  4. Ilmu yang mempelajari iklim disebut klimatologi.
  5. Kondisi cuaca dipengaruhi oleh:
    a. suhu udara,
    b. tekanan udara,
    c. kelembaban udara,
    d. letak suatu daerah,
    e. curah hujan, dan
    f. angin.
  6. Macam-macam kondisi cuaca, antara lain, cerah, berawan, dingin, berangin, dan hujan.
  7. Perbedaan kondisi cuaca menyebabkan perbedaan tata cara dan kegiatan manusia.

BAB 13 CARA MANUSIA DALAM MEMELIHARA DAN MELESTARIKAN ALAM

  1. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam dan dapat digunakan oleh manusia untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.
  2. Berdasarkan kelestariannya, sumber daya alam dapat digolongkan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
  3. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui, antara lain, tumbuhan, hewan, dan air.
  4. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, antara lain, minyak bumi, batu bara, gas alam, logam, dan barangbarang tambang yang lain.
  5. Kegiatan manusia banyak yang bermanfaat tetapi ada pula yang menimbulkan kerusakan lingkungan dan sumber daya alam.
  6. Kerusakan sumber daya alam dapat disebabkan oleh faktor alam dan faktor manusia.
  7. Bencana alam yang dapat menyebabkan kerusakan sumber daya alam, antara lain gempa bumi, gunung api meletus, dan banjir.
  8. Contoh-contoh perbuatan manusia yang dapat menimbulkan kerusakan sumber daya alam, antara lain menebang hutan secara liar, membuang sampah di sungai, berburu hewan di hutan, perladangan berpindah, menangkap ikan dengan bahan peledak, menggunakan pupuk secara berlebihan, dan menggunakan pestisida secara berlebihan.
  9. Contoh perbuatan manusia yang peduli lingkungan, antara lain mengadakan reboisasi, membuat sengkedan atau terasering, mengolah dan memupuk tanah, menebang pohon secara berencana, membuat hutan lindung, membentuk cagar alam dan suaka margasatwa, serta membatasi penambangan mineral bumi dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah.
  10. Salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam rangka menggunakan dan mengelola sumber daya alam secara bijaksana adalah memperbaiki perilaku manusia.

Kami harap dengan disusunnya rangkuman materi pelajaran IPA kelas 3 SD seperti diatas akan memudahkan kita dalam mempelajari materi IPA di kelas 3 SD.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi