Rangkuman Materi Pelajaran PJOK Kelas 8 SMP

Thursday, August 25th, 2016 - Kelas 8 SMP, Penjaskes

Rangkuman materi pelajaran PJOK kelas 8 SMP pada halaman ini disusun berdasarkan buku paket mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk kelas 8 SMP yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran PJOK kelas 8 SMP secara lengkap.Rangkuman Materi Pelajaran PJOK Kelas 8 SMP

Rangkuman Materi Pelajaran PJOK Kelas 8 SMP

BAB 1 Permainan dan Olahraga Bola Besar

Teknik sepak bola adalah segala gerakan yang dilakukan dalam bermain bola, baik dengan bola maupun tanpa bola. Teknik sepak bola dengan bola, meliputi dribel, pass, control, heading, throw in, keeping, dan shooting. Throw in (lemparan ke dalam) adalah gerakan lemparan yang dilakukan dari samping lapangan karena bola meninggalkan melalui garis samping lapangan.

Ada tiga prinsip dalam melakukan lemparan ke dalam, yaitu bola dilempar oleh kedua tangan dari atas kepala; pada saat melempar kedua kaki harus melekat tanah dan tidak boleh melakukan gerakan tipu.

Teknik menahan bola dapat dilakukan dengan dasar kaki, kura-kura kaki, kaki bagian dalam, paha, dada, dan kepala. Bentuk-bentuk latihan teknik terpadu, meliputi menggiring (dribel), menahan bola (control), dan mengoper (pass); menggiring dilanjutkan menembak (shooting) ke gawang. Off side terjadi apabila seorang pemain pada saat menerima operan berada di daerah lawan dan tinggal berhadapan dengan satu pemain lawan.

Servis dalam bola voli ada dua macam, yaitu servis bawah dan atas. Servis atas terdiri atas tennis service dan float service. Servis adalah pukulan permulaan yang dilakukan dari belakang garis untuk melewati net dan jatuh pada lapangan lawan.

Mengumpan adalah penyajian atau mengoper bola kepada teman agar dapat melakukan smes untuk memperoleh point. Smes (spike) adalah pukulan yang dilakukan dengan keras dan arahnya menukik untuk mematikan lawan. Ada tiga macam smes/spike yang lazim digunakan, yaitu normal smash, semi smash, dan push smash. Rally point terjadi apabila pemain melakukan kesalahan atau mati, regu lain akan mendapat tambahan point.

Dalam permainan bola basket terdapat beberapa teknik dasar, di antaranya layup shoot, passing, dan shooting. Untuk memulai permainan bola basket didahului dengan lempar bola ke atas yang dilakukan oleh wasit yang disebut jump ball.  Jump ball dilakukan apabila pertandingan dimulai dan terjadinya held ball. Lay-up shoot untuk mencetak nilai dengan jarak dekat dapat dilakukan dari tiga arah, yaitu kanan, kiri, dan depan ring basket.

BAB 2 Permainan dan Olahraga Bola Kecil

Bulu tangkis merupakan permainan yang dilakukan oleh kedua pihak yang dibatasi dengan net, baik tunggal maupun ganda di atas lapangan. Pegangan raket dalam bulu tangkis meliputi cara memegang kampak, gebuk kasur, campuran, dan backhand. Pukulan smash dalam bulu tangkis, meliputi smash penuh, smash silang, smash mengintai kepala, dan smash backhand. Pukulan drop shot ada dua, yaitu drop shot bawah dan atas. Macam-macam pukulan dalam bulu tangkis, yaitu service, drop shot,  smash, forehand, backhand, dan drive.

Jenis pukulan tenis meja, antara lain side spin, forehand, block, dan forehand block. Langkah kaki (foot work) dalam tenis meja dibedakan menjadi dua, yaitu foot work menyerang dan foot work bertahan.

Softball adalah olahraga yang dimainkan oleh dua regu, setiap regu terdiri atas 9 orang, dan dimainkan di atas lapangan datar dengan ukuran tertentu. Cara bermain softball meliputi cara memukul, cara mematikan, pukulan benar, pukulan salah, pukulan meleset, dan mati bola. Teknik softball meliputi memukul, melempar, menangkap kecepatan, dan ketepatan.

BAB 3 Atletik

Lari jarak menengah adalah jenis lomba lari berjarak 800 m–1.500 m. Start yang digunakan adalah start berdiri. Sikap lari jarak menengah adalah badan condong ke depan, ayunan tangan santai, frekuensi langkah tetap, dan pendaratan kaki ke tanah diawali sisi bagian luar. Teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pelari, meliputi start, sikap lari, dan melewati garis finis.

Lembing adalah benda yang berbentuk tombak terbuat dari kayu, bambu, atau aluminium yang digunakan untuk lomba nomor lempar lembing. Teknik dasar lembing, meliputi cara memegang lembing, awalan/langkah, cara melempar, dan gerak ikutan. Lempar lembing gaya langkah jingkat adalah lempar lembing yang sebelum melakukan lemparan didahului dengan gerakan langkah jingkat. Cara memegang lembing dibedakan menjadi tiga cara, yaitu cara Amerika, cara Finlandia, dan cara tang. Lemparan dalam lempar lembing dinyatakan sah apabila:

  1. dilempar dari lintasan/lapangan yang disediakan;
  2. lembing jatuh menancap pada mata lembing di dalam sektor lemparan.

Lompat jauh adalah nomor atletik yang dilakukan dengan gerakan melompat di lapangan lompat jauh dan mendarat di bak pasir yang diawali dengan lari cepat. Teknik dasar lompat jauh meliputi: awalan, tolakan, melayang, dan mendarat.

Lempar cakram awalan menyamping adalah lempar cakram yang awalannya berdiri menyamping ke arah sektor lemparan. Ada empat teknik yang harus dikuasai oleh atlet lempar cakram, yaitu cara memegang cakram, awalan, ayunan tangan, pada saat melempar, dan gerak ikutan.

BAB 4 Pencak Silat

Teknik pencak silat meliputi penyerangan dan pembelaan. Pembelaan dalam pencak silat terdiri atas tangkisan, hindaran, dan elakan.

Sedangkan penyerangan terdiri atas penyerangan tangan dan kaki. Adapun arah lintasan serangan tangan meliputi dari arah depan, bawah, samping, dan  atas. Arah serangan kaki meliputi depan, samping, belakang, dan membusur.

BAB 5 Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani merupakan kondisi pokok untuk melakukan aktivitas jasmani yang erat hubungannya dengan kemampuan kerja seseorang secara optimal. Latihan kebugaran jasmani dapat dilakukan dengan cara bergerak, mengangkat, dan peregangan.

Unsur-unsur kebugaran jasmani antara lain meliputi: latihan kekuatan, daya tahan, kecepatan, kelicahan, kelentukan serta kombinasi latihan dasar.

BAB 6 Aktivitas Senam

Menurut Federation Internationale de Gymnastique(FIG) senam dapat digolongkan menjadi 3 yang meliputi senam artistik, senam irama, dan senam umum.

Senam lantai adalah senam yang dilakukan di atas matras dengan unsur-unsur gerakannya terdiri atas mengguling, melompat, berputar di udara, serta menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada waktu meloncat ke depan atau belakang.

Perlombaan senam lantai dilakukan di atas matras yang terbuat dari babut dengan ukuran 12 × 12 meter yang ditentukan dengan waktu untuk putri 70 – 90 detik dan putra 50 – 70 detik.

BAB 7 Senam Irama

Senam irama merupakan gerak senam yang berdasarkan pada irama yang mengiringinya, kelentukan tubuh, dan kontinuitas gerakan. Gerakan senam irama dibedakan menjadi dua, yaitu senam irama tanpa alat dan senam irama dengan alat.Alat yang digunakan pada senam irama, meliputi gada (clubs) dan simpai.

Jenis-jenis teknik memegang simpai, antara lain pegangan biasa (overgrip) pegangan berlawanan (undergrip), pegangan dalam, pegangan luar, dan pegangan campuran. Rangkaian senam irama terdiri atas unsur gerakan sikap awal, langkah, dan ayunan. Macam-macam gerakan berirama menggunakan simpai, antara lain gerak mengayun dan gerak memutar.

BAB 8 Aktivitas Renang

Gaya renang yang dilombakan terdiri atas gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Secara prinsip, gerakan renang terbagi atas tiga, yaitu gerakan kaki, gerakan lengan, dan cara bernapas. Dalam lomba resmi renang, kelentukan gaya harus dilakukan sesuai nomor lomba.

BAB 9 Pendidikan Luar Kelas

Penjelajahan merupakan perjalanan yang dilakukan di alam bebas secara kelompok dengan sifat pengembaraan yang dapat menyehatkan badan serta meningkatkan kesadaran akan keagungan Tuhan Yang Maha Esa. Dalam pelaksanaan penjelajahan harus diperhatikan perencanaan, persiapan logistik, peralatan, perlengkapan, koordinasi tim, dan tata tertib.

BAB 10 Budaya Hidup Sehat

Senggama atau hubungan seks, yaitu kegiatan terpuji yang hanya boleh dilakukan sepasang suami istri yang sah dan saling mencintai. Bahaya dari seks bebas adalah: menularnya berbagai macam penyakit yang menjijikkan yang menimbulkan kematian; merusak badan, mental, dan sosial; merusak keturunan;  menurunkan martabat pribadi, keluarga, dan lingkungan.

Tindakan remaja agar tidak terjerumus seks bebas dengan: pengendalian diri yang teguh dan berbudi luhur;  mengamalkan akidah agama; mematuhi norma kesusilaan dan kesopanan. Beberapa hal yang dilakukan untuk menolak seks bebas, antara lain: menyadari bahwa seks bebas merupakan sumber berbagai penyakit yang menjijikkan dan menimbulkan kematian; memberantas tempat praktik pelacuran; mengadakan kegiatan positif di masyarakat.

Penyakit menular yang terdapat di daerah tropis akibat kurang bersihnya lingkungan, meliputi tifus, kolera, malaria, demam berdarah, tuberculosis, pes, disentri, dan flu burung. Penularan penyakit di daerah tropis dapat ditularkan dengan perantara udara, nyamuk, lalat, kutu, dan jenis serangga atau binatang lainnya.

Kami harap dengan disusunnya rangkuman materi pelajaran PJOK kelas 8 SMP seperti diatas dapat membantu kita mempelajari materi PJOK kelas 8 SMP.

Pustaka Materi adalah website dengan informasi pendidikan untuk siswa dan guru dalam bentuk materi pelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat didownload gratis, soal latihan, soal ujian dan peraturan tentang pendidikan.

Anda dapat menghubungi atau berpartisipasi dengan kami
Pustaka Materi